Aplikasi Download Video Instagram

Apps: Pilihan Aplikasi Download Video Instagram Terpopuler 2022

Aplikasi download video Instagram banyak digunakan untuk melakukan proses pengunduhan secara cepat. Beberapa dari perangkat lunak tersebut bahkan dilengkapi teknologi untuk mempercepat unduhan hingga mendownload konten dalam jumlah banyak sekaligus.

Pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas tentang 13 Cara Download Video Instagram dengan mudah. Yang membedakan dengan versi ini adalah penggunaannya tidak terbatas pada OS pada desktop PC seperti Windows maupun Mac, tapi juga mobile. Aplikasi tersebut juga tersedia untuk sistem operasi seperti Android dan iOS seperti di bawah ini.

Pilihan Aplikasi Download Video Instagram 

Pilihan Aplikasi Download Video Instagram 

Bagi konten kreator yang menggunakan Android maupun iOS, mengunduh konten dalam waktu cepat merupakan hal utama. Jika kamu adalah salah satunya, beberapa aplikasi di bawah ini bisa menjadi referensi terbaik.

  1. Inflact

Inflact menawarkan antarmuka yang cukup sederhana namun intuitif untuk mengunduh segala bentuk konten dari Instagram. Baik itu tayangan dari dari IGTV, foto, reels, hingga stories, semua bisa disimpan secara cepat.

Meski tersedia secara gratis, Inflact juga menawarkan opsi berbayar untuk membuka fitur-fitur khusus. Beberapa di antaranya adalah kemampuan untuk mengunduh banyak video dan gambar sekaligus, hingga menyimpan konten berdasarkan profil.

  1. Instagram Downloader

Aplikasi download video Instagram seperti Instagram Downloader hanya memerlukan dua langkah untuk memulai proses pengunduhan. cukup menyalin URL foto atau video yang ingin disimpan dan kemudian menempelkannya ke kolom teks,

Proses download tersebut bisa berlangsung dalam beberapa detik saja atau hitungan menit, tergantung ukuran berkas. Fitur pendukung lainnya adalah jumlah unduhan tidak dibatasi oleh kuota serta aplikasinya tersedia secara gratis.

  1. DownloadGram

Bisa dibilang, DownloadGram merupakan layanan yang ‘to the point’ kepada pengguna yang ingin mendownload video. Aplikasi ini bahkan mampu menyimpan tayangan di dalam IGTV secara sempurna dengan kecepatan luar biasa.

Proses pengunduhannya tetap serupa dengan layanan sejenis, yakni menggunakan alamat URL konvensional. Dari sana, kalimat pada URL tersebut akan diolah dengan cara mengambil konten videonya saja tanpa menyertakan hal lainnya.

  1. InstaDownloader

Aplikasi download video Instagram berikutnya adalah InstaDownloader dengan kemampuan mengunduh secara gratis. Kamu hanya tinggal menautkan alamat pada target yang akan diunduh, dan prosesnya kemudian akan berjalan otomatis sesuai kebutuhan.

Layanan pada InstaDownloader berjalan dengan baik sebagian aplikasi mobile maupun dipasang pada PC atau Mac. Kamu juga tidak perlu melakukan login pada akun IG pribadi jika ingin menggunakannya untuk mengunduh.

Kenapa Popularitas Konten Video pada IG Sering Menjadi Viral?

Bagi pengguna awam, konten video tidak lebih hanya dipandang sebagai sajian dari sisi hiburan semata. Tidak ada tujuan apapun ketika mereka melihat tayangan tersebut di halaman (beranda) pada akun mereka.

Namun bagi konten kreator, unggahan dalam bentuk tayangan bisa dijadikan sebagai masukan (insight) sekaligus melihat trend. Mereka inilah yang kemudian membuat konten dalam format video menjadi populer sehingga banyak digunakan.

Aplikasi download video Instagram kemudian mulai bermunculan untuk memudahkan konten kreator mendapatkan konten secara mudah. Secara tidak langsung, popularitas konten dengan format tersebut semakin disukai, bahkan oleh pengguna awam sekalipun.

Terlebih, pihak Instagram sendiri sedikit demi sedikit selalu memperbaharui fitur-fitur pada aplikasinya untuk memuaskan pengguna. Tidak heran jika konten kreator baru semakin hari mulai banyak bermunculan dengan membawa kreatifitasnya masing-masing.

Soal pengunduhan misalnya, Instagram mungkin dipandang memiliki sedikit kekurangan karena tidak menyediakan opsi tersebut. Alhasil, pengguna awam terkadang merasa kesulitan jika ingin mendownload sebuah konten video yang diposting lewat IG.

Oleh sebab itu, aplikasi download video Instagram mulai ramai dimanfaatkan untuk mengunduh konten-konten di dalamnya. Proses otomatis tersebut dianggap sangat membantu, terutama jika ingin mengambil puluhan atau bahkan ratusan sekaligus.

Bisa dibilang, perangkat lunak untuk melakukan proses unduhan secara otomatis telah menjawab kebutuhan pengguna. Konten-konten menarik yang sedang viral, banyak mendapatkan jangkauan audiens karena banyak dicari untuk diunduh secara online.

Aplikasi untuk Mengunduh Video IG bagi Pengguna Desktop

4K Strogram

Selain untuk sistem operasi berbasis mobile seperti Android dan iOS, pengguna desktop juga bisa melalukan pengunduhan secara efektif. Cara adalah melakukan instalasi terlebih dahulu secara lokal (desktop) sebelum bisa digunakan.

  1. 4K Strogram

Aplikasi download video Instagram yang bisa dipilih adalah 4K Strogram untuk pengguna Windows, Mac, serta Linux Ubuntu. Perangkat lunak ini secara otomatis tidak hanya mengunduh postingan video, tapi juga gambar.

Salah satu fitur paling penting dari 4K Stogram adalah kemampuannya dalam menyimpan file hasil unduhan. Postingan yang telah terunduh akan diklasifikasikan berdasarkan tanggal, mengekspor & mengimpor langganan, dan lain sebagainya.

  1. VideoHunter

VideoHunter merupakan pengunduh video otomatis dengan fitur lengkap yang kompatibel. Fitur-fiturnya mendukung pengunduhan video/audio dari lebih dari 1.000 situs, yakni Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, SoundCloud, Niconico, Bilibili, dan lainnya.

Aplikasi download video Instagram ini tidak hanya mudah digunakan, tapi juga divaforitkan oleh banyak pengguna. Salah satunya adalah karena kemampuannya menyajikan hasil unduhan berkualitas tinggi antara 1080p, 4K, hingga 8K.

  1. Leawo Video Downloader

Salah satu keunggulan dari Leawo Video Downloader adalah kecepatannya dalam melakukan unduhan dengan beberapa kualitas tertentu. Pilihannya adalah resolusi 720P hingga 1080P dengan kecepatan 6X lebih tinggi dari layanan sejenis.

Ini artinya, perangkat lunak tersebut mampu mengunduh video musik, acara TV, tayangan streaming secara langsung. Sistemnya berjalan pada platform Windows dan Mac dengan fitur berupa informasi mengenai file yang diunduh.

  1. DownloadVideoInstagram App

Aplikasi download video Instagram berikutnya adalah DownloadInstagramVideo yang tersedia secara gratis. Perangkat lunak tersebut bahkan menawarkan suatu kemampuan yang langka, yakni mengunduh video pada akun pribadi dengan pembatasan atau privat.

Terlepas dari fitur unik di atas, alat ini menawarkan pengunduhan konten yang sangat cepat dan efektif. Sangat cocok untuk konten kreator karena memiliki kemampuan unduhan tanpa batas tanpa dikenai biaya.

Cara Mengunduh Konten Video pada Instagram

Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, Instagram telah melakukan banyak perubahan secara fundamental. Baik itu mengubah tampilan visual antarmuka maupun logo, agar pengguna merasa nyaman ketika menggunakan layanan hingga fitur-fiturnya.

Aplikasi download video Instagram sendiri merupakan layanan dari pihak ketika untuk mengunduh konten-konten bergerak pada platform tersebut. Di mana hal itu bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan beberapa langkah saja.

Setidaknya ada beberapa opsi yang bisa dipilih untuk memulai proses pengunduhan. Kamu bisa menggunakan perangkat lunak yang bisa dipasang pada perangkat desktop PC atau Mac hingga lewat Android maupun iOS.

Ada juga layanan serupa yang menawarkan fitur download tanpa harus melakukan instalasi karena berbasis browser serta menggunakan ekstension. Kamu hanya tinggal memilih satu di antaranya yang dianggap lebih mudah dioperasikan.

Cara menggunakan aplikasi download video Instagram rata-rata sangat mudah. Untuk yang berbasis desktop baik PC atau Mac, perangkat lunak tersebut bisa digunakan setelah instalasi selesai dengan cara menempelkan link berkas.

Cara serupa juga bisa diterapkan pada aplikasi yang berjalan pada sistem operasi mobile seperti Android maupun iOS. Kamu hanya tinggal copypaste link video dan kemudian ditempelkan pada kolom untuk diunduh.

Demikian juga dengan layanan berbasis browser, rata-rata unduhan dilakukan dengan melacak link asli dari konten. Namun ada sedikit perbedaan jika menggunakan ekstension khusus pada peramban web karena opsinya otomatis tersedia.

Aplikasi download video Instagram lewat pemasangan ekstension tidak lagi menggunakan link konvensional. Opsi untuk pengunduhan nantinya akan muncul secara otomatis di bagian bawah atau pojok kanan atas dengan simbol panah.

Keuntungan Mengunduh Video bagi Konten Kreator di IG

Bagi seorang konten kreator, video IG merupakan sumber daya yang penting untuk menunjang karir mereka. Hasil unduhan tersebut bisa digunakan untuk berbagai hal, salah satunya seperti mempelajari konten milik kompetitor.

Selain itu, konten yang telah didownload bisa ditonton secara offlline tanpa sambungan internet. Sangat penting bagi mereka yang tidak memiliki akses ke jaringan untuk online, atau terhalang kondisi geografis wilayah.

Aplikasi download video Instagram murni diperlukan agar proses pengunduhan bisa dilakukan secara efektif. Mengingat, layanan berbasis sharing gambar besutan Meta (Faceboook) itu tidak menyediakan opsi berupa fitur download secara otomatis.

Setelah terunduh dengan baik, konten tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk diedit kembali sesuai dengan keperluan. Khusus untuk proses ini, editor harus mengantongi izin terlebih dahulu dari pemilik asli video tersebut.

Perhatikan juga soal copyright atau hak cipta pada konten agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Setelah itu, pastikan agar proses download bisa berjalan dengan memperhatikan aspek teknis maupun non-teknis.

Tips Agar Konten Video IG Bisa Terunduh dengan Baik

Tips Agar Konten Video IG

Meski telah menggunakan aplikasi download video Instagram, proses pengunduhan tidak lepas dari kegagalan karena berbagai faktor. Oleh sebab itu, beberapa hal penting di bawah ini harus kamu perhatikan dengan seksama.

  1. Pastikan koneksi internet dalam kondisi menyala

Tersambung dengan jaringan internet merupakan hal pertama yang statusnya harus dipastikan, apakah dalam kondisi menyala atau tidak. Tanpa koneksi tersebut, sangat mustahil untuk menggunakan Instagram karena basisnya diakses secara online.

Jika telah menyala, periksa kembali kualitas jaringan karena menjadi penentu sukses tidaknya sebuah proses pengunduhan. Kenal beberapa hal yang mampu mempengaruhi naik turunnya jaringan seperti terhalang tembok dan lain sebagainya.

  1. Gunakan aplikasi resmi untuk proses pengunduhan

Usahakan agar menggunakan aplikasi download video Instagram secara resmi dari sumber aslinya. Selain terhindar dari masalah soal legalitas penggunaan, kamu juga berpotensi untuk menyelamatkan perangkat seluler dari ancaman virus berbahaya.

Perangkat lunak yang diunduh dari sumber resminya memungkinkan fitur-fitur di dalamnya bisa bekerja dengan baik. Dengan begitu, proses pengunduhan bisa berjalan dengan lancar tanpa khawatir akan mengalami kegagalan secara teknis.

  1. Hindari mengunduh dalam jumlah banyak sekaligus

Satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengunduh video pada IG adalah, hindari pengunduhan dalam jumlah banyak sekaligus. Selain membebani stabilitas jaringan internet, hal tersebut juga membuat proses download gagal.

Aplikasi download video Instagram yang digunakan tentu memiliki batasan-batasan tertentu dalam sekali unduh. Beberapa di antaranya sering diterapkan oleh perangkat lunak gratis, sehingga harus membayar untuk pengunduhan dalam jumlah besar.

Selain itu, konten video cenderung memerlukan lebih banyak sumber daya internet sehingga koneksinya harus stabil. Kegagalan pada saat proses pengunduhan bisa saja terjadi karena adanya faktor secara teknis maupun non-teknis.

Baik pengguna biasa maupun konten kreator harus memahami cara mengunduh video. Seperti di atas, kinerja internet, kekuatan perangkat, hingga penggunaan aplikasi download video Instagram merupakan hal-hal penting yang harus diperhatikan.

downloadgram -