tips memilih printer terbaik

Tips Memilih Printer Untuk Pelajar, Mahasiswa dan UMKM

Perangkat printer dimata para pelajar dan mahasiswa memang tidaklah terlalu penting, karena memang tidak setiap hari atau setiap saat mencetak dokumen, mungkin ada sebagian tugas yang memang memerlukan printer. Ataupun para pegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang hampir setiap hari mencetak laporan ataupun bisnis lainnya tentu sangat memerlukan printer. Nah berikut ini Tips memilih printer agar saat membeli tidak salah fungsi dan kegunaannya.

Sangat disayangkan jika beli dengan harga mahal tetapi jarang digunakan, atau harga murah tetapi penggunaannya tinggi yang mengakibatkan cepat rusaknya perangkat printer tersebut. oleh sebab itu teknobgt.com mencoba untuk merekomendasikan atau bisa sedikit membuka wawasan anda dalam hal tips memilih printer kualitasnya terbaik dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Rekomendasi Printer Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Komputer atau Laptop merupakan bagian pendukung yang sangat banyak dicari sebab sangat bermanfaat buat mendukung seluruh aktivitas untuk para pelajar, mahasiswa ataupun pegiat usaha UMKM, spesialnya  dari Komputer atau Laptop adalah bisa digunakan untuk mengetik laporan ataupun mengerjakan tugas- tugas yang diberikan. Nah tidak hanya itu, buat mencetak tugas ataupun dokumen yang kalian ketik juga pastinya memerlukan suatu printer.

Bisa anda bayangkan jika hanya memiliki PC /Laptop tetapi perangkat pendukung lain seperti printer tidak punya? sedangkan anda ingin mencetak tugas atau laporan yang penting? ada baiknya memang memiliki printer sendiri agar bisa jadi mempermudah pekerjaan kita, tidak perlu lagi repot-repot pergi ke tempat percetakan dan itupun harus antri. Sebab perihal tersebut, pengeluaran kalian juga akan menjadi lebih banyak. Oleh sebab itu, hendaknya kalian mempunyai pc ataupun laptop dan printer sendiri buat mengirit bayaran. Walaupun pengeluarannya lumayan banyak tetapi jangka panjangnya bisa anda hitung lebih hemat mana memiliki printer sendiri atau mencetak di rental?

Nah untuk para pelajar ataupun mahasiswa yang memerlukan printer, pastinya kalian ingin mempunyai printer dengan harga murah tetapi mutu serta kinerjanya bagus. Oleh sebab itu tips memilih printer bukanlah hal yang sepele, anda harus benar-benar memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan.

Agar proses pemilihan printer terbaiknya jadi lebih mudah, berikut ini merupakan 6 tips memilih printer yang bagus serta sesuai buat pelajar serta mahasiswa.

6 Langkah Memilih Printer Terbaik

tips memilih printer

Jenis Printer

Hal pertama kali yang wajib kalian lakukan adalah menentukan jenis printer yang ingin anda beli. Seperti artikel sebelumnya yang merilis tentang perbedaan jenis printer, jadi printer itu terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya Printer Inkjet, Laserjet, LED dan Dotmatrix. Tapi jika anda pelajar atau mahasiswa maka printer yang bisa anda beli adalah jenis printer InkJet dan LaserJet, yang mana jenis printer tersebut paling banyak digunakan di Indonesia.

Sedangkan jika Anda sebagai pelaku usaha kecil atau menengah, biasanya menggunakan 2 jenis printer, Inkjet atau Laserjet yang digunakan untuk cetak dokumen biasa, sedangkan printer dot matrix nya biasanya digunakan untuk cetak struk transaksi dan laporan di bagian keuangan.

Pilih Printer Berkualitas

Setelah langkah awal yang memilih jenis printer untuk dibeli, tips memilih printer selanjutnya adalah cek kualitas cetakannya. Hasil cetak printer yang ingin dibeli merupakan kriteria paling dasar saat memilih printer, percuma saja jika membeli printer dengan harga murah tetapi hasil cetakannya tidak bagus. Jadi anda benar-benar harus memperhatikan hasil kualitas printernya

Karena setiap printer yang dijual itu memiliki keterangan atau spesifikasi yang lengkap, jadi anda juga bisa mengecek kecepatan cetaknya, kapasitas jumlah cetak setiap bulannya. Rekomendasinya dari sini adalah pilih printer yang bisa mencetak banyak dalam 1 bulannya, dan tentunya yang kualitas cetaknya terbaik juga. Hal ini sebagai acuan anda agar bisa menentukan juga jumlah pembelian catridge printer yang kita butuhkan setiap bulannya.

Dimensi Printer

Hal yang ke 3 ini memang diluar teknisnya, tetapi dimensi printer atau ukuran printer menjadi salah satu nilai plus dalam memilih printer. Untuk para pelajar atau mahasiswa yang kegiatannya flexibel sangat cocok memilih printer yang desainnya ringkas, simpel dan tidak makan tempat. selain itu anda dengan mudah bisa membawa printer kemana saja.

Mudah Cara Penggunaannya

Dalam pembelian printer memang selalu ada yang namanya buku manual, disitu isinya sangat lengkap mulai dari pengenalan perangkat printernya sampai fungsi dan cara pengoperasiannya juga sudah ada. tetapi jangan pernah meremehkan cara penggunaan yang mudah, karena jika anda memilih printer all in one pasti pengoperasiannya agak sedikit rumit.

Saat anda pergi ke toko printernya dan sudah menentukan pilihan biasanya staff toko tersebut menjelaskan bagaimana cara menggunakannya, coba anda cermati, apakah mudah caranya? Pilihlan printer yang cara penggunaannya yang simpel dan mudah.

Murah dan Berkualitas

Seriap orang memang selalu menginginkan produk yang berkualitas dan tentunya harga yang murah atau pas dikantong para pelajar lah. tetapi pastikan juga bahwa perangkat printer yang murah itu memiliki kualitas yang bagus. masih banyak kok printer yang berkualitas dengan harga terjangkau, apalagi digunakan oleh pelajar atau mahasiswa yang intensitas cetaknya tidak setiap hari.

Pilih Printer Multifungsi

Hal lain yang ingin pekerjaan anda lebih dimudahkan adalah dengan memilih printer all in one atau multifungsi. Standarnya dari printer multifungsi adalah memiliki 3 fitur utama yaitu cetak, scan dan fotocopy.

Dengan fitur tersebut, anda tidak perlu lagi mencari tempat fotocopy ataupun tempat scan dokumen. Printer multifungsipun sangat ringkas dan tidak perlu memerlukan tempat yang luas. Cocoknya ini memang untuk para pegiat usaha kecil ataupun UMKM. Pasti memerlukan 3 fitur tersebut, namun untuk keperluan tugas pelajar atau mahasiswa printer ini memang kurang pas, karena pasti akan jarang digunakan fitu Scan dan Fotocopynya.

Kesimpulan

Dari 6 langkah memilih printer yang pas sesuai kebutuhan, sekarang anda bisa mengetahui kisaran harga berapa printer yang diinginkan.

Bila anda hanya ingin menggunakan untuk cetak dokumen hitam putih saja, pasti mendapatkan printer dengan harga murah, tetapi untuk printer yang bisa mencetak dokumen warna atau foto pasti biayanya lebih besar atau lebih mahal.

Itulah tips – tips memilih printer terbaiknya untuk anda miliki. selain 6 point diatas, hal yang wajib diperhatikan lagi adalah printernya bandel atau kuat jika selalu digunakan cetak terus, cartridge tidak murah rusak dan tintanya tidak boros.