Tekno Business: Cara Setting Modem Indihome Huawei, Cepat dan Praktis

Berbagai merk modem memiliki cara pengaturannya yang berbeda. Termasuk cara setting modem Indihome Huawei yang memerlukan beberapa tahapan. Bagi yang hendak menggunakan jasa Indihome, modem Huawei memang menjadi pilihan.

Selain harganya murah, pemasangan hingga pengaturannya juga mudah. Bahkan untuk yang awam, cara mensetting modem Indihome Huawei tergolong praktis. Untuk selengkapnya, coba simak pembahasannya yang lebih mendalam berikut.

Mengenal Apa Itu Pengertian dan Sejarah Modem Internet

Pengertian dan Sejarah Modem Internet

Agar lebih paham bagaimana cara setting modem Indihome Huawei, kamu harus tahu pengertian perangkat ini dahulu. Modem secara pengertian bisa dilihat dari fungsinya.

Mengenal pengertian perangkat yang merupakan kepanjangan dari modulator demodulator ini, bisa dilihat dari fungsi dan namanya. Pengertian modem yang pertama bisa dilihat dari fungsinya. Ada dua macam fungsi dari perangkat internet ini.

Pertama adalah sebagai pengubah sinyal digital ke analog, serta bertugas memproses informasi. Informasi yang dibaca ini menjadi fungsi utama perangkat ini. Perangkat kemudian akan menghubungkan data tersebut ke LAN internet.

Selain itu, modem juga bisa berarti sebagai perangkat untuk mengubah sinyal informasi ke pembawa. Sinyal tersebut kemudian siap dikirimkan menjadi data. Modem sebagai demodulator berarti bagian yang bertugas memisahkan sinyal informasi.

Perangkat ini bisa dikatakan sebagai alat komunikasi untuk dua arah. Perangkat tersebut menggunakan sistem komunikasi jarak jauh. Misalnya microwave radio dan sejenisnya. Untuk itu diperlukan cara setting modem Indihome Huawei.

Data dari komputer berbentuk sinyal digital. Modem ini akan merubah data tersebut menjadi analog agar bisa diproses lebih lanjut. Sinyal analog ini bisa dikirimkan ke beberapa media seperti radio atau telepon.

Perangkat keras ini pada awalnya dikembangkan untuk kebutuhan militer. Awal pemakaiannya oleh IBM pada tahun 1950. Fungsi utamanya untuk komunikasi pertahanan udara. Fungsinya kemudian berubah seiring waktu.

Salah satunya untuk mendukung keperluan domestic. Kebutuhan domestic yang bisa dicover modem sebagai penghubung komputer ke internet. Selain itu, modem juga berguna untuk menghubungkan dan memeriksa paket data.

Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk melakukan komunikasi dengan internet. Cara kerjanya sebagai kompresor data melalui sinyal. Selain itu, jika dari harga, penggunaan modem cukup terjangkau.

Jika dibandingkan dengan paket data, maka modem lebih ekonomis. Apalagi jika dipakai untuk keperluan tugas. Tentu dengan adanya modem, penggunaan kuota jauh lebih hemat. Secara cakupan sinyal juga luas.

Sebuah modem bisa mengcover gawai dalam jumlah lebih dari satu. Selain itu, cakupan sinyalnya juga bisa mencapai 30 meter. Tentu untuk kebutuhan rumah tangga sangat membantu.

Apa Saja Jenis-jenis Modem yang Tersedia?

Jenis-jenis Modem

Pembahasan kali ini akan mengulas tentang cara setting modem Indihome Huawei. Sebelum beranjak lebih lanjut, kamu harus tahu dahulu jenis-jenis modem yang tersedia. Tujuannya agar bisa memilih sesuai dengan kebutuhan serta budget.

  1. Modem Internal

Ada modem internal, salah satu yang harus diketahui. Jenis perangkat ini berguna untuk mengubah sinyal analog ke digital, kemudian langsung dikirim ke PC. Walau hampir sama dengan modem eksternal, akan tetapi fungsinya tetap berbeda.

  1. Modem Eksternal

Cara setting modem Indihome Huawei tidak hanya sebatas tahu mekanismenya. Kamu harus paham jenis-jenis modem termasuk yang berjenis eksternal ini. Cara kerja perangkat adalah mengubah sinyal digital menjadi analog, kemudian diproses ke komputer.

  1. Modem ADSL

ADSL atau Asymetric Digital Subscribe merupakan sebuah alat untuk akses internet dengan media telepon. Salah satu produk Indihome menggunakan jenis modem ini. alat penghubungnya bernama Splitter.

Fungsi utama perangkat ini sebagai penghilang gangguan telepon. Hasilnya, sinyal bisa berjalan secara bersamaan. Kamu bisa memakai telepon, sekaligus juga jaringan internet dengan lebih mudah.

  1. Modem Analog

Analog merupakan salah satu jenis sinyal. Untuk jenis modem ini memang bekerja dengan memanfaatkan jenis sinyal ini. Sinyal analog yang ditangkap ini, pada akhirnya akan diubah menjadi digital.

  1. Modem GSM

Untuk menambah informasi tentang cara setting modem Indihome Huawei, kamu harus tahu juga jenis modem GSM. Perangkat ini bekerja dimana telepon seluler menjadi media untuk transfer daya, dengan kartu koneksi GSM.

  1. Modem Wireless

Wireless berarti tanpa kabel atau nirkabel. Teknologi satu ini memungkinkan dua perangkat bisa bertukar data, tanpa perlu bantuan kabel. Cara kerjanya juga menarik dan sederhana.

Modem satu ini akan menukarkan data melalui gelombang cahaya. Misalnya gelombang radio. Selain itu, gelombang ini akan bertukar menjadi frekuensi tertentu.

  1. Modem CDMA

Seperti namanya, modem CDMA bekerja dengan frekuensi CDMA 800 Mhz. frekuensi tersebut juga bisa disebut CDMA 1x. saat ini model terbarunya sudah memakai frekuensi EVDO Rev-A. perkembangannya semakin mutakhir dimana saat ini sudah memakai EVDO Rev-B setara 4G.

  1. Modem Kabel

Sebelum lanjut ke cara setting modem Indihome Huawei, ada satu lagi jenis penghubung yang harus diketahui, yaitu modem kabel. Jenis perangkat ini memiliki ciri-ciri yang terhubung dengan kabel.

Selain itu, fungsi utamanya sebagai penerima data. Biasanya modem kabel dipakai untuk perangkat elektronik seperti TV kabel.

Apa Saja Manfaat Melakukan Setting Modem Indihome Huawei?

Cara mensetting modem Indihome Huawei sangat menarik bagi yang ingin akses internet lebih luas. Mengapa harus memakai modem? Tentu hal ini tidak lepas dari manfaat yang bisa kamu peroleh.

  1. Biaya Internet Terjangkau

Banyak yang menganggap biaya untuk melakukan cara setting modem Indihome Huawei mahal. Padahal jika dihitung lebih hemat. Biaya pemasangan awal memang tinggi, tetapi jika dilihat masa pakainya ternyata lebih hemat.

Apalagi jika kamu menggunakannya untuk berbagi jaringan ke pengguna lain. Tentunya biaya yang diperlukan tidak begitu mahal. Perlu kamu tahu, untuk harga perangkat modem juga tidak terlalu mahal, hanya kisaran ratusan ribu rupiah.

  1. Sharing Internet Lebih Memungkinkan

Mengapa kamu harus memakai modem? Jaringan internet akan tersedia secara cukup. Tidak hanya pemakaian pribadi, kamu juga memungkinkan berbagi dengan pengguna lain.

Modem salah satunya untuk jaringan Indihome tidak hanya untuk satu pengguna. Kamu bisa membaginya ke berbagai pengguna. Bahkan ada modem atau layanan internet yang bisa menampung sampai puluhan pemakai.

  1. Bisa Mengirim serta Menerima Sinyal

Hal lain yang membuat modem harus dipakai karena fungsinya yang menarik. Ukuran modem memang tidak besar, tetapi manfaatnya besar. Perangkat ini bisa menangkap sekaligus mengirim sinyal secara luas.

Hal ini berbeda jika kamu menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lain. Menggunakan modem akan membuatmu lebih mudah mendapatkan sinyal. Selain itu, kapasitasnya juga optimal sebagai penyedia jaringan.

  1. Pemasangan Mudah

Ternyata cara setting modem Indihome Huawei tergolong mudah. Bentuknya yang simple serta minimalis tidak menyulitkan penggunanya. Bobotnya juga enteng sehingga bisa dipasang dimana saja.

Kamu hanya perlu melakukan pengaturan melalui laptop. Selain itu, berbagai keperluan lain bisa dilakukan. Misalnya blokir pengguna, tracking, dan berbagai macam hal lain terkait kontrol pemakaian.

Mengapa Harus Memilih Modem Indihome Huawei?

Modem Indihome Huawei

Sebelum membahas cara setting modem Indihome Huawei, kamu harus tahu keunggulan merk perangkat ini. Bisa dikatakan merk Huawei disukai banyak orang untuk perangkat internet. Hal ini tidak lepas dari beberapa keunggulan merk Huawei:

  1. Fitur Maksimal

Jika dibanding dengan modem lain, maka Huawei lebih unggul dari segi fitur. Walau terkesan murah, siapa sangka sudah terintegrasi dengan jaringan fiber optic. Memang teknologi terbaru bisa kamu dapatkan dari merk ini, mengingat baru dirilis tahun 2014 lalu.

  1. Harga Ramah untuk Semua Kalangan

Faktor lain yang membuat modem satu ini disukai adalah harganya yang murah meriah. Untuk satu buah perangkatnya, harga yang dibandrol mulai dari Rp100 ribu hingga Rp400 ribu. Tentu dengan harga tersebut semua kalangan menyukainya.

  1. Pengaturannya Cukup Mudah

cara setting modem Indihome Huawei tidak terlalu rumit. Hal ini yang membuat produk dari perusahaan Tiongkok ini disukai. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa tahapan, tanpa perlu repot menginstall banyak hal.

Modem Huawei memang menjadi salah satu pilihan yang banyak dipakai di dunia. setting yang mudah juga dibarengi spesifikasinya yang sederhana. Walau ringan, untuk perangkat pendukung internet tentu bisa diandalkan.

Cara Setting Modem Indihome Huawei, Tahapan Persiapan Awal

Tahap paling awal untuk cara mensetting modem Indihome Huawei ada beberapa langkah. Mulai dari mengaktifkan modem, hingga port LAN. Ikuti sejumlah mekanisme selengkapnya berikut ini.

  1. Tahapan Setting Awal

Tahap pertama untuk cara setting modem Indihome Huawei adalah melakukan setting awal. Pastikan dahulu bahwa lampu indicator PON sudah menyala hijau. Sedangkan jika yang menyala lampu warna merah, berarti indicator LOSS, atau tidak berfungsi

  • Setting WAN Indihome harus dilakukan terlebih dahulu dengan cara menghubungkan kabel UTP
  • Kabel UTP harus dihubungkan dari komputer/laptop, ke port ETH ONT modem
  • Setelah terhubung, coba setting IP komputer sesuai yang diinginkan
  • Buka peramban di komputer atau laptop, ketik angka IP 168.100.1, setelah itu tekan enter
  • Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan password dan username
  • Masukkan username dengan nama telecomadmin, password admintelecom, klik dan tunggu
  • Setelah tampilan terbuka, klik tombol WAN, lanjut ke NEW
  • Kemudian, isi data di kolom untuk melakukan konfigurasi pertama dalam cara setting modem Indihome Huawei
  1. Mengaktifkan Port LAN

Sebelum melakukan setting DHCP, kamu harus mengaktifkan Port LAN terlebih dahulu. Mengaktifkannya hanya perlu menekan beberapa menu. Untuk selengkapnya, coba beberapa tahapannya berikut:

  • Lihat bagian sebelah tab WAN, kemudian tekan tab LAN
  • Setelah itu, cari tombol LAN Port Work Mode, dan pilih tombol tersebut
  • Setelah ditemukan, centang pada kotak LAN1, LAN2, seterusnya sampai LAN4
  • Tujuan mencentang semua kotak tersebut untuk mengaktifkan semua port LAN modem kamu

Beberapa Cara Setting Modem Indihome Huawei Tahap Akhir

Tahapan awal sudah selesai. Setting modem Indihome Huawei memasuki proses akhir. Proses ini berisi setting DHCP, serta konfigurasi. Selengkapnya untuk mengakhiri setting modem, simak tahapannya.

  1. Tahapan Setting DHCP

Cara setting modem Indihome Huawei selanjutnya mengarah ke bagian DHCP. Aktifkan Port LAN dengan melakukan setting DHCP dulu. Setelah itu, baru ke tahap selanjutnya dengan step:

  • Pilih LAN di pengaturan modem yang ditampilkan pada peramban
  • Setelah itu, kamu harus memilih LAN Port Work Mode
  • Lihat sub menu bagian kiri, klik DHCP Server Configuration
  • Tunggu beberapa saat, akan muncul Primary Address Pool serta Primary Address Pool Subsection
  • Isi kolom Start IP Address, Least Time, serta End IP Address
  • Untuk kolom Start IP Address, kamu harus mengisi dengan nomor IP yang sama dengan Host LAN
  1. Mengatur Konfigurasi WLAN

Tahapan selanjutnya adalah mengatur konfigurasi WLAN, atau Wifi. Tahap ini bisa dilakukan jika LAN serta WAN sudah selesai dipasang. Tata cara untuk melakukan pengaturan ini diantaranya:

  • Klik pilihan Setting di bagian modem Huawei
  • Setelah itu, klik tombol WLAN di bagian sisi kiri, dan isi data yang diperlukan

Ada beberapa macam hal yang harus kamu isi jika ingin mengisi area WLAN ini. Mulai dari SSID, sampai WPA PreSharedKey. Untuk lebih jelasnya, ini beberapa bagian yang harus diperhatikan pengisiannya:

  • SSID Name berarti nama koneksi Wifi yang hendak ditampilkan
  • Enable SSID, memberi tanda untuk mengaktifkan interface WLAN
  • Broadcast SSID, memberi tanda klik agar SSID Wifi bisa dipancarkan modem
  • Authentication Mode, memilih jenis autentifikasi
  • Encryption Mode berarti jenis-jenis enkripsinya
  • WPA PreSharedKey, mengisi dengan password Wifi yang diinginkan
  • Isi semua kolom dengan baik, setelah semua selesai baru tekan tombol Apply

Cara Setting Modem Indihome, Konfigurasi Firewall serta Remote Access

Cara Setting Modem Indihome

Cara setting modem Indihome Huawei tahap lanjutan adalah konfigurasi firewall. Tujuan dari konfigurasi ini adalah untuk menentukan paket Traceroute serta PING yang akan dibuang atau diterima.

Adanya konfigurasi ini juga perlu untuk troubleshooting penyedia layanan internet. Apabila jaringan mengalami masalah, maka bisa diselesaikan secara mudah. Saat melakukan tahapan ini, sangat disarankan untuk menonaktifkan firewall, jika memiliki IP Privat.

Selain itu, kamu juga bisa memilih opsi lain seperti User Defined. Untuk melakukan konfigurasi tahap akhir dari cara setting modem Indihome Huawei, ini beberapa langkahnya.

  • Saat melakukan setting, pilih Submenu Keamanan atau Security yang ada di sebelah WLAN
  • Setelah itu, lanjut ke Firewall Level Configuration, tentukan level firewall
  • Beberapa opsi akan terlihat, kamu bisa memilih antara user defined, medium, low, high, hingga disable
  • Setelah memilih sesuai keinginan, kemudian klik tombol Apply, dan cara setting modem Indihome Huawei selesai

Bagaimana jika ingin mengaktifkan remote management? Untuk mengaktifkan mode tersebut, kamu hanya memerlukan tiga tahapan. Diantaranya:

  • Masuk ke menu Keamanan seperti langkah sebelumnya
  • Setelah itu, cari opsi ONT Access Control Configuration, dan pilih menu tersebut
  • Bubuhkan tanda ceklis di kotak LAN Service serta WAN Service

Periksa Status Informasi dan Daftar Pengguna Modem Huawei

Proses dalam cara setting modem Indihome Huawei sebenarnya belum sepenuhnya selesai. Kamu harus mengecek status informasi sampai daftar penggunanya terlebih dahulu. Untuk melakukan hal-hal tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa langkah ini:

  • Memeriksa status informasi berguna untuk mengecek jika ada gangguan jaringan
  • Untuk melakukannya, buka peramban di laptop kemudian ketikkan IP berupa angka 192.168.100.1, kamu langsung diarahkan ke menu login
  • Masuk dengan password dan username yang sudah diatur, tunggu hingga muncul halaman utama
  • Klik menu Status untuk melihat detail tentang modem Huawei kamu

Setelah tahu statusnya, cara setting modem Indihome Huawei juga bisa dengan melakukan pengecekan daftar penggunanya. Saat kondisi tertentu, kamu mungkin risau jika Wifi digunakan orang tanpa izin.

Untuk mengecek daftar pengguna, melalui perangkat ini kamu bisa mudah melakukannya. Cukup lakukan beberapa step sampai berhasil tahu daftar pengguna jaringan internetmu.

  • Coba masuk ke laman utama Huawei melalui browser
  • Ketikkan 192.168.100.1, kemudian tunggu sampai halaman utama muncul
  • Setelah masuk ke halaman utama, cari menu Status di atas website, cari Device Information di bagian kiri
  • Akan muncul daftar informasi tentang modem berupa IP address, perangkat, status, dan sejenisnya

Setting Modem Indihome Huawei untuk Blacklist Pengguna

Jika kamu sudah selesai melakukan cara setting modem Indihome Huawei, coba rawat jaringan internetnya. Salah satunya dengan melakukan blacklist untuk pengguna yang tidak diinginkan. Beberapa cara melakukan pemblokiran ini, bisa kamu lakukan dengan tahapan:

