Mengenal Whatsapp Business Apk yang Memudahkan Pengusaha
Mengenal Whatsapp Business Apk yang Memudahkan Pengusaha

Mengenal Whatsapp Business Apk yang Memudahkan Pengusaha

Whatsapp Business apk merupakan aplikasi pesan chat yang dikhususkan bagi mereka para pengusaha. Fungsi utamanya adalah memudahkan berkomunikasi dengan para pelanggan sehingga penilaian pelayanan tetap prima.

Bukan hanya para pebisnis saja, kamu juga bisa menggunakannya. Karena, ada beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan. Tidak heran, bila sampa saat ini penggunanya semakin banyak walau hampir 90% adalah pengusaha.

Perbedaan Whatsapp Business Apk dengan Biasa

Whatsapp Business

Harus diakui bahwa, versi business dengan biasa memang mempunyai perbedaan. Poin utama yang terlihat jelas ada di profil akun. Pada seri bisnis ini kamu harus menulisnya secara lengkap dan jelas.

Bukan hanya nama saja, lalu foto. Tetapi, harus memasukkan juga alamat kantor, jam kerja, website, nomor telepon, website, dan semua penjelasan mengenai usaha dengan lengkap serta jelas.

Misalnya, kamu menjual ikan koi maka dalam penulisan profil untuk Whatsapp Business apk wajib mencantumkan apa yang dijual. Soal harga tidak terlalu penting, hanya saja gunakan kata efektif.

Artinya, kalimat serta kata mampu membuat orang ingin menghubungi. Walau pada akhirnya tidak membeli, setidaknya mereka tahu terlebih dulu. Siapa tahu nanti teman atau saudaranya membutuhkan bisa dipromosikan.

Perlu diingat bahwa profil ini menjadi senjata utama setiap pengusaha dalam memberikan informasi penting kepada para pelanggannya. Dengan begini, konsumen bisa dengan mudah menghubungi kamu tanpa khawatir tidak direspon.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa perbedaan lain yang bisa didapatkan dan bisa dijadikan alasan mengapa banyak orang mulai mengunduhnya, apa saja itu? Coba simak pembahasannya di bawah ini!

Membalas Pesan Otomatis

Whatsapp Business apk memberikan fasilitas luar biasa bagi penggunanya yaitu dapat membalas pesan secara otomatis. Kondisi ini memang cukup bagus terutama bagi para pelanggan baru dan saat kamu sedang kesulitan membalas.

Ketika ada pesan masuk, tetapi kamu kesulitan membalas biasanya pihak WA akan menjawab sesuai dengan perintah. Dalam pengaturan, ada sebuah menu untuk menulis beberapa kata tersebut.

Jadi, beberapa detik setelah surat elektronik itu masuk, robot akan menjawabnya. Hal ini sangat diuntungkan karena, pelanggan tidak harus lama menunggu mendapatkan jawaban. Walau pada akhirnya, akan kesal.

Andai saja kamu lama untuk merespon, walau begitu fasilitas tersebut sudah cukup memberikan pelayanan terbaik sehingga, pelanggan akan berpikir dua kali bila mau pergi. Jadi, manfaatkan dengan baik fasilitas tersebut.

Centang Hijau dan Kemudahan Lainnya

Whatsapp Business apk memberikan layanan terbak dengan memberikan centang hijau kepada penggunanya, yang jadi pertanda kalau akun tersebut sudah terverifikasi. Jadi, saat pelanggan menghubungi tidak akan kecewa.

Karena, mereka menghubungi di nomor yang tepat, bukan seorang penipu. Harus diakui centang hijau seperti ini bagi para pengusaha sangat penting. Sebagai tanda kalau perusahaannya bonafit dan berkualitas baik.

Bukan hanya itu saja, Whatsapp Business apk memberikan kemudahan lain bagi para penggunanya, salah satunya labels. Perlu diketahui fitur ini hanya ada disini saja, versi beta saja belum mendapatkannya.

Jadi, para pengusaha dapat memilah pesan dan menjadikannya kategori. Siapa pembeli, bertanya, atau mengajukan keluhan. Dengan begini akan mudah dalam menjawabnya, terkadang dalam satu waktu membuat bingung.

Tidak heran bila jawaban yang diberikan terkadang salah, walau dimaklumi namun kondisi seperti ini akan menurunkan kredibilitas perusahaan. Kehadiran label membuat pesan masuk dapat terorganisir dengan baik.

👉 TRENDING:  Aplikasi Whastapp Kamu Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya Agar Chat Lama Tidak Hilang!

Perlu diperhatikan juga, bahwa Whatsapp Business apk tersebut bukan hanya untuk perusahaan besar saja. Bagi UKM menengah atau kecil juga dapat memakainya, asalkan informasi yang diberikan benar pasti centang hijau.

Menariknya lagi, kamu dapat memilih kategori bisnis. Apa saja ada tinggal pilih, dengan begini konsumen mudah memahami isinya. Satu poin yang juga diberikan adalah statistik pesan, baik dikirim atau diterima.

Statistik tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu indikator terbaik. Dengan begini para pengusaha mampu membuat strategi sekaligus rencana kedepan supaya lebih matang. Bagaimana tertarik menggunakannya?

Cara Download dan Menggunakan Aplikasi WA Bussiness

Whatsapp Business apk

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu bagaimana cara mengunduhnya, kamu harus paham dulu beberapa perihal berikut ini. Dimana, pengguna versi biasa juga bisa menggunakan bussiness ini tanpa ganti nomor.

Bahkan, semua chat yang ada di akun tersebut juga dapat dipindahkan begitu saja. Asalkan, sebelumnya sudah dicadangkan terlebih dulu, bila belum maka posisinya kembali ke seperti semula.

Perlu diketahui bahwa, dalam satu perangkat smartphone dapat mengaktifkan dua WA sekaligus. Hanya saja, tidak bisa dengan nomor sama. Cukup menarik bukan, maka dari itu perhatikan bagaimana cara mengunduhnya.

  1. Buka dulu google play store atau bisa langsung dari link berikut ini : Whatsapp Business On Playstore
  2. Namu, jika kamu ingin mencari manual bisa ketikkan pada kolom pencarian Whatsapp Business apk
  3. Logonya sendiri berbeda dengan versi biasa, yaitu huruf B besar di dalam sebuah simbol percakapan.
  4. Setelah terinstall, masuk menggunakan nomor handphone atau membuat baru.
  5. Buat profil secara jelas dan lengkap, hal ini akan mempengaruhi proses verifikasi centang yang dilakukan pihak Whatsapp Business apk
  6. Berikutnya atur juga pesan otomatis, isinya seperti apa dan bagaimana pengaturannya, apakah dibalas otomatis setiap saat atau saat jam tutup kantor.
  7. Kamu juga bisa mengatur pesan otomatis ini sesuka hati.
  8. Setelah selesa bisa langsung digunakan, bagaimana mudah bukan?

Kelebihan yang Akan Didapatkan Pengguna

wa business

Whatsapp Business apk memberikan kelebihan kepada para penggunanya. Bukan hanya profil serta pesan otomatis saja, melainkan hadirnya fitur katalog. Bagi para pengusaha fasilitas tersebut sangat penting.

Dengan ini kamu dapat membagikan seluruh produk ke konsumen, misalnya ada barang baru cukup masukkan ke kategori lalu kirimkan. Hal ini bisa mempersingkat waktu serta arah marketnya lebih strategis.

  1. Adanya Short Link

Selain itu, penggunanya juga bisa menghubungkan website dengan menggunakan short link. Jadi, saat ada pelanggan bertanya mengenai produk, kirimkan link tersebut mereka akan langsung terhubung tanpa perlu basa-basi lagi.

Penggunaan short link di Whatsapp Business apk memang penting. Sebagai upaya dalam menjangkau konsumen lebih banyak, bahkan dapat dihubungkan juga ke beberapa media sosial, inilah bagian dari pelayanan.

Karena, pelanggan bisa mendapatkan pelayanan langsung hanya dengan satu kali klik. Tidak perlu menyimpan nomornya dulu baru menghubungi. Harus diakui chat melalui WA memang lebih nyaman dari medsos lainnya.

  1. Aman dan terpercaya

Sejak dulu memang aplikasi ini memberikan keamanan serta kenyamanan lebih kepada penggunanya. Salah satunya adalah pesan yang terenkripsi end-to-end. Jadi, pihak luar sulit untuk masuk kesana.

Bahkan melihat bagaimana history percakapan, kondisi itu juga terjadi kepada pihak whatsapp sendiri. Jika, sistem tersebut dirasa masih kurang, cobalah untuk menggunakan tambahan kunci dengan pin.

Kelemahan yang Harus Diperhatikan Pengguna

Walau banyak poin positif bisa didapatkan dari Whatsapp Business apk juga punya kekurangan yang harus dipahami. Bukan untuk menjatuhkan, sebagai upaya perlindungan serta kewaspadaan agar aman.

Harus diakui sekarang penjahat dunia maya sangat banyak bahkan, mereka sudah pintar dan mampu membobol apa saja. Satu poin yang harus menjadi perhatian adalah penyalahgunaan data pribadi.

👉 TRENDING:  Mulai Tahun 2021, HP Merk dan Tipe Ini Tidak Bisa Lagi Menggunakan Whatsapp!

Inilah alasannya mengapa kamu setidaknya mengaktifkan enkripsi end-to-end dan mengunci aplikasi tersebut. Usahakan jangan sampai ada beberapa orang tahu, langkah tersebut dapat meminimalisir kejahatan terutama penyalahgunaan akun.

Kekurangan lain dari Whatsapp Business apk adalah nama akun tidak dapat diubah. Apalagi kalau proses verifikasi sudah selesai dan kamu mendapatkan centang hijau. Maka, setelah mengunduh coba pikirkan dengan benar.

Apa nama terbaik untuk usaha tersebut. Jangan sampai ketika sudah ditengah jalan, harus ganti akibat satu dan lan hal. Karena, saat penggantian ini nomor semua informasi juga berubah termasuk verifikasinya.

Kalau sudah begini, perusahaan kamu tidak terlihat profesional terutama bagi pengusaha baru. Hal ini sebenarnya kecil hanya saja mampu menimbulkan masalah besar, maka pikirkan benar soal nama, jangan terburu-buru.

Cara Memanfaatkan WA Bisnis untuk Usaha

Setelah mengetahui bagaimana kelebihan serta kekurangannya. Saatnya kamu memaksimalkan penggunaannya untuk usaha, karena sudah banyak yang melakukannya dan terbukti berhasil mendapatkan keuntungan maksimal, maka manfaatkan semua fiturnya sejak sekarang.

Terutama pada balasan pesan otomatis, bagi pemula intensitas pesan masuk per hari maksimal 10 orang. Kondisi itu sebenarnya mudah dalam menjawab pesan, karena tidak membutuhkan waktu banyak.

Oleh karena itu, untuk pesan otomatis lebih baik diisi dengan pengenalan perusahaan secara singkat saja. Ilustrasinya seperti sebuah iklan di jalan, tidak terlalu banyak kata, langsung pada inti serta tujuannya.

Poin utamanya adalah orang mampu mengingat usaha kamu seperti apa. Jangan lupa berikan pemahaman bahwa tidak lama lagi pesan akan dibalas. Setelah 2 menit maksimal 5 menit baru balas.

Perlu diingat saat membalasnya jangan terlalu cepat, biarkan pelanggan selesa dulu membaca pesan otomatis kamu. Ketika, mereka belum selesai proses iklan sulit masuk karena, fokusnya sudah berbeda.

1.      Maksimalkan Layanan Survey ke Pelanggan

Whatsapp Business apk memungkinkan para pengusaha mengirimkan layanan survey. Hal ini sangat penting terutama bagi para pemula, ketika transaksi terjadi atau tidak, pengiriman komentar pelanggan tetap dilampirkan.

Hal ini bisa dijadikan strategi marketing dari testimoni para konsumen, sehingga orang lain semakin percaya terhadap produk kamu. Kamu transaksi terjadi, tidak ada salahnya kamu melakukan update lokasi.

Misalnya, produk sudah berangkat dari pool atau akan dikirim oleh pihak kurir dan lain sebagainya. Setelah itu tanyakan kepada mereka mengenai kualitas hingga pelayanannya, setelah itu manfaatkan fitur lainnya.

Dimana Whatsapp Business apk menyediakan labels untuk membagi konsumen ke dalam beberapa klasifikasi. Bagi menjadi dua yaitu puas serta tidak puas, usahakan membaca semuanya dan cobalah melakukan follow up.

2.      Kirim Pemberitahuan

Poin berikutnya adalah kirim semua bentuk pemberitahuan kepada konsumen, mula dari promo, gangguan hingga produk baru. Hanya saja, jangan terlalu sering, mereka pasti bosan mendapatkannya, setidaknya satu minggu sekali.

Tetapi, kalau pelanggan tersebut sudah memberikan penilaian positif terhadap usaha kamu dan selalu bersemangat dengan berbagai program baru. Tidak ada salahnya melakukan pengiriman setidaknya 2 hari sekali.

Whatsapp Business apk memberikan semua layanan terbaiknya bagi para pengusaha. Inilah alasan terbaik mengapa mereka mulai menggunakannya. Fasilitas yang diberikan memang sangat membantu, tetapi setiap pengguna wajib memahaminya.

Artinya kamu harus tahu dan mengerti dulu bagaimana cara memaksimalkannya. Karena, kalau tidak semua fitur itu hanya akan berlalu begitu saja, bahkan menjadi tidak penting sama sekali.

Untuk mempelajari ini semua sebenarnya tidak butuh waktu banyak. Cukup luangkan waktu 2 hari saja maksimal, maka kamu sudah dapat memakai Whatsapp Business apk sebagai upaya mengembangkan usaha.

👉 TRENDING:  Waduh! Karena Masalah Ini Facebook Dikabarkan Harus Melepas Whatsapp
whatsapp business apk -