apa itu icloud dan fungsinya

Apa itu iCloud? Kenapa Perannya Sangat Penting Untuk iPhone/iPad?

Untuk yang sudah lama menggunakan produk atau perangkat dari Apple seperti iPad, iPhone ataupun Mac pasti sangat familiar dengan iCloud. Tapi berbeda dengan para pengguna baru yang mungkin sebelumnya menggunakan smartphone Android, pasti bertanya-tanya apa itu iCloud, Apple ID dan juga iTunes?  yang semuanya memang tidak ada di Android.

Jadi apa itu iCloud yang ada di iPhone? Sebuah layanan gratis yang diberikan oleh Apple untuk semua pengguna perangkatnya, seperti iPhone, iPad ataupun Mac yang bisa menyimpan foto, video, dokumen, kontak, musik, App dan file-file lainnya secara online.

Contohnya seperti yang sudah dijelaskan pada artikel cara memindahkan foto ke iCloud dari iPhone gallery, disitu anda bisa mengakses foto dan video tanpa harus meyimpannya didalam ruang penyimpanan / memori iPhone. Hanya dengan memanfaatkan koneksi internet, anda sudah bisa memaksimalkan kinerja iPhone itu sendiri (space kosong memori penyimpanan lebih besar karena tidak ada foto atau video yang tersimpan).

Selain itu, ada manfaat yang lebih dari sekedar itu, yaitu file-file yang anda simpan di iCloud, bisa menjadi file backup yang sewaktu-waktu bisa anda restore ke iPhone/ipad baru. Anda juga bisa berbagi foto, kalender, lokasi dan lainnua kepada keluarga ataupun sahabat. Yang lebih bagus adalah Anda bisa menggunakan iCloud untuk membantu mencari/menemukan perangkat jika Anda kehilangan perangkat tersebut. Cara mengkaktifkan iCloudpun cukup mudah, anda hanya perlu login dengan Apple ID anda saja atau bisa juga membuat akun baru jika belum punya.

👉 TRENDING:  Apple Tawarkan Ganti Casing Baterai iPhone GRATIS!

Baca juga : Cara Membuat Akun iCloud di iPhone

Apa saja Fitur Keunggulan dari iCloud?

fungsi dan fitur unggulan icloud

(1) Foto iCloud

Foto iCloud ini bisa menyimpan semua foto dan video dari iPhone dengan aman, dan semuanya datanya bisa anda akses melalui Mac, perangakt iOS, iPadOS, Apple TV ataupun dari iCloud.com. Jadi anda bisa dengan mudah berbagi foto dan video kepada keluarga anda.

Dengan fitur Foto iCloud ini juga anda bisa mengundang orang lain (teman ataupun keluarga) untuk bisa menambahkan foto, video dan juga komentar di album bersama anda.

(2) iCloud Drive

Layanan versi dekstop (untuk Mac ataupun Laptop/komputer Windows) ini sama seperti Dropbox ataupun Google Drive yang mana anda bisa menyimpan berbagai macam file didalamnya yang tentunya tetap terintegerasi ke iPhone, iPad atau Mac.

👉 TRENDING:  Tips Foto Makanan dan Produk Jualan Pakai Kamera HP

Jadi iCloud Drive adalah layanan gratis dan berbayar (jika ingin memiliki kapasitas lebih besar) yang bisa menyimpan berbagaimacam file dan dokumen di internet yang fungsinya agar anda bisa mengakses dari perangkat apapun yang terhubung ke internet. iCloud Drive ini juga bisa mengundang orang lain untuk mengakses file atau dokumen anda.

(3) iCloud Family Share

Berbagi musik, buku, app, langganan, dan lainnya dengan keluarga Anda

Dengan fitur ini anda bisa lebih mudah untuk berbagi musik, buku, app, hingga langganan. Anda juga bisa berbagi dengan 5 anggota keluarga anda untuk pembelian iTunes Store, App Store, Apple Books dan juga paket keluarga Apple Music.
Kemudian bisa juga berbagi penyimpanan iCloud, langganan berita/podcast, Apple Arkade dan layanan berlangganan lainnya. Bahkan keluarga anda juga bisa membantu menemukan perangkat satu sama lain yang hilang.

(4) Menemukan iPhone/iPad/Mac yang hilang

Gunakan app LAcak untuk menemukan Mac di peta, memutar suara, mengunci layarnya, atau menghapus datanya.

(5) App favorit Anda menjadi lebih baik dengan iCloud

👉 TRENDING:  3 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Cepat Panas

Terus perbarui pengaturan mail, kalender, catatan, kontak, pengingat, pesan, news, saham, serta pengaturan aksesori Anda dan HomeKit, menggunakan app di Mac, perangkat iOS serta iPadOS, dan iCloud.com.

(5) Daftar bacaan iCloud di Safari

Lihat halaman web yang telah terbuka di Mac dan perangkat iOS (Tab iCloud). Baca artikel dari Daftar Bacaan, bahkan ketika Anda sedang offline. Ditambah lagi, gunakan penanda yang sama di Mac, perangkat iOS, perangkat iPadOS, dan komputer Windows.

(6) Rantai Kunci iCloud

Jaga agar kata sandi, informasi kartu kredit, dan data Anda lainnya tetap terbaru, dan buat agar data dimasukkan secara otomatis di Mac, perangkat iOS dan iPadOS Anda.

(7) Penyimpanan iCloud

Semua orang mendapatkan penyimpanan iCloud gratis sebesar 5GB untuk memulai dan sangatlah mudah untuk meningkatkan kapan pun. App dan pembelian iTunes Store Anda tidak dihitung dalam ruang penyimpanan iCloud, sehingga Anda memerlukannya hanya untuk hal seperti foto, video, file, dan cadangan perangkat.

Seperti itulah fungsi dan pengertian apa itu iCloud yang dikutip dari support.apple.com

Catatan: iCloud memerlukan koneksi internet

Kata Kunci
apa itu icloud iphone -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *