Spesifikasi ViVo X70 Pro, Rajanya HP Kamera Gimbal Zeiss
Spesifikasi ViVo X70 Pro, Rajanya HP Kamera Gimbal Zeiss

Spesifikasi ViVo X70 Pro, Rajanya HP Kamera Gimbal Zeiss

Produk Vivo X70 Pro masih terpajang paling depan di etalase pertokoan ponsel atau konter. Seri X sejak awal diluncurkan memang selalu berhasil memikat calon konsumen. Fokusnya pada keunggulan kamera merupakan jawaban trend masyarakat sekarang.

Kamu mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang tergiur dengan lensa unggul Vivo. Sebab diklaim mampu menghasilkan gambar jernih beresolusi tinggi. Selain itu, pengambilan video juga didukung teknologi yang mampu menstabilkan getaran.

Spesifikasi Vivo X70 Pro

Spesifikasi Vivo X70 Pro

Vivo kembali memanjakan penggemarnya dengan menghadirkan layar ultrawide amoled. Teknologi layar yang mampu menampilkan satu miliar warna. Sehingga gambar tersajikan dengan jernih dan beresolusi besar. Hal ini membuat hp Vivo berkelas.

Body dan Display

fitur display vivo_X70_pro

Penggunaan layar amoled juga meningkatkan sensitivitas respon serta refresh rate. Kamu akan merasakan betapa halus dan cepatnya saat layar disentuh dengan jari. Tidak ada lagi cerita layar tersendat saat kamu menggunakan Vivo seri ini.

Sementara untuk body, produk terbaru Vivo ini dirancang dalam ukuran 6,5 inch. Sangat mendukung kamu yang terbiasa menikmati film atau bermain game di handphone. Meski tergolong berukuran besar, namun masih nyaman dalam genggaman.

Handphone Vivo X70 Pro tersedia dalam 3 pilihan warna. Bagi kamu yang ingin tampil lebih trendi dan lembut bisa memilih warna aurora down. Sementara untuk kesan cool tersedia warna cosmic black. Ada juga warna white yang menghadirkan kesan berkelas.

Body smartphone generasi lanjutan ini dilapisi hydrogel. Sehingga lebih aman dari goresan maupun benturan ringan. Namun demikian, kamu disarankan tetap menggunakan pelindung untuk menjaga stabilnya komponen bagian dalam.

Ketahanan Baterai HP Vivo X70 Pro

vivo_official

Keunggulan teknologi layar HP ini ternyata juga didukung ketahanan baterai cukup memadahi. Meski secara angka tergolong kecil jika dibandingkan smartphone sekelasnya, yakni 4.450 mAh. Namun kinerjanya tidak kalah dari kapasitas lebih besar.

Apalagi baterai Vivo X70 Pro dilengkapi fitur fast charging 44 W. Jauh melampaui fitur kecepatan mengisi baterai yang biasanya berada di kisaran 18 sampai 20 W. Hasilnya, kamu bebas melakukan aktivitas apapun cukup dengan pengisian baterai dalam waktu singkat.

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, dalam waktu 30 menit berhasil terisi daya sebesar 64 persen. Selanjutnya hanya memerlukan sedikit waktu untuk smartphone terisi full. Namun, untuk menjaga kualitas baterai sebaiknya isi sampai 80 persen saja.

Fitur Vivo X70 Pro tersebut cocok digunakan para pekerja yang tidak memiliki banyak waktu. Namun harus mengerjakan berbagai project melalui handphone. Vivo seri X70 Pro menjadi jawaban agar kamu tidak dimarahi atasan atau kehilangan peluang karena baterai lowbat.

Adapun secara material, baterainya menggunakan Li-Po (Lithium Polymer) non-removable. Membuatnya lebih tahan lama dan tidak cepat panas. Kamu bisa menggunakan smartphone ini dalam jangka waktu lebih panjang.

Kapasitas Memory HP Vivo X70 Pro

memori Vivo_X70

Besar atau tidaknya ruang penyimpanan menjadi pertimbangan penting sebelum membeli smartphone. Sebab saat ini gadget adalah media utama yang digunakan untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi. Bukan hanya pekerja, namun juga anak sekolah.

Vivo X70 Pro menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan memori internal yang beragam. Kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa pilihannya, yaitu 128 GB ROM/8 GB RAM, 256 GB ROM/12 GB RAM, 256 GB ROM/16 GB RAM.

Sebagai contoh, apabila kamu membeli Vivo seri X70 Pro dengan memori RAM 8 GB akan memperoleh beberapa keuntungan. Seperti, multitasking dengan baik, main game tanpa lag, cukup untuk mendownload aplikasi berkapasitas besar, performa ringan, dan lainnya.

Bisa kamu bayangkan, kapasitas terendah Vivo X70 Pro saja mampu memberikan banyak performa terbaik. Apalagi jika kamu memilih internal memory lebih tinggi. Cocok untuk melengkapi kebutuhan kerja, seperti keperluan menyimpan ratusan file dokumen.

Kapasitas memori internal yang besar tersebut mungkin menjadi alasan Vivo tidak menyematkan slot memori eksternal. Maka dari itu, apabila kamu merasakan membutuhkan banyak ruang. Langsung saja pilih RAM dengan kapasitas terbesar.

Teknologi Kamera HP Vivo X70 Pro

Teknologi Kamera HP Vivo X70 Pro

Kamera menjadi fitur paling diunggulkan produk Vivo seri X70 Pro. Kabarnya merupakan upgrade dari teknologi terbaik yang telah disematkan pada series sebelumnya, Vivo X60 Pro. Sehingga sudah pasti gambar yang dihasilkan berkualitas lebih baik dari pendahulu.

Smartphone ini telah bekerjasama dengan pabrikan lensa ternama asal Jerman, yakni Zeiss. Keunggulannya, Zeiss T* Coating mampu menghadirkan efek flare, mengurangi pemantulan cahaya, ghosting, sampai stray light saat pengambilan foto dan video.

Hasil gambarmu akan terlihat jernih dan beresolusi tinggi layaknya jepretan profesional. Fitur ini sangat membantu kamu yang aktif sebagai content creator. Kamu bisa menciptakan video berkualitas HD yang nyaman untuk ditonton.

Selain itu, Vivo X70 Pro juga menambahkan beragam mode khas lensa klasik Zeiss, yakni sonnar, biotar, planar, dan distagon. Artinya, dengan memiliki smartphone ini kamu ibarat juga membeli kamera berlensa ternama. Sangat menguntungkan, bukan?

Vivo seri X70 Pro dibekali kamera belakang yang terdiri dari, kamera utama beresolusi 50 MP, kamera ultawide dengan resolusi 12 MP, kamera potrait 12 MP yang dapat di zoom optis 2X, serta kamera telephoto beresolusi 8 MP. Hasilnya tentu sangat memuaskan.

Sementara bagian depan menawarkan selfie kamera dengan resolusi 32 MP. Bisa kamu tebak bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan? Jernih dan berwarna tajam. Kamu akan ketagihan mengambil foto selfie. Tidak perlu lagi filter tambahan.

Tipe Jaringan

Jaringan handphone tidak kalah penting dari berbagai fitur lainnya. Bahkan menjadi tonggak utama seberapa cepat koneksi bisa berjalan. Hal ini berpengaruh terhadap kenyamananmu saat mengakses internet untuk menonton, browsing, atau lainnya.

👉 TRENDING:  Spesifikasi HP 415 Ink Tank Series

Kamu tidak perlu khawatir apabila menggunakan Vivo X70 Pro. Smartphone yang tergolong baru dirilis ini mengusung tipe jaringan 5G. Generasi lanjutan yang menjanjikan beragam keuntungan bagi pemakaiannya. Belum banyak smartphone 5G.

Beberapa kelebihan apabila kamu memakai Vivo seri X70 Pro berjaringan 5G, di antaranya koneksi internet 10 kali lebih cepat daripada 4G, yakni 10 Gbps. Kemudian, lebih banyak perangkat bisa terhubung, dan latensi (jeda waktu mengirim data) rendah 1 milidetik.

Vivo X70 Pro tampaknya sangat membantu pelajar yang membutuhkan koneksi internet tinggi. Misal, untuk kebutuhan searching pelajaran atau melakukan kelas online dengan Zoom. Kegiatan tersebut tentu memerlukan handphone yang jaringannya memadahi.

Namun sayangnya, fungsi 5G pada smartphone ini belum bisa digunakan pada semua daerah di Indonesia. Hanya kota-kota besar yang sudah difasilitasi. Namun pemerintah telah berjanji melakukan percepatan peningkatan jaringan, sehingga semua merasakan.

Sebagai gantinya, kamu masih bisa merasakan kecepatan koneksi dengan fitur 4G. Smartphone ini menyediakan jaringan generasi ke dua, tiga, dan empat. Masing-masing memiliki kualitas koneksi yang mendukung kecepatan akses internet dan telpon.

Platform HP Vivo X70 Pro

Tidak heran jika kinerja Vivo seri ini tergolong mengagumkan. Sebab didapurnya mengusung chipset MediaTek Dimensity 1200. Sehingga handphone kamu mampu meningkatkan kinerja AI untuk memproses gambar dengan 40 kali lebih cepat.

Penggunaan chipset tersebut juga dinilai mampu 10 kali lebih hemat daya. Sehingga, setelah proses charging yang cepat, kamu bisa menggunakan handphone untuk waktu lebih lama. Meskipun aktivitas yang dijalankan multitasking.

Vivo X70 Pro sebelumnya juga telah melakukan analisis kecepatan kinerja produknya melalui platform benchmark. Hasilnya, diperoleh skor Atuntu V9 dengan poin lebih dari 720.000 poin. Skor yang tergolong tinggi dalam segmen smartphone kelas flagship.

Nilai tersebut bahkan juga melampaui skor snapdragon sebesar 700.000. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu yang biasanya masih bingung memilih chipset MediTek atau Snapdragon.

Chipset Vivo seri ini dibuat melalui fabrikasi 6nm yang dibekali teknologi open architecture. Selain itu, CPU-nya terdiri dari 8 inti prosesor atau octa core untuk menunjang kecepatan kinerja smartphone.

Sementara untuk sistem OS, smartphone ini menggunakan Android 11 OriginOs 1.0. Sehingga kamu akan merasakan beragam manfaat seperti kemudahan pengontrol media, hemat baterai, perizinan lebih ketat, voice access tinggi, dan masih banyak lagi.

Teknologi Transfer Data HP Vivo X70 Pro

Selanjutnya mari melihat fitur transfer data yang dimiliki HP ini. Fitur ini berguna saat kamu ingin berbagi data dengan perangkat lain. Sama seperti smartphone flasghip pada umumnya yang menggunakan bluetooth 5.2. dengan performa cukup baik.

Selain itu, ada juga fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat melakukan transfer data dengan jarak 10 cm. Kegunaan lain dari fitur NFC di antaranya, berbagi koneksi WiFi, berbagi data antar Android Beam, menghubungkan speaker bluetooth.

Adapun jaringan penghubung akses internet, Vivo seri X70 Pro menggunakan WLAN WiFi 802.11. Membuatnya lebih cepat dan stabil dalam mengkoneksikan jaringan. Kamu bisa menikmati akses internet kencang karena sinyal yang tertangkap cukup bagus.

Masukan daya Vivo X70 Pro berupa USB type-C 2.0. Jenis port usb terbaru yang mulai banyak digunakan smartphone berkelas. Kelebihan usb ini adalah pengisian baterai dan transfer data menjadi lebih cepat. Kemudian secara fisik, desainnya cukup reversible.

Konektor USB tipe ini juga kompatibel dengan semua perangkat komputer maupun laptop. Sehingga kamu bebas mentransfer data tanpa takut tidak terhubung. Jumlah penggunaannya yang masih terbatas membuat chargermu minim dipinjam orang lain.

Terkait transfer data lokasi, produk terbaru Vivo ini dibekali GPS dual band. Memiliki tingkat keakuratan tinggi dalam menampilkan lokasi keberadaanmu. Serta dilengkapi fitur share yang bisa kamu gunakan jika ingin berbagai lokasi dengan perangkat lain.

Tipe Audio

Smarthphone ini tampaknya tidak memfokuskan keunggulan produknya pada fitur audio. Terlihat dari tipe speaker yang terpasang cukup standar. Sehingga kamu hanya akan memperoleh kualitas audio seperti yang terpasang dalam handphone pada umumnya.

Selain itu, kamu tidak akan menemukan jack audio 3,5 mm yang biasanya tersedia pada smartphone. Vivo seri ini tidak tahu mengapa hanya membekali speaker mono. Hal ini mungkin kurang nyaman bagi kamu yang ingin menghubungkan earphone.

Jika kebutuhan speakermu juga standar. Artinya, masih bisa telephone, atau aktivitas audio lainnya tanpa perlu speaker. Maka, Vivo X70 Pro ini masih bisa dipertimbangkan untuk membelinya.

Sebaliknya, penggunaan handphone ini untuk gamer yang terbiasa menghubungkan earphone tidak begitu direkomendasikan. Kecuali kamu lebih mempertimbangkan ketahanan baterai dan kapasitas RAM-nya yang cukup besar.

Fitur Pendukung HP Vivo X70 Pro

fitur pendukung vivo_x70_pro

Ada beberapa fitur tambahan yang memang menjadi bawaan smarthphoe ini. Apabila dilihat memang tidak terlalu istimewa, sebab serupa dengan dimiliki smartphone pada umumnya, yakni:

Kecanggihan Sensor

Vivo X70 Pro menawarkan sensor sidik jari sebagai keamanan smartphonemu. Sehingga hanya kamu yang bisa membukanya. Hal ini untuk menjaga privasi dan mengamankan apabila terjadi kehilangan. Penemu akan kesulitan membukanya.

Kamu hanya cukup merekam sidik jarimu, dan mengubah pengaturan sandi menjadi finger print lock. Maka otomatis, segala aktivitas hanya bisa di akses oleh dirimu seorang.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki sensor pengenalan wajah yang fungsinya sama dengan sidik jari. Artinya, hanya apabila wajahmu terdeteksi oleh kamera handphone, maka keamanan bisa terbuka. Jika tidak, maka siapapun tidak bisa mengaksesnya.

Layanan Pesan

Semua smartphone sepertinya memiliki layanan pesan bawaan. Pada Vivo X70 Pro ini kamu dibekali beberapa jenis, email, push email, sms, mms, dan IM. Bagi sebagian orang fitur ini mungkin kurang begitu berarti. Sebab tergantikan fitur chatting seperti WhatssApp.

Namun, pada kondisi tertentu layanan pesan bawaan tetap saja dibutuhkan. Misal, mendaftarkan kartu SIM hanya bisa dilakukan melalui layanan SMS. Beberapa file biasanya juga lebih menggunakan email untuk lebih formal.

Fitur Browser

Mengakses internet tentu menjadi kebutuhan setiap orang. Maka dari itu, smartphone ini menyediakan fitur tersebut. Kamu bisa menggunakan layanan Chrome dengan standar HTML 5 untuk mencari berbagai macam informasi.

👉 TRENDING:  Samsung Galaxy S20 Plus Harga dan Spesifikasinya

Layanan browser ini kemudian berpadu dengan tipe jaringan 5G yang kencang. Serta difasilitasi dapur pacu yang cukup kuat. Hasilnya, tidak akan kamu rasakan loading lama saat mencari informasi di internet maupun mendownload aplikasi ukuran besar.

Harga Terbaru HP Vivo X70 Pro

harga hp vivo X70 Pro

Cek Harga Promo dan Gratis Ongkir!

Smarthphone ini diumumkan launching oleh pihak vendor pada 9 September 2021 lalu. Kemudian resmi diluncurkan ke pasaran pada tanggal 17 September 2021. Smartphone ini disebutkan menjadi generasi selanjutnya dari Vivo X60 Pro.

Seri X merupakan seri flagship dari Vivo. Artinya, setiap produknya merupakan unggulan dengan spesifikasi terbaik. Mulai dari adopsi teknologi canggih, penggunaan prosesor terbaik, RAM berkapasitas memadahi, sampai sensor kamera berkualitas.

Vivo X70 Pro yang pertama kali diluncurkan adalah Vivo X50 dan X50 Pro. Sejak awal nilai jual seri X adalah keunggulan kamera. Tidak heran jika generasi berikutnya selalu perbaikan dalam hal lensa. Sampai pada VivoX70Pro yang mengusung lensa zeiss.

Tidak berhenti disitu, kamera smartphone ini juga didukung oleh Gimbal Stabilization generasi 3.0. Fungsi untuk meminimalisir pergerakan atau guncangan saat pengambilan gambar. Hasilnya, foto maupun video menjadi lebih fokus.

Melihat berbagai keunggulan yang ditawarkan, tidak heran jika smartphone ini dibanderol dengan harga cukup tinggi di pasaran. Saat ini masih berada di kisaran Rp 10-11 juta. Sepertinya masih sedikit yang menyediakan dalan bentuk second untuk memperoleh harga kurang. Namun, tetap saja bisa dinilai produk Vivo ini worth it.

Kekurangan HP Vivo X70 Pro

kekurangan Hp vivo X70 PRo
Dibawah ini adalah daftar kekurangan dari Vivo X70 Pro yang dirilis pada 7 Oktober lalu (foto: Vivo)

Seri X Vivo ini memang memiliki banyak sekali keunggulan. Namun, tetap saja terdapat celah kelemahannya. Mungkin hal ini dikarenakan memang tidak menyasar segmen pasar tersebut. Berikut beberapa kekurangan yang mungkin kamu jadi pertimbangan.

  1. Speaker Masih Mono

Smartphone kelas flagship seharusnya sudah dibekali speaker stereo. Sehingga dapat digunakan bersama earphone. Sebab sekarang banyak orang yang lebih suka mendengarkan melalui cara ini untuk kebutuhan gaming atau mendengarkan audio.

Sementara Vivo X70 Pro hanya menggunakan speaker mono dengan tidak menyematkan jack 3.5m pada body-nya. Audio yang dihasilkan memang cukup kencang, namun kurang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Tidak Mendukung Pengisian Nirkabel

Apabila dilihat di pasaran, smartphone dikelas harga yang sama telah mengusung teknologi nirkabel untuk pengisian daya. Kamu tidak perlu mencolokkan kabel panjang ke socket listrik. Melainkan pertukaran elektromagnetik hp dengan indikator datar.

Teknologi pengisian daya tersebut tidak dimiliki Vivo X70 Pro. Kamu masih harus mengisi daya baterai menggunakan kabel. Cara ini masih meembuat kamu bergantung pada socket listik. Padahal bisa saja baterai lowbat tidak tahu tempat.

  1. Belum Bersertifikat Tahan Air dan Debu

Sangat disayangkan smartphone dengan harga di atas Rp 10 juta belum mempunyai sertifikasi tahan air. Padahal banyak calon konsumen yang memburu fitu tersebut. Apalagi smartphone di kelas harga yang sama sudah berlomba untuk menggunakannya.

Fitur tahan air dan debu cukup menjadi trend di kalangan remaja. Mereka menggunakannya untuk berfoto under water serta tidak takut dengan ancaman hujan. Bahkan, smartphone di bawah Rp 10 juta sudah banyak yang menyematkannya.

  1. Sensitivitas Layar Kurang Konsisten

Layar amoled dengan sensitivitas sampai 120 Hz merupakan spesifikasi yang diunggulkan. Namun, pada beberapa percobaan, kinerjanya kurang konsisten. Animasi yang ditampilkan dalam beberapa detik terasa kurang mulus.

Seharusnya Vivo seri X ini memaksimalkan keunggulan tersebut. Mengingat ada beberapa fitur dengan daya tarik tinggi yang tidak diusung di dalamnya. Sebagaimana sudah dijelaskan di atas.

Perbandingan Vivo X70 Pro dengan Vivo X60 Pro

Perbandingan Vivo X70 Pro dengan Vivo X60 Pro

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa smarthphone menjadi generasi pelengkap fitur sebelumnya. Namun benarkah demikian? Atau justru penambahan fitur belum signifikan sehingga generasi sebelumnya masih layak untuk dipertimbangkan?

Harga Vivo X60 pro di pasaran saat ini berada di rentang harga Rp 6-7 juta. Selisih cukup jauh dengan Vivo X70 Pro. Selanjutnya mari dibandingkan spesifikasinya.

  1. Perbandingan Body dan Display

Dua smartphone seri X ini ternyata sama-sama memiliki ukuran sebesar 6,5 inch. Sepertinya memang menjadi standar seri ini. Sebab jika dilihat keluaran pertama (Vivo X50 Pro) juga memiliki besar yang sama. Ukuran tersebut dinilai cukup proporsional.

Selanjutnya, jenis layar yang digunakan juga tipe amoled. Namun pada seri X60 Pro, sensitivitas hanya sampai pada angka 90 Hz. Sementara generasi X70 Pro mencapai 120 Hz. Terlihat peningkatan fitur yang cukup signifikan pada kelembutan layar.

Sementara untuk pilihan warna yang tersedia, smartphone ini memang lebih unggul. Sebab generasi sebelumnya hanya menyediakan dua pilihan, yakni shimmer blue dan midnight black.

  1. Perbandingan Kapasitas Baterai

Peningkatan kualitas baterai sepertinya dilakukan tidak cukup signifikan. Sebab kapasitas sebelumnya sebesar 4315 mAh. Kemudian diupgrade menjadi 4.450 mAh. Padahal, smartphone di segmen sama rata-rata minimal kapasitas baterai 5000 mAh.

Apabila kamu mencari penambahan kapasitas baterai yang memadahi, smartphone ini tampaknya bukan jawaban. Namun, kedua produk didukung oleh teknologi fast charging. Vivo X60 Pro dapat terisi 57 persen dalam waktu 30 menit melalui daya 33 watt.

  1. Perbandingan Kuota RAM Internal

Selanjutnya perbandingan RAM antara kedua juga tidak jauh berbeda. Peningkatan hanya terjadi dengan menambahkan pilihan kapasitas RAM sebesar 16 GB. Sementara Vivo X60 Pro hanya tersedia dalam dua kuota internal, yakni 8 GB dan 12 GB.

Namun masalahnya, masing-masing tidak menyediakan slot memori eksternal. Sehingga saat kamu membutuhkan banyak ruang penyimpanan, harus menghapus terlebih dahulu yang dianggap sudah tidak penting.

Selain itu, jika kamu tidak ingin upgrade ke memori lebib besar, maka perlu rajin membersihkan cache aplikasi, riwayat histori, dan file-file tidak penting. Namun, untuk kebutuhan standar, sepertinya memori yang tersedia masih layak peformanya.

  1. Perbandingan Kualitas Kamera

Penambahan kualitas lensa kamera disebutkan menjadi fokus utama seri selanjutnya. Vivo X60 Pro sebenarnya juga mengusung teknologi zeiss optic. Namun, resolusinya yang dimiliki tidak sebesar penerusnya, yakni 48 MP di kamera utama belakang.

Selain itu, gimbal stabilization pada seri sebelumnya masih generasi 2.0. Kemudian diupgrade menjadi 3.0 yang kualitasnya tentu terlihat berbeda. Stabilitas pengambilan foto maupun video dapat jauh kamu rasakan.

👉 TRENDING:  Galaxy Watch Active 2, Jam Tangan Keren dari Samsung

Apabila kualitas lensa kamera yang kamu inginkan, maka membeli Vivo X70 Pro merupakan langkah terbaik. Perbedaan rentang harga sepertinya tidak menjadi masalah. Mengingat budget yang dikeluarkan lebih besar lagi jika membeli kamera tersendiri.

  1. Perbandingan Chipset

Chipset yang digunakan keduanya jauh berbeda. Seri sebelumnya menyematkan snapdragon 870. Keunggulannya memiliki kecepatan RAM hingga 2750 MHz dan kecepatan unduh 7500 MBits. Arsitekturnya berupa semi konduktor 7Nm.

Apabila dibandingkan dengan generasi selanjutnya, produk Vivo seri X ini melakukan peningkatan. Sebab MediaTek dinilai peformanya lebih baik dalam segala aspek. Hal ini terlihat dari nilai Atuntu Vivo X60 Pro yang berada pada angka V8 skor 639.612.

Perdebatan mengenai yang terbaik antara snapdragon dan MediaTek memang kerap kali terjadi. Namun, pada akhirnya kembali pada selera masing-masing konsumen.

  1. Perbandingan Jaringan

Apabila kamu mempertimbangkan jaringan sebagai alasan membeli, keduanya tidak memiliki perbedaan. Seri sebelumnya juga menggunakan teknologi 5G untuk kecepatan jaringannya. Sehingga dengan harga lebih terjangkau kamu masih bisa akses cepat.

Jika daerah tempat tinggalmu belum mendukung jaringan 5G. Masih terdapat pilihan 4G dengan kecepatan akses internet cukup memadahi. Masih bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi tanpa buffering, misal untuk Zoom bagi para pelajar.

  1. Perbandingan Transfer Data

Jenis fitur transfer data yang digunakan dua seri ini sama, yakni bluethoot dan NFC. Namun, untuk bluethoot pada seri X60 Pro merupakan generasi di bawahnya, yakni 5.1.

Hal ini akan sedikit mempengaruhi kecepatan mencari perangkat lain yang terhubung. Sementara koneksi jaringan yang digunakan juga berupa WiFi dan hotspot. Kesamaan juga disematkan pada port usb yakni type C 2.0.

  1. Perbandingan Tipe Audio

Kamu mencari smartphone dengan audio stereo? Sayangnya, kedua seri ini sama sekali bukan solusi. Vivo X60 Pro juga tidak menyediakan jack audio 3,5mm, sehingga audio yang dihasilkan hanya berupa mono. Kebutuhan earphone belum bisa terpenuhi.

  1. Perbandingan Fitur Tambahan

Meskipun fitur tambahan yang diberikan serupa dengan berbagai merek smartphone lainnya. Namun, tidak ada salahnya memperbandingkan dua generasi dalam satu seri ini. Vivo X50 Pro diberikan tambahan berupa sensor, layanan pesan dan browser.

Beragam keunggulan dihadirkan untuk meningkatkan kualitas fitur seri X Vivo. Terutama pada aspek kamera dengan menggandeng produsen lensa optik berkualitas, Zeiss. Dapat disimpulkan, kualitas Vivo X70 Pro menjadi alasan harganya yang tinggi.