teknologi jaringan voLTE

Indosat Hadirkan Teknologi VoLTE! Nelfon Dengan Kualitas HD Voice

Istilah ini mungkin sangat jarang kita dengar, tapi ternyata sekarang sudah ada yang namanya teknologi VoLTE yang mana diklaim bisa menghadirkan kualitas suara yang lebih jernih “HD Voice” saat kita menelfon.

Teknologi VoLTE ini merupakan singkatan dari Voice over LTE yang merupakan sebuah layanan pengguna seluler untuk melakukan panggilan suara di jaringan 4G-LTE saja. Jadi ketika jaringan di Hp hanya mendapatkan jaringan 3G kebawah maka fitur ini tidak bisa digunakan atau anda tidak bisa mendapatkan kualitas suara yang jernih.

Keunggulan teknologi VoLTE lainnya adalah bisa tersambung lebih cepat saat melakukan panggilan suara jika dibandingkan dengan layanan telepon pada umumnya yang kita kenal dengan circuit-switch dan pelanggan dapat beralih dari panggilan suara ke panggilan video ataupun sebaliknya dengan sangat mudah tanpa harus menutup telepon terlebih dahulu.

Melalui layanan VoLTE ini, pengguna bisa tetap dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berselancar, streaming ataupun bermain game daring tanpa putus di saat ada panggilan masuk. Teknologi VoLTE didukung oleh operator di Indonesia, salah satunya Indosat Ooredoo. Perusahaan telah merilis layanan VoLTE di lebih dari 30 kota di Indonesia.

Menurut Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh “Kemudahan dalam menikmati layanan ini, akan membuat kegiatan mengobrol menjadi lebih menyenangkan terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini” .

Pengguna yang saat ini berada di kota jangkauan VoLTE Indosat Ooredoo, dapat menggunakan Hp yang mendukung layanan VoLTE serta telah menggunakan kartu SIM 4G, dapat langsung menikmati layanan VoLTE tanpa perlu mendaftar paket tertentu maupun tambahan aplikasi.

Indosat Ooredoo sudah menjalin kerjasama dengan beberapa produsen Hp ternama seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan juga tidak ketinggalan chipset manufacture seperti Qualcomm dan MediaTek. Kolaborasi bersama ini bertujuan untuk memastikan perangkat yang telah mendukung teknologi VoLTE dapat bekerja dengan baik.

Tidak hanya Indosat Ooredoo, XL Axiata juga telah memperkenalkan layanan VoLTE. Untuk tahap awal saat ini, jaringan XL Axiata siap mendukung layanan VOLTE di wilayah Jakarta dan Medan. Selanjutnya, XL Axiata akan terus memperluas ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya.

Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

Berbeda dengan Indosat dan Xl, Telkomsel hadirkan layanan VoLTE ini dengan paket berbayar, Cek Selengkapnya disini : Paket VoLTE Telkomsel 

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. Oleh karena itu, XL Axiata optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. (sumber: tekno.okezone.com).