apa itu kamera dslr

Apa Itu Kamera DSLR, Fungsinya Untuk Apa Saja?

Trend fotografi saat ini semakin berkembang yang didukung dengan teknologi terbaru didalamnya. Untuk kamu yang sedang ingin terjun kedunia fotografi ada baiknya mengetahui tentang jenis-jenis kamera, mulai dari kamera DSLR, Mirrorless atau kamera Analog.

Nah untuk yang menginginkan hasil foto dengan kualitas bagus, maka bisa mempertimbangkan kamera DSLR ataupun Mirrorless atau kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang keunggulan dan kekurangannya dari kedua kamera tersebut. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhannya.

Pengertian Kamera DSLR

pengertian kamera DSLR
ilustrasi: canon

Apa yang dimaksud dengan Kamera DSLR? Mungkin sebagian orang yang sudah sering menggunakan kamera ini tidak menyadari apa itu kamera DSLR, mereka hanya lebih fokus pada hasilnya saja, mempelajari teknik-teknik fotonya saja.

DSLR merupakan singkatan dari Digital Single Lens Reflex, Jadi pengertian Kamera DSLR adalah sebuah kamera digital yang sudah menggunakan cermin untuk mentransfer cahaya dari lensa ke jendela bidik / viewfinder (lubang dibelakang kamera) yang biasanya digunakan untuk melihat target gambar apa yang akan difoto.

Selain itu ada juga yang menyebutkan bahwa Kamera DSLR adalah bodi kamera digital yang memungkinkan cahaya masuk ke lensa tunggal yang mengenai cermin yang memantulkan cahaya ke atas atau ke bawah ke dalam jendela bidik kamera.

Kamera DSLR yang merupakan jenis kamera digital yang didukung dengan teknologi canggih sehingga bisa menghasilkan gambat dengan kualitas tinggi, cara kerjanya memanfaatkan mekanisme pencerminan dalam menangkap suatu objek melalui lensa.

Untuk kategori kamera DSLR itu bisa dilihat dari fungsi lensanya yang bisa diganti sesuai kebutuhan. Adapun beberapa jenis lensa kamera digital itu bisa dilihat pada artikel 6 Macam Lensa Kamera DSLR

Bagaimana Cara Kerja Kamera DSLR?

gambar bagian-bagian kamera dslr
gambar bagian-bagian kamera dslr, foto: wikipedia

Keterangan pada gambar :

Baca Juga  Ini Dia 6 Jenis Lensa Kamera DSLR dan Fungsinya

1.Lensa 2.Cermin refleks 3.Shutter 4.Sensor gambar 5.Matte layar fokus 6.Lensa kondensor 7.Pentaprism 8. Lensa mata/Viewfinder

Cara kerja dari kamera DSLR ini adalah menangkap gambar atau objek yang sama dengan apa yang kamu lihat dari lubang bidik dibagian belakang kamera, Objek apa saja yang kamu lihat disitu maka ketika kamu memotretnya akan menjadi file gambar yang sesuai dengan yang dilihat tadi.

Proses mengambil gambarnya adalah ketika objek masuk dalam bentuk cahaya ke cermin reflek yang berada dalam sudut 45 derajat, kemudian akan meneruskan cahaya objek gambar tersebut ke elemen optik yang disebut pentaprism. Nah dari situlah (pentaprism) mengubah cahaya vertikal tadi ke horisontal dengan mengarahkan cahaya melalui dua cermin terpisah, tepat ke jendela bidik.

Berikut ini adalah proses kerja kamera yang kami rangkum :

  • Ketika mengambil gambar, cermin refleks mengayun ke atas, menghalangi jalur vertikal dan membiarkan cahaya langsung melaluinya
  • Kemudian, shutter terbuka dan cahaya mencapai sensor gambar.
  • Shutter akan tetap terbuka selama diperlukan oleh sensor gambar untuk merekam gambar, dan ketika shutter tertutup dan cermin refleks kembali ke sudut 45 derajat untuk meneruskan cahaya ke jendela bidik.

Seperti itulah sepintar cara kerja dari kamera DLSR. Jika membutuhkan informasi secara detail mungkin bisa mencari di website khusus yang membahas kamera atau bisa juga searcing dari google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *