Teknologi Digital Dari Kompor Listrik

Tekno Business: Begini Teknologi Digital Dari Kompor Listrik Pengganti Elpiji 3 Kg

Wacana Pemerintah melakukan pergantian tabung gas elpiji 3Kg ke kompor listrik 1000 watt menuai pro dan kontra bahkan dianggap akan menimbulakan masalah baru.

Tapi, dari wacana tersebut ada yang wajib kita bahas, apa itu? teknologi digital dari kompor listrik 1000 watt yang direkomendasikan, seperti apa teknologi didalamnya? simak penjelasannya berikut ini.

Kompor Listrik Dengan Teknologi Digital

Dikutip dari laman finance.detik.com (19/9/22) Pemerintah menyebut kebijakan sedang diuji coba oleh PLN di sejumlah wilayah. Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengungkapkan dalam uji coba di tiga kota.

“Saat ini masih uji coba di 3 kota, masih dipelajari respons masyarakat serta juga aspek teknis dari kompor induksi tersebut,” Proses uji coba ini juga akan melihat kapasitas kompor yang tepat. Sehingga masyarakat akan lebih nyaman dalam memasak.

Nantinya, masyarakat bakal mendapatkan satu unit kompor listrik induksi dengan dua tungku masak yang masing-masing berdaya 1.000 watt. Selain itu, ada dua unit perabotan pelengkap yakni panci dan wajan yang disertai modul Internet of Things atau IoT untuk menyimpan data konsumsi energi listrik.

Kompor tersebut juga dilengkapi dengan media komunikasi data. Di dalam paket juga termasuk penggantian pembatas daya untuk penggunaan kompor induksi dan pemasangan tambahan instalasi pemanfaatan tenaga listrik.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Ketenagalistrikkan Dadan Kusdiana menjelaskan, kompor induksi memiliki sejumlah parameter digital yang dilengkapi IoT sehingga bisa memonitor konsumsi listrik yang terintegrasi dengan sistem billing atau tagihan PLN.

Cara Kerja Kompor Listrik

Kompor listrik teknologi digital

Cara kerja kompor induksi menggunakan induksi elektromagnetik yang menghasilkan panas dan mengalir ke utensil. Dadan menyebutkan kompor induksi memikili tingkat resiko keselamatan yang rendah karena panas yang dihasilkan hanya mengalir kepada utensil. “Kompor induksi sangat mudah dibersihkan dan bisa menghasilkan panas dengan sangat cepat, bentuk tungku masaknya datar dan dilengkapi feromagnetik,”

Beda Kompor Listrik dan Kompor Listrik Induksi

Kompor induksi serupa dengan kompor listrik. Keduanya sama-sama menggunakan arus setrum sebagai penghantar panas. Bedanya, kompor listrik bersifat analog dan tidak dilengkapi alat IoT. Berbeda dengan kompor induksi yang bekerja melalui induksi elektromagnetik untuk menghasilkan panas, kompor listrik bekerja melalui elemen konduktor untuk menghasilkan panas pada utensil (sumber: katadata.co.id)