cara uninstal aplikasi di iphone

3 Cara Uninstall Aplikasi di iPhone Atau iPad

Terlalu banyak aplikasi yang diinstal mungkin bisa saja membuat lambat kinerja iPhone, kenapa? karena bisa saja memenuhi ruang memori penyimpanannya. Oleh karena itu, Anda harus tau bagaimana cara uninstall aplikasi di iphone ataupun iPad dengan cepat.

Mungkin tips iPhone kali ini kurang begitu bermanfaat bagi anda yang sudah lama menggunakan iPhone, karena pasti sudah mengetahui bagaimana cara mudah untuk uninstall aplikasi di iphone. Tapi mungkin bisa dijadikan tambahan wawasan saja bagi pengguna baru perangkat iPhone lama atapun di tipe terbaru seperti iPhone 6, 7, 8, X, XS, XR, iPhone 11 ataupun 11 Pro dan para pengguna iPad.

3 Cara Mudah Uninstal Aplikasi di iPhone dan iPad

Uninstal ataupun hapus aplikasi sebenarnya sama saja artinya yaitu membuang aplikasi yang terinstal diperangkat smartphonenya. Nah untuk anda yang memiliki perangkat smartphone dari Apple, ada 3 cara untuk uninstal aplikasi di iPhone, yaitu sebagai berikut :

Hapus Langsung dari Layar / Home Screen

uninstal aplikasi di iphone homescreen

Cara yang pertama ini yang paling sering orang-orang gunakan untuk unisntal atau menghapus aplikasi baik di smartphone android ataupun perangkat iOS.

Pada perangakt iPhone, cukup dengan menyentuh atau tekan dan tahan beberapa detik dilayar maka semua aplikasi yang ada di layar akan muncul tanda silang (X) di pojok kiri atas aplikasi. Kemudian cukup dengan menekan tanda silang (X) pada aplikasi tersebut, otomatis akan teruninstal atau dihapus dari perangkat iPhone anda.

Hapus Dari Manage Storange

delete app from manage storage settingCara yang kedua yang bisa anda lakukan untuk uninstal aplikasi adalah melalui menu Setting/Pengaturan. Dari menu Setting App ini, anda bisa mengetahui aplikasi mana saja yang menggunakan banyak ruang memori iPhonenya dan dari situ bisa anda simpulkan untuk menghapus aplikasi dengan penggunaan memori besar.

Langkah-langkahnya dari cara kedua ini adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama masuk ke menu Setting > General > Usage > Manage Storage
  2. Kemudian pilih aplikasi mana saja yang ingin anda hapus
  3. Setelah aplikasi yang akan dihapus sudah dipilih, akan muncul opsi untuk menghapus aplikasi tersebut seperti pada gambar di atas.

Uninstal dari iTunes

Cara ketiga yang bisa anda lakukan untuk menghapus atau uninstal aplikasi di iPhone adalah menggunakan Program iTunes yang terinstal di laptop/komputer. Dengan cara ini bisa dibilang lebih rumit karena harus menghubungkan perangkat iPhone dengan laptop/komputer dengan kabel data USB. Seperti layaknya anda ingin melakukan proses backup data/ syncronisasi ataupun melakukan reset iPhone.

Tapi dengan cara ini anda bisa mengatur semua aplikasi yang ada (iPhone atau iPad) secara bersamaan seperti memindahkan posisi aplikasi dan mengelompokkannya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Hubungkan iPhone / iPad anda dengan Laptop/komputer kemudian buka program iTunes (download itunes terbaru)
  2. Setelah terhubung dan terdeteksi, pilih perangkat anda yang akan disyncronkan dengan iTunes.
  3. Lalu Pilih tab berjudul Apps di sidebar
  4. Buka halaman app pada iPhone dan iPad kamu yang terlihat di iTunes
  5. Arahkan kursor ke aplikasi hingga tanda X muncul
  6. Klik tanda X itu lalu pilih apply

Itulah 3 cara uninstal aplikasi di perangkat iPhone ataupun iPad yang bisa anda lakukan ketika ingin mengurangi penggunaan ruang memori ataupun memang ingin menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai.