cara setting wifi direct printer

Cara Setting dan Menggunakan WiFi Direct di Printer

Sebelum kita ke pembahasan cara setting wifi direct printer epson, kamu harus tau terlebih dahulu perbedaannya fitur wifi dan wifi direct pada printer Epson. Sudah pada tau? Nah Banyak yang belum tau dan mengerti perbedaan teknologi wifi yang terdapat pada printer epson terbaru. Oke berikut ini perbedaannya :

Pada printer epson yang terbaru sudah banyak yang ditambahkan fitur wifi dan direct wifi,  jadi fungsi fitur wini ini bisa mencetak dokumen atau foto langsung dari smartphone atapun laptop tanpa menggunakan kabel sebagai konektifitasnya, tapi menggunakan jaringan wifi. caranya adalah kita perlu menghubungkan printer epson itu dengan wireless router atau access point. Jadi cara kerjanya adalah perangkat kita (laptop / hp) memerintah proses pencetakan pada printer melalui router atau access point. Printer Epson yang memiliki fitur wifi diantaranya L355, L365, dan Series lainnya.

Sedangkan untuk fitur WiFi Direct berfungsi mencetak tanpa kabel usb dan bisa langsung mencetak ke printer tersebut tanpa perlu menggunakan AP ataupun router. Seperti yang ada di printer epson L455, L565, L655. Namun yang perlu kamu ketahui bahwa hanya hanya 4 perangkat saja yang bisa terkonek pada wifi direct.

 

Cara Setting Wifi Direct Printer Epson

Nah setelah paham perbedaannya wifi dan wifi direct, maka teknobgt.com akan membahas cara setting wifi direct pada printer , kali ini sebagai contoh menggunakan printer epson L455, Epson L565 dan bisa juga di 485. Sebenarnya cara settingnya itu cukup mudah karena kamu tidak perlu menginstall driver lagi ataupun aplikasi lai saat mengatur dan setting wifi directnya. berikut langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama adalah masuk ke Wi-Fi Setup kemudian pilih Wi-Fi Direct Setup.
  2. Setelah itu pilih Connection Setup dan kemudian pilih set Password,
  3. Setelah selesai mensetting passwordnya kemudian tunggu sampai loading Setting up selesai.
  4. Wifi Direct sudah bisa dipakai nah caranya untuk konek ke laptop / pc adalah hanya perlu disambungkan dengan wifi ke SSID Printer dan add printer
  5. Sedangkan untuk sambungkan dari Smartphone, cukup dengan mendownload aplikasi Epson iPrint atau Epson Print Spooler, lalu sambungkan melalui aplikasi tersebut.

Nah cara setting wifi direct tersebut bisa juga menjadi solusi untuk pengguna printer epson l365 yang tidak bisa ngeprint menggunakan fitur wifi direct. Selamat Mencoba