  • Blacklist pengguna bisa dengan blokir MAC Add Cara paling awal dengan masuk ke bagian browser, ketikkan 192.168.100.1 seperti biasa
  • Setelah itu, halaman utama modem akan muncul, arahkan ke menu Security
  • Klik opsi MAC Filter Configuration untuk langkah berikutnya
  • Setelahnya, centang kolom Enable MAC Filter
  • Lanjut dengan menekan tombol NEW untuk membuat daftar baru
  • Salin MAC Address di Status serta Device Information yang diinginkan untuk diblokir
  • Setelah itu, masukkan MAC Address di bagian Source MAC Address untuk blacklist tahap akhir
  • Tekan Apply sebagai konfirmasi langkah tersebut
  • Proses blacklist sudah selesai, dan selanjutnya tidak bisa mengakses internetmu

Bagaimana Cara Reboot Wireless dan Ganti Password?

Cara Reboot Wireless

Password merupakan hal penting saat melakukan cara setting modem Indihome Huawei. Jika ingin lebih meningkatkan keamanan, kamu bisa mengganti password secara berkala, dengan cara:

  • Masuk ke laman Huawei dengan mengetik 198.168.100.1 di peramban
  • Setelah itu, login dengan username dan password yang dimiliki, seperti tahap lainnya
  • Halaman utama akan muncul kemudian tekan System Tools
  • Setelah masuk ke menu tersebut, kamu bisa input data yang diminta
  • Data yang dimaksud adalah password lama, serta password baru yang diinginkan
  • Setelah mengisi, tekan Confirm untuk konfirmasi, dan Apply untuk mengakhiri proses

Selain mengganti password, ada juga menu reboot wireless. Cara setting modem Indihome Huawei dengan proses ini berguna jika access poin terlalu penuh. Hal ini jika dibiarkan akan membuat jaringan melambat.

  • Untuk melakukan reboot, kamu harus masuk ke tampilan Huawei seperti langkah sebelumnya
  • Masukkan password serta username, tunggu hingga laman utama muncul
  • Untuk cara setting modem Indihome Huawei dengan melakukan reboot, klik Tab System Tools di bagian menu
  • Cari opsi Reboot, dan tekan menu tersebut
  • Untuk mengakhiri langkah, klik tombol restart, reboot akan berlangsung

Jika Ingin Membuat Access Point yang Baru, Bagaimana Caranya?

Cara setting modem Indihome Huawei sudah selesai. Akan tetapi bagaimana jika ingin membuka Access Point baru? Menggunakan perangkat ini, kamu tetap bisa melakukan hal demikian. Caranya juga gampang, dengan beberapa tahapan access point baru berikut:

  • Pertama, kamu harus membuka peramban di PC atau laptop, ketikkan di kolom pencarian 192.168.100.1
  • Setelah menekan Enter, kamu akan login ke akun modem Huawei, masuk dengan password dan username yang sebelumnya sudah diatur
  • Tampilan akan muncul dengan bentuk halaman utama Huawei, klik menu WLAN di bagian atas
  • Setelah itu, klik NEW untuk menambahkan access point yang baru

Untuk menambahkan access point baru saat melakukan cara setting modem Indihome Huawei, ada beberapa yang harus diisi. Mulai dari nama SSID, sampai WMM, dengan ketentuan berikut.

  • SSID Name, isi dengan nama yang diinginkan
  • Enable SSIS harus dicentang
  • Number of Associated Devices, maksudnya jumlah perangkat yang bisa mengakses. Isi dengan nomor
  • Broadcast SSID harus dicentang
  • Enable WMM juga harus dicentang
  • Tekan tombol Apply untuk melakukan konfirmasi

Setelah itu, kamu harus melakukan konfigurasi ulang. Untuk melakukannya, kamu harus mengisi beberapa bagian lagi, diantaranya:

  • Pilih access point yang sudah selesai kamu buat
  • Kemudian cari menu Authetication Mode, isi dengan keterangan WPA/WPA2 PreSharedKey
  • Isi kolom Encryption Mode dengan keterangan TKIP and AES
  • Isi dengan tulisan PBC di bagian WPS Mode, dan tekan Apply untuk konfirmasi terakhir

Jaringan Indihome Menjadi Lemot, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Indihome fiber
(gambar: telset.id)

Setelah berhasil melakukan cara setting modem Indihome Huawei, kamu harus merawat jaringannya. Jika jaringan internet ternyata lemot, ada beberapa macam cara untuk mengatasinya.

  1. Coba Restart Modem

Modem memang memiliki peranan penting dalam layanan Indihome. Jika jaringan terasa lemot, sebaiknya cek bagian ini. coba restart perangkat ini secara berkala. Biasanya cara ini sangat cocok untuk mengