Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi Taspen Otentikasi Terbaru
Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi Taspen Otentikasi Terbaru

Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi Taspen Otentikasi Terbaru

Aplikasi Taspen Otentikasi termasuk salah satu aplikasi yang bisa mempermudah para pensiunan untuk mengklaim dana pensiun. Sama dengan nama aplikasinya, aplikasi ini telah diciptakan untuk proses otentikasi dana pensiun saja.

Otentikasi disini berarti salah satu proses verifikasi seseorang apakah benar penerima dana pensiun ataukah bukan. Proses otentikasi ini termasuk salah satu hal yang sangat penting.

Terkait Kegunaan Aplikasi Taspen Otentikasi

taspen

Agar dana pensiun dapat tersampaikan ke yang berhak menerima dan tidak salah sasaran. Setiap pensiunan diwajibkan untuk bisa melakukan proses otentikasi terlebih dahulu sebelum bisa menerima dana pensiun.

Bagi kamu yang tidak dapat menarik uang pensiunan milik orang tua, maka ada beberapa orang tua belum melakukan otentikasi. Sementara itu, untuk otentikasi ini harus sesuai ketentuannya dan dilakukan tiap bulan sekali.

Jadi proses otentikasi ini dapat dilakukan hanya melalui aplikasi saja. Aplikasi ini langsung dibuat oleh PT TASPEN (PERSERO) dan sekarang dapat kamu install di perangkat.

Ada berbagai macam hal terkait aplikasi asuransi dan tabungan pensiunan ini yang harus diketahui lebih dalam. Di bawah ini sudah ada beberapa penjelasan yang bisa kamu ketahui.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi taspen otentikasi termasuk salah satu aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses otentikasi dana pensiun. Sementara itu, dalam proses otentikasinya sesuatu yang wajib dilakukan bila ingin mengklaim dana pensiun.

Aplikasi ini sudah lama diciptakan agar para pensiunan dapat melakukan otentikasi kapan saja dan dimana saja. Bahkan, hanya menggunakan smartphone sudah bisa melakukan hal tersebut.

Tentunya, aplikasi ini tertuju hanya untuk para pensiunan saja, terutama bagi pemilik pemula yang memasuki masa pensiun. Namun, bila pensiunan tersebut mempunyai kendala seperti tidak adanya smartphone ataupun kendala di dalam aplikasi.

Kamu bisa langsung datang ke Pos untuk memperoleh solusinya ataupun melakukan proses otentikasi disana. Biasanya, dalam memproses otentikasi menggunakan aplikasi taspen otentikasi ini akan diminta untuk menirukan 3 jenis gerakan yang akan diacak.

Apabila dalam prosesnya gagal, maka bisa langsung diberi kesempatan untuk mengulanginya lagi. Sampai proses tersebut berhasil, baru bisa mendapatkan dana tersebut.

Install Aplikasi Taspen untuk Android dan IOS

Bagi kamu yang masih bingung terkait bagaimana cara memperoleh aplikasinya. Pada dasarnya, aplikasi ini bisa langsung kamu install melalui play store bagi pengguna android maupun app store IOS.

Namun, agar lebih mempermudah penginstalan kamu, maka kami akan memberikan link downloadnya. Melalui beberapa link yang ada di bawah ini diharapkan bisa lebih mudah menjalankan aplikasi ini.

Untuk mendapatkan aplikasinya, kamu bisa langsung mencari aplikasi ini melalui play store atau bisa langsung dari link download aplikasi taspen dibawah ini.

Nama Aplikasi  Taspen
Ukuran File 20.13MB
Versi v1.6.4
Support Android 4.4+
Harga Free
Developer PT TASPEN (PERSERO)
Link Download For Android Taspen Android
Link Download For iOS / iPhone Taspen iOS / iPhone

Hal yang Diperhatikan Sebelum Melakukan Otentikasi

Saat kamu ingin menginstall aplikasinya, biasanya akan diminta untuk bisa memasukkan ke Notas terlebih dahulu. Selanjutnya, akan ada proses otentikasi bagi pemula yang baru pertama kali login aplikasinya.

Agar kamu bisa melakukan proses otentikasi ini tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini dimaksudkan agar proses dari otentikasi bisa berjalan dengan lancar dan tidak gagal.

Melakukan Enrolment di Kantor Cabang Taspen

Sebelum kamu menggunakan aplikasi taspen otentikasi untuk melakukan otentikasi. Pastikanlah terlebih dahulu bahwa pensiunan sudah melakukan enrolment. Perekaman data biometrik harus bisa dilakukan di kantor cabang. Kemudian, kamu baru bisa melakukan otentikasi melalui aplikasi ini kedepannya.

Lakukan di Ruangan yang Terang

Dikarenakan proses otentikasi ini akan mendeteksi wajah, maka kamu perlu tempat yang terang ataupun memiliki cukup cahaya. Hal ini harus dilakukan agar aplikasi dapat membaca dengan jelas wajah penggunanya.

Apalagi seringkali banyak keluhan proses aplikasi taspen otentikasi gagal. Hal ini menjadi salah satu penyebab adanya pencahayaan yang kurang saat melakukan otentikasi.

Pastikan Koneksi Berjalan Lancar

Selain itu, kamu harus mengusahakan koneksi internet yang dimiliki dapat berjalan secara lancar. Bahkan, ini juga memungkinkan kamu agar bisa langsung lolos dari proses otentikasi dengan mudah.

Sementara itu, proses aplikasi taspen otentikasi ini dapat dijalankan secara online sehingga akan ada data yang harus di upload ke developer. Hal ini tentunya akan memerlukan koneksi internet yang lancar.

Spesifikasi Handphone Mumpuni

Usahakan juga kamu sudah mempunyai kamera smartphone yang mumpuni. Hal ini karena kamera sangat dibutuhkan saat proses otentikasi nantinya. Jadi setidaknya kamera yang akan gunakan dapat menangkap cahaya secara baik, sehingga wajah terlihat dengan jelas.

Cara Melakukan Proses Otentikasi

Cara Melakukan Proses Otentikasi

Agar kamu bisa mencairkan dana pensiun, maka pensiunan tersebut harus melalui otentikasi terlebih dahulu. Proses otentikasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi taspen otentikasi seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Dalam melakukan proses otentikasi menggunakan aplikasi tabungan pensiunan, kamu bisa langsung mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Pertama, pastikan Aplikasi Tabungan Pensiun Otentikasi sudah terpasang di perangkat. Lalu aplikasinya dan pilih izinkan untuk setiap perizinan yang muncul.
  2. Kemudian, dilanjutkan masuk ke NOTAS (Nomor Taspen) di kolom yang tersedia dan Klik Otentikasi.
  3. Selanjutnya, hadapkan Handphone ke wajah pensiunan yang akan diotentikasi. Pastikan posisi dari wajah sudah masuk keseluruhan bingkai yang tersedia.
  4. Jika sudah berhasil, biasanya aplikasi taspen otentikasi akan meminta berbagai macam gerakan yang harus dilakukan. Langkah ini harus dilakukan dengan 3 gerakan yang diminta saat proses otentikasi hingga berhasil.
  5. Namun, bila gagal maka aplikasi akan meminta untuk mengulang proses otentikasinya lagi dari awal. Kemudian, aplikasi ini akan memproses update data. Jadi harus dipastikan kamu mempunyai koneksi yang lancar.
  6. Apabila proses otentikasi sudah berhasil maka sudah dapat keluar dari aplikasinya. Hal ini karena aplikasi memang hanya digunakan untuk proses otentikasi saja.
  7. Aplikasi ini juga bisa memberikan notifikasi berhasil atau tidaknya proses otentikasi dan informasi dari pensiunan. Jadi sangat berguna sekali untuk kamu yang ingin mendapatkan dana pensiun.

Penyebab Proses Otentikasi Dana Pensiun Gagal

Apabila proses otentikasi melalui aplikasi gagal dilakukan, maka terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi. Berikut ini penyebab aplikasi taspen otentikasi gagal mengambil dana pensiun.

Traffic Penggunaan Aplikasi Tinggi

Salah satu yang menjadi penyebab proses otentikasi gagal dilakukan. Hal ini karena traffic pengguna aplikasi tinggi. Jadi pasti akan banyak orang yang menggunakan aplikasi secara bersamaan. Sehingga server akan kesulitan dalam memproses data otentikasi.

Spesifikasi Smartphone Tidak Memadai

Selain itu, bila proses otentikasi gagal bisa jadi dikarenakan oleh spesifikasi smartphone. Di mana bisa digunakan tidak memenuhi persyaratan dari aplikasi taspen otentikasi. Jadi bagi pengguna Android minimal mempunyai OS 5.1 (Lollipop). Sedangkan, untuk pengguna IOS pasti mempunyai OS minimum versi 9.0.

Kamera perangkat yang akan digunakan untuk proses otentikasi sebaiknya mempunyai kapasitas sebesar 8 MP (Mega Pixel). Kemudian, bisa mengusahakan smartphone dengan memilih mikrofon yang bekerja dengan baik.

Sedang Ada Perbaikan

Penyebab lain dari proses otentikasi yang ada dalam aplikasi taspen otentikasi yakni kemungkinan aplikasi sedang dalam maintenance. Dengan begitu, kamu harus bisa melakukan kembali proses otentikasi sesudah perbaikan berhasil dilakukan.

Bagi kamu yang merasa kesulitan atau terdapat beberapa kendala dalam melakukan proses otentikasi melalui aplikasi tabungan pensiunan otentikasi. PT Taspen juga siap memberikan beberapa solusi, agar pensiunan bisa melakukan otentikasi di mitra bayar.

Ketentuan dari Otentikasi Dana Pensiun

Otentikasi Dana Pensiun

Dalam memproses aplikasi taspen otentikasi ini ada berbagai macam ketentuan yang berbeda-beda bagi setiap pensiunan dibagi dalam beberapa kelompok. Otentikasi ini harus dapat dilakukan secara berkala dengan melihat ketentuan, di bawah ini.

  1. Penerima dana Tunjangan Veteran dan Kehormatan harus melakukan otentikasi secara berkala setiap 1 bulan sekali. Kemudian, penerima Pensiun yang tidak mempunyai ahli waris tertunjang harus melakukan otentikasi secara berkala.
  2. Bagi Penerima Pensiun yang mempunyai ahli waris tertunjang harus melakukan otentikasi secara berkala sekitar 3 bulan sekali. Apabila pensiunan tidak melakukan otentikasi pada waktu yang ditentukan.
  3. Untuk pencairan dana pensiun biasanya akan diberhentikan selama 3 bulan. Jika pensiunan sudah meninggal, namun penerima dana pensiun tidak melaporkannya ke pihak yang berwenang.
  4. Maka pihak tabungan pensiunan akan menagih kelebihan bayar dari dana pensiun tersebut. Kemudian, bila proses otentikasi melalui aplikasi taspen otentikasi gagal.
  5. Alangkah baiknya pengguna mengecek spesifikasi Handphone. Selain itu, juga lihat tempat melakukan otentikasi, ataupun bisa melaporkannya ke pihak taspen.

Mengenal Visi dan Misi Taspen

TASPEN (PERSERO) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terkhusus menangani kesejahteraan seluruh aparatur sipil negara (ASN). Istilah Taspen sendiri termasuk penyingkatan dari Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri.

Pengertian asuransi berarti pertanggungan. aplikasi taspen otentikasi ini nantinya akan memberikan pertanggungan pada setiap ASN sesuai dengan kesepakatan polis. Mulai dari jaminan pensiun, asuransi kesehatan, serta jaminan lainnya.

Pada umumnya, seluruh pekerja memerlukan sebuah jaminan pensiun di hari tua. Sama halnya, pada masa-masa itu sudah tidak sekuat atau seproduktif sebelumnya.

Hanya dengan memilih pensiun maka seorang pekerja tidak akan memperoleh pemasukan tetap. Hal inilah yang akan menjadi momok dalam menjalani masa pensiun.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menikmati masa pensiun tidak hanya dengan dana pensiun. Kamu bisa juga memiliki asuransi kesehatan atau asuransi jiwa yang bisa dijadikan warisan.

Ketersediaan perhatian pemerintah dalam menyikapi hal ini, terutama kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), dengan memberikan jaminan kesejahteraan yang berbentuk tabungan serta asuransi. Di mana hal ini dapat dimanfaatkan selesai masa bakti alias saat kamu pensiun.

Wujud nyata dari langkah tersebut, yaitu pembentukan sebuah BUMN dengan nama aplikasi taspen otentikasi. Dengan visi sebagai lembaga pengelola dana pensiun dan tabungan hari tua yang terpercaya, turut didukung oleh program nasional.

Selain itu visi, PT. TASPEN (PERSERO) juga mempunyai misi sebagai salah satu lembaga penyedia kebutuhan pensiun kepegawaian sipil, dan bertekad dalam terus meningkatkan layanan kepada seluruh peserta. Situs resmi Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri bisa diakses dengan mengunjungi https://taspen.co.id.

Produk dari PT. TASPEN (PERSERO)

Produk taspen

Ada empat produk utama yang akan diberikan PT. TASPEN (PERSERO) kepada para pegawai negeri sipil yang sudah pensiun. Berikut ini beberapa produk aplikasi taspen otentikasi, yaitu jaminan kecelakaan kerja, tabungan Hari Tua, program Pensiun, dan program Jaminan Kematian.

Jaminan Kecelakaan Kerja

Dikenal dengan istilah JKK, jaminan ini mampu memberikan jaminan untuk peserta atas semua jenis musibah yang berhubungan dengan penyakit akibat pekerjaan dan kecelakaan saat sedang bekerja.

Iuran program ini merupakan Gaji Pegawai x 0,24%, yang dibayarkan tiap bulan dan ditanggung oleh pemberi kerja. Jadi kamu berhak memperoleh JKK jika termasuk di keempat kelompok kepegawaian berikut, yakni:

Pejabat negara dan anggota DPRD. PNS dan calon PNS, terkecuali di Kementerian Pertahanan dan Keamanan. Bahkan, pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Bentuk dari manfaat yang diperoleh dari JKK merupakan perawatan lengkap di rumah sakit secara umum.

Biasanya pemeriksaan mendasar disertai perawatan intensif dan rawat inap, obat-obatan serta medis dokter. Namun, harus melakukan proses download aplikasi taspen otentikasi terlebih dahulu.

Santunan Beasiswa

Selain berbentuk perawatan, ternyata ada santunan juga mulai dari cacat akibat kematian, kecelakaan, biaya pemakaman, serta uang duka. Santunan ini termasuk salah satu pemberian bantuan beasiswa yang dapat digunakan untuk anak pensiunan.

Satu lagi yang bisa menjadi bagian dari JKK termasuk tunjangan cacat. Hal ini terkhususkan untuk pegawai yang mengalami kecacatan permanen.

Bahkan, akan mempersulit dirinya dalam melanjutkan pekerjaan, pegawai dikenai PHK dengan hormat, dan PPPK yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Mengenai pelaporannya yang bisa dilakukan saat pegawai mengalami kecelakaan kerja.

Kerabat kamu yang bisa mewakili dalam melaporkan kecelakaan kepada aplikasi taspen otentikasi paling lambat sekitar 3×24 jam. Sebaiknya, harus menyertai Formulir Kecelakaan Kerja Tahap I dengan tembusan dari kepala instansi tempatmu bekerja.

Setelah itu, kamu baru bisa berhasil mendapatkan surat keterangan dari dokter yang menangani. Sementara itu, kerabatmu wajib sekali melaporkannya kembali menggunakan Laporan Kecelakaan Tahap II kepada PT. TASPEN (PERSERO).

Selanjutnya, bila peserta sudah pulih dari cedera, dan berakhir dengan kematian, atau mengalami kecacatan sebagian/total. Maka, kerabatmu juga tetap berkewajiban dalam menyampaikan laporan ini kepada PT. TASPEN (PERSERO) melalui Laporan Kecelakaan Kerja Tahap II.

Tabungan Hari Tua

Program dari Tabungan Hari Tua atau THT ini merupakan salah satu bagian dari asuransi yang akan diberikan oleh aplikasi taspen otentikasi. Hal ini berkaitan dengan usia pensiun dan asuransi kematian.

Program dari asuransi ini bernama Asuransi dwiguna. Di mana Asuransi Dwiguna akan memberikan jaminan keuangan kepada kamu yang sudah berhenti bekerja. Hal ini diakibatkan karena pensiun dan kepada ahli waris. Jadi bisa dapat bila kamu meninggal sebelum memasuki usia pensiun.

Iuran ini harus langsung dilunasi setiap bulan sejumlah Penghasilan Bulanan (gaji pegawai+tunjangan keluarga) x 3,25%. Peserta aplikasi taspen otentikasi akan diwajibkan untuk memberikan data pribadi dan keluarga serta melaporkan bila terjadi perubahan gaji.

Asuransi Kematian

Selain adanya Asuransi Dwiguna, terdapat juga asuransi kematian. Hal ini dikhususkan bagi orang yang ikut serta dalam asuransi kematian ini. Peserta tidak akan langsung dikenakan iuran apa pun. Terdapat dua keadaan terkait asuransi kematian, yakni:

  • Adanya jaminan keuangan yang akan diberikan kepadamu, dimana harus memiliki suami/isteri/anak mengalami kematian. Dalam hal tersebut, usia anakmu maksimal 21 tahun atau 25 tahun bila masih bersekolah dan belum menikah.
  • Ahli waris akan memperoleh jaminan keuangan bila kamu mengalami kematian. Jadi anaklah yang akan mendapatkan jaminan tersebut.

Syarat Mengikuti Program THT

Program THT taspen

Bagi kamu yang mengikuti program THT ini, sebenarnya ada beberapa syarat. Di bawah ini syarat agar bisa mengikuti program THT.

  1. Termasuk seorang pejabat negara. PNS, kecuali dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan.
  2. Salah satu pegawai BUMN dan BUMD yang sudah terdaftar secara resmi. Namun, sebelum kamu memperoleh hak THT, maka harus memenuhi persyaratan pengurusan hak peserta.

Persyaratan yang biasanya harus dipenuhi, alangkah baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada aplikasi taspen otentikasi. Hal ini dilakukan untuk memperoleh informasi lebih lengkap sesuai kondisi calon peserta.

Biasanya, program ini dianggap sebagai inti dari solusi atas rasa takut yang dirasakan para pekerja telah pensiun. Sebagai salah satu jaminan kesejahteraan di hari tua, melalui Program ini, berupaya untuk memberikan penghasilan secara konstan.

Dengan begini, meski telah pensiun dan tidak bekerja, maka pendapatan bulanan tetap dikirim ke rekening tabunganmu. Kamu bisa mengikuti Program Pensiun jika menjadi salah satu orang di bawah ini.

  1. Pejabat negara, hakim, PNS pusat dan daerah otonom. Anggota ABRI yang sudah diberhentikan dengan hak pensiun sebelum tahun 1989.
  2. Pensiunan PNS Departemen Perhubungan di bawah PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) dan PNS Perusahaan Jawatan Pegadaian Departemen Keuangan. Termasuk Penerima Tunjangan Perintis Kemerdekaan, Veteran dan Dana Kehormatan.

Apabila kamu salah satu peserta Program aplikasi taspen otentikasi ini, maka wajib untuk melunasi segala macam iuran bulanan. Termasuk sejumlah pendapatan Bulanan (gaji pegawai+tunjangan isteri dan tunjangan anak) x 4,75%.

Selain itu, kamu juga harus bisa melaporkan bila ada perubahan data pribadi dan keluarga. Di sisi lainnya, pihak penerima dana pensiun juga akan diwajibkan melaporkan bila ada perubahan data pribadi.

Jadi senantiasa harus bisa membaharui laporan tiap waktu-waktu tertentu. Di bawah ini sudah ada beberapa penjelasan yang bisa diketahui lebih dalam.

  1. Setiap satu bulan khusus penerima tunjangan veteran dan dan kehormatan. Setiap dua bulan khusus penerima pensiun yang tidak mempunyai tunjangan keluarga.
  2. Setiap tiga bulan khusus penerima pensiun yang masih mempunyai tunjangan keluarga. Ketiga ini harus bisa diperbaharui lebih dalam untuk mendapatkan dana pensiun.

Mengenal Program Jaminan Kematian

Produk aplikasi taspen otentikasi yang selanjutnya berupa Program Jaminan Kematian atau JKM. JKM termasuk salah satu program perlindungan berupa santunan untuk keluarga.

Jadi apabila kamu sebagai peserta mengalami kematian, namun hal tersebut kematian bukan akibat pekerjaan. Maka kamu berhak mengikuti Program Jaminan Kematian jika seperti di bawah ini.

  1. Pejabat negara dan anggota DPRD. Sebagai caleg dan PNS, terkecuali di Kementerian Pertahanan dan Keamanan.
  2. Sebagai pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jadi hak kamu untuk dapat menjadi peserta JKM harus dibarengi dengan pemenuhan kewajiban utama.

Di mana kamu harus bisa melaporkan data pribadi dan keluarga terkini, bila ada perubahan pada Aplikasi ini. Pelaporan data ini memang harus bisa mendapatkan tembusan dari kepala instansi tempatmu bekerja.

Terkait pembayaran dari iuran sendiri akan dikenakan kepada pemberi kerja sejumlah Gaji Pegawai x 0,3% yang memang harus dilunasi tiap bulan. Pengajuan klaim terkait Program Jaminan Kematian ini hanya dapat dilakukan oleh ahli waris.

Hal ini dilakukan untuk bisa memperoleh beberapa manfaat santunan meninggal dunia yang diberikan mulai dari uang duka hingga biaya pemakaman. Ahli waris ini juga akan memperoleh manfaat asuransi pendidikan berupa beasiswa.

Keunggulan dan Jenis-jenis Layanan LKO

Saat ini, para peserta aplikasi taspen otentikasi akan dimudahkan dengan kehadiran Layanan Klim Otomatis (LKO). Di mana sistem LKO aman mengintegrasikan data di kantor pusat ke dalam 57 kantor cabang dan instansi terkait.

Proses dari integrasi ini berguna sekali untuk memudahkan penyediaan data persyaratan di dalam proses pengurusan. Sementara itu, LKO juga akan memberikan pembayaran hak kepada penerima jaminan sosial yang dilakukan secara cepat.

Layanan dari klaim melalui aplikasi taspen otentikasi akan diproses sampai selesai dalam waktu paling lama satu jam. Jadi bisa dimulai dari pemberian nomor antri sampai pelunasan pembayaran secara tunai.

Dengan begini, diharapkan tidak ada lagi penerima dari pensiun yang akan terlambat mendapatkan haknya. Jadi kamu tidak perlu cemas akan dana yang tertunda.

Umumnya, terdapat beberapa hal yang akan diurus oleh LKO. Hak-hak tersebut berupa, Tabungan Hari Tua (THT), Pensiun pertama, Asuransi, kematian, serta Uang duka. Program pensiun dicanangkan pemerintah melalui aplikasi taspen otentikasi.

Hal ini diharapkan bisa menjadi solusi yang tepat dalam menjamin kesejahteraan para aparatur sipil negara baik telah pensiun atau meninggal. Pencanangan ini harus bida sejalan dengan makna di balik logo PT. TASPEN (PERSERO).

Di mana makna tersebut akan memberikan asuransi dan perlindungan kepada keluarga pegawai negeri. Selain itu, untuk perkembangan dan kemajuan keluarga di wawasan Nusantara.

Terdapat banyak sekali alasan yang dapat membuat proses aplikasi taspen otentikasi gagal. Salah satunya karena sering terjadi pesan berikut “koneksi ke server bank/pos sedang sibuk”.

Di mana memiliki kode error 14 atau 68. Apabila hal ini terjadi, maka pada saat itu beban kerja server sedang tinggi. Jadi transaksi menggunakan aplikasi Taspen tidak dapat dilakukan.

Solusinya, kamu harus bisa menunggu sampai koneksi aplikasi ke server berjalan lancar kembali. Apabila hal ini terus berlanjut, maka Kami wajib menghubungi call center aplikasi taspen otentikasi ke nomor (021) 424 1808 atau email ke taspen@taspen.co.id.

Lama Pencairan Dana Tabungan Pensiun

Apabila klaim yang kamu ajukan telah memenuhi syarat, maka proses administrasi klaim tunai bisa saja berlangsung sekitar 60 menit (1 jam). Untuk proses klaim sendiri menggunakan metode pembayaran transfer maksimal berlaku selama 2×24 jam.

Sementara itu, untuk melakukan aplikasi taspen otentikasi harus berkala. Hal ini dilakukan karena bergantung pada kriteria penerima pensiun.

Bagi Penerima Tunjangan Veteran dan Dana Kehormatan maka biasanya dilakukan satu bulan sekali. Namun, untuk penerima pensiun yang tidak memiliki ahli waris tertunjang otentikasi akan dilakukan dua bulan sekali.

Sementara itu, untuk penerima pensiun yang masih memiliki ahli waris tertunjang otentikasi. Maka biasanya akan dilakukan tiap tiga bulan sekali. Jadi hal ini harus disesuaikan dengan UU Nomor 11 tahun 1969, setiap warga sipil yang diangkat menjadi PNS secara otomatis menjadi peserta aplikasi taspen otentikasi.

Hal ini berarti PNS akan berhak untuk memperoleh dana pensiun. Dana pensiun berasal dari Usaha Perasuransian yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah RI. Ketentuan dari proses otentikasi Tabungan Asuransi dan Pensiun yang ada diatas harus dipenuhi seluruhnya.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penundaan untuk pencairan dana ataupun beberapa hal yang tidak diinginkan. Jadi kamu harus bisa memastikan semuanya sudah berjalan dengan tepat. Sementara itu, kamu jangan lupa untuk mendownload aplikasi taspen otentikasi. Hal ini karena tanpa aplikasi dana kamu tidak bisa dicairkan.