Perbedaan Kamera Digital dan Analog Yang Wajib Kamu Ketahui

Perkembangan teknologi yang semakin maju tentunya berdampak juga pada perangkat elektronik seperti kamera yang didukung dengan alat-alat serta sistem yang canggih. Tapi apakah kalian tahu tentang perbedaan kamera digital dan analog? jika belum tahu, kamu bisa simak selengkapnya dibawah ini.

Seperti pada artikel yang membahas tentang pengertian Kamera DSLR, Kamera itu alat elektronik yang memiliki fungsi untuk mengambil gambar/foto yang kemudian menjadi bentuk dokumen. Nah, pada umumnya banyak orang mengenal kamera itu terdapat 2 jenis yaitu kamera digital dan kamera analog.

Dari kedua jenis kamera tersebut (Digital dan Analog) pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu berikut ini adalah perbedaan kamera digital dan analog yang harus diketahui oleh para photographer pemula :

3 Perbedaan Kamera Digital dan Analog

perbedaan media penyimpanan kamera analog vs digital
Kamera Analog Vs Digital, foto: bhphotovideo.com

Jika dilihat dari namanya saja pasti banyak orang yang tau apa itu kamera digital ataupun kamera analog, tapi apa saja sebenarnya yang membedakan kedua jenis kamera ini?

Hasil Foto

Hasil foto merupakan hal pertama yang membedakan kedua jenis kamera ini. Jika kamu menggunakan kamera digital, maka bisa langsung melihat hasil fotonya ketika selesai memotret karena foto tersebut sudah tersimpan dalam memori card.

Sedangkan jika menggunakan kamera analog maka kamu harus mencuci film-nya dulu baru bisa melihat hasil fotonya karena kamera analog ini menggunakan media gulungan film untuk menyimpan hasil fotonya.

Kemampuan

Perbedaan selanjutnya adalah kemampuan untuk menangkap cahaya, kamera digital dianggap belum terlalu maksimal untuk menangkap cahaya yang dipantulkan oleh matahari sehingga ketika melakukan foto disiang hari, hasilnya akan terlalu terang (kontrasnya berlebihan). Berbeda dengan kamera analog yang lebih efektif dalam proses penangkapan cahaya saat memotret, sehingga hasil fotonya pasti lebih baik.

Baca Juga  Ini Kelebihan dan Kekurangan Kamera Rangefinder!

Editing Gambar

Perbedaan ketiga antara kamera digital dan kamera analog adalah pada proses editing gambarnya yang sangat jauh berbeda, itu karena media penyimpanannya yang sangat berbeda. Seperti pada kamera analog yang masih menggunakan film sebagai media menyimpan hasil fotonya, sehingga ketika ingin proses editing harus menggunakan cairan kimia terlebih dahulu untuk mencuci film-nya.

Berbeda dengan kamera digital yang bisa langsung proses editing dengan aplikasi yang ada dikomputer dan langsung bisa dicetak.

Jadi bisa disimpulkan bahwa setiap jenis kamera itu memiliki keunggulan tersendiri, meskipun kamera analog itu terbilang kamera keluaran lama tetapi memiliki keunggulan dalam proses penangkapan cahaya yang maksimal ketika memotret pada siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *