Cara Merawat Cartridge Canon IP2770

Cara Merawat Cartridge Canon IP2770 Agar Tidak Mudah Rusak

Printer yang merupakan bagian dari pelengkap komputer harus juga mendapatkan perawatan ataupun maintenance dan canon ip2770 adalah salah satu printer yang paling banyak digunakan karena harganya yang murah dan memiliki kualitas bagus. Nah agar printernya bisa dipakai lebih lama berikut ini ada tips cara merawat cartridge canon ip2770.

Jika dipelajari dari sisi spesifikasinya, printer ini termasuk jenis printer Ink Jet dengan tinta yang cair. Sesuai dengan jenisnya, printer ini memiliki wadah tinta dan kepala pencetak yang disebut dengan cartridge, yang merupakan komponen utama dalam sebuah printer.

Merawat printer tidak jauh – jauh dari memperlakukan cartridge dengan benar sesuai dengan kemampuan dan fungsinya. Berikut beberapa tips cara merawat cartridge Canon IP2770 yang bisa anda lakukan apabila kebetulan anda memiliki printer ataunpun printer dikantor:

Cara Merawat Printer Cartridge Canon ip2770 Dengan Benar

Beberapa hal sederhana berikut ini, mudah – mudahan bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki keluhan printer sering eror atau cepat rusak.

Menggunakan Printer Sesuai Spesifikasinya

Sebelum anda membli printer, hendaknya anda mengetahui betul spesifikasi penggunaan printer tersbut. Sehingga kesalahan ini tidak akan terjadi. Kebanyakan orang menggunakan printer secara berlebihan. Spesifikasi Canon Ip2770 ini punya tipe catridge yang bisa panas apabila terdapat gesekan dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu slah satu cara merawat cartridge printer canon ip 2770 agar tidak cepat rusak adalah dengan meminimalisir gesekan. Bagaimana caranya ? Istirahatkan printer kurang lebih lima menit setiap 20 kali cetak. Apabila anda akan mencetak 50 lembar atau halaman. Maka berikan waktu istirahat selama 5 menit setiap selesai 20 cetakan. Nilai ini berkurang seiring dengan kondisi printer.

Jika Printer anda baru, bisa gunakan setingan ini, yakni istirahat setiap 20 kali cetak. Apabila printer anda memang sudah lama, bisa kurangi menjadi 10 kali cetak. Berarti kita tidak bisa mencetak dalam waktu cepat dengan jumlah yang banyak ?

Bisa saja, hanya dengan dua opsi. Pertama anda siapkan cartridge baru karena jelas akan cepat rusak, atau anda membeli printer baru dengan jenis yang berbeda yang bisa anda gunakan untuk mencetak dalam waktu yang cepat dan banyak.

Isi Tinta Cartridge Canon ip2770 Dengan Benar

Sebagaimana kita ketahui, jenis printer canon ini menggunakan tinta cair atau terkadang ada yang sedikit kental. Setelah tinta di dalam cartridge habis, tentu saja printer tidak akan bisa mencetak. Biasanya untuk printer yang belum dimodifikasi (infus) diisi ulang dengan menggunakan spet (syringe) yang dimasukkan melalui lobang udara yang diperbesar dengan jarum.

Berikut beberapa kiat mengisi tinta dengan benar sebagai upaya atau cara merawat cartridge printer canon ip 2770 agar awet dan tahan lebih lama.

  1. Gunakanlah tinta sesuai dengan merk printer
  2. Gunakanlah jenis yang sama dengan tinta sebelumnya, cair atau kental dan jangan berubah – ubah
  3. Hati – hatilah dalam membuat lubang, jangan sampai serpihannya masuk ke dalam tempat tinta
  4. Usahakan untuk tidak menyentuh dengan tangan electrical contact yang ada pada cartridge pada saat pengisiancara merawat cartridge printer canon ip 2770
  5. Gunakan aturan yang biasanya tertera pada wadah tinta untuk volume pengisian masing – masing warna
  6. Hati – hati jangan sampai tertukar pada saat mengisi tinta warna karena akibatnya sangat fatal.

Untuk anda yang kebetulan printer sudah diinfus, hal yang perlu diperhatikan atau cara merawat cartridge Canon IP2770 yang dipasang infus dalam kasus ini adalah sebagai berikut.

  1. Periksa dua kolom tinta pada wadah tinta infus anda, jangan sampai telat menyamakan posisi tintanya. Buka kedua penutup agar tinta dalam dua kolom seimbang.
  2. Jangan sampai telat mengisi tinta, hal ini bisa membuat “masuk angin” dan ini tentu saja akan membuat cartridge cepat rusak karena gesekan tanpa tinta.cara merawat cartridge printer canon ip 2770

Lakukan Maintenance Printer Dengan Benar

Cara merawat cartridge printer canon ip 2770 yang berikutnya adalah lakukan maintenance printer dengan cara yang benar. Hanya ada beberapa perintah yang bisa kita lakukan dengan software atau driver maintenance yang diinstall di komputer. Yaitu memilih tinta mana yang akan digunakan, cleaning dan deep cleaning.

Bila anda tidak repot dalam hal ini, coba sesekali seting cartridge anda dengan menggunakan salah satu dari dua jenis cartridge tersebut. Gunakan cartridge hitam saja ketika anda mencetak tulisan atau dokumen hitam putih. Dan sebaliknya, gunakan tinta warna saja ketika mencetak dokumen warna. Kemudian seting kembali seperti semua (gunakan kedua cartridge). Hal ini akan sedikit mengurangi beban salah satu cartridge sehingga diharapkan akan lebih tahan lama.

Kemudian untuk cleaning dan deep cleaning. Ini juga termasuk hal yang perlu dilakukan sebagai satu cara merawat printer, hanya saja jangan terlalu sering melakukannya. Lakukan ketika dibutuhkan atau memang kondisi printer sudah cukup lama pemakaian. Biasanya sudah lemah dan perlu dilakukan cleaning beberapa kali.

Simpan Printer Dengan Cara Yang Benar

Ini juga termasuk pada dari bebrapa cara merawat cartridge printer canon ip 2770. Hendaknya anda perlu memperhatikan tempat dimana printer disimpan dan berapa lama printer didiamkan. Usahakan simpan printer dalam suhu ruangan yang sejuk, tidak terlalu panas atau tidak terlalu lembab. Kemudian letakan printer ke dalam dus ketika akan disimpan.

Hal ini agar tidak terkontaminasi udara luar dan juga debu – debu lembut yang bisa menempel sehingga akan mengganggu cartridge. Selain itu, perhatikan juga waktu lama anda menyimpan printer. Usahakan setiap dua minggu sekali, gunakan printer untuk mencetak dokumen hitam putih dan warna beberapa lembar. Kemudian simpan lagi dengan cara yang sama seperti yang sudah kita bahas.

Matikan Printer Dengan Cara Yang Benar

Untuk jenis printer canon Ip2770 telah dilengkapi dengan auto off sehingga dalam beberapa menit atau jam ketika printer tidak digunakan akan otomatis mati. Namun untuk mencegah printer mati dengna cara yang tidak diinginkan, hendaknya anda mematikan printer dengan cara menekan tombol off setelah anda selesai menggunakannya.

Silahkan lakukan lima hal sederhana tersebut, sebagai salah satu cara merawat cartridge printer canon ip 2770 secara khusus dan secara umum untuk merawat printer agar awet dan tahan lebih lama. Sekian, semoga bermanfaat.