fbpx
Yujin Morisawa Designer PS5
Yujin Morisawa Designer PS5

Ternyata Ini Alasan Sony Membuat PlayStation 5 Lebih Besar Ukurannya

Bisa dibilang konsol terbaru dari Sony ini (PS5) merupakan paling besar ukurannya jika dibandingkan dengan konsol yang dimiliki oleh brand-brand lain. Jika dibandingkan dengan PS4 saja sudah sangat jelas perbedaannya, selain itu di PS5 juga membawa desain baru yang berbeda dari pendahulunya.

Apa alasannya desainer yang merancang PS5 ini memilih ukuran lebih besar? Yujin Morisawa yang sebagai Senior Art Director Sony mengatakan bahwa yang saat ini merupa ukuran yang lebih kecil, karena pada saat proses rancangannya konsol PS5 ini ukurannya lebih besar dari sekarang. Tim engineer Sony berdiskusi dengan Yujin bahwa ukurannya terlalu besar, sehingga perlu didesain ulang agar tampak lebih kecil.

Alasan Desainer Membuat Ukuran PS5 Lebih Besar

Alasan Yujin Morisawa menghadirkan ukuran lebih besar karena di generasi terbaru ini memiliki power yang lebih bertenaga dan itu berarti ruang pembuangan panas lebih mumpuni dan lebih banyak aliran udara sehingga kinerja dan performanya benar-benar tangguh.

Jika anda membuat casing/bodi PS5 ini, memang terlihat sistem pendinginan yang kompleks dan pelepas panas yang masif. Itulah alasan utama kenapa PS5 ini dibuat ukurannya lebih besar.

Menurut keterangan Morisawa pada saat di wawancarai oleh Washington Post,Rabu (11/11/2020) “Pada awalnya, saat aku mulai mendesain, wujud PS5 malah jauh lebih besar meski aku tak tahu apa yang akan dilakukan oleh tim engineer. Mereka memberitahuku bahwa bentuknya terlalu jumbo. Maka aku memperkecilnya,”

Meskipun produk finalnya tetap berukuran besar, itu sudah merupakan ukuran yang tepat sesuai dengan perangkat hardware didalamnya. Jika dibuat lebih kecil, maka akan mengorbankan sistem pendinginannya. Adapun mengenai desainnya yang terlihat futuristis, Morisawa menyebut ia ingin PS5 memancarkan aura mesin yang powerful.

Pro dan kontrapun muncul ketika pertama kali desain PS5 ini diluncurkan, ada yang bilang aneh ada juga yang menyebutkan ini sangat futuristik. lalu bagaimana dengan performanya? kita tunggu saja review-review para gamer yang sudah mencoba konsol ini.