Apple Naikkan Harga App Store
Sebuah Apple Inc. logo ditampilkan di toko mereka di mal Yorkdale di Toronto | Foto: Brent Lewin | Bloomberg

Apple Naikkan Harga App Store di Negara-Negara Ini

Mungkin ini adalah kabar yang kurang mengenakkan bagi pengguna iPhone atapun iPad, dimana saat ini Apple naikkan harga App Store. Tapi tidak secara keseluruhan, hanya di daftar negara berikut ini yang harganya naik.

Apple telah mengumumkan kenaikan harga App Store di seluruh Eropa dan di beberapa negara Asia mulai bulan depan, karena mata uang global turun terhadap dolar AS.

Kenaikan harga akan efektif untuk pembelian dalam aplikasi dan aplikasi reguler di App Store, mulai 5 Oktober 2022.

“Mulai 5 Oktober 2022, harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (tidak termasuk langganan perpanjangan otomatis) di App Store akan meningkat di Chili, Mesir, Jepang, Malaysia, Pakistan, Polandia, Korea Selatan, Swedia, dan Vietnam, semua wilayah yang menggunakan mata uang euro,” kata raksasa teknologi itu dalam sebuah pembaruan.

Di Vietnam, kenaikan ini juga mencerminkan peraturan baru bagi Apple untuk memungut dan mengirimkan pajak yang berlaku, seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan Badan (CIT) dengan tarif masing-masing 5 persen.

Semua pasar Euro akan melihat harga aplikasi dasar bergerak 0,99 euro menjadi 1,19 euro bulan depan yang merupakan kenaikan 20 persen. Di Jepang, peningkatan melebihi 30 persen.

“Pengembalian Anda akan disesuaikan dan akan dihitung pada tingkat non-pengurangan pajak,” kata Apple.

Setelah perubahan ini berlaku, bagian Harga dan Ketersediaan Aplikasi Saya akan diperbarui.

“Anda dapat mengubah harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (termasuk langganan yang dapat diperbarui secara otomatis) kapan saja di App Store Connect. Jika Anda menawarkan langganan, Anda dapat memilih untuk mempertahankan harga untuk pelanggan yang sudah ada,” kata perusahaan itu.

Perubahan harga App Store terjadi beberapa minggu setelah Apple menaikkan harga untuk model iPhone 14 dan Apple Watch Series 8 baru di beberapa pasar di luar AS, The Verge melaporkan. Perubahan harga App Store terjadi beberapa minggu setelah Apple menaikkan harga model iPhone 14 dan Apple Watch Series 8 baru di banyak pasar di luar AS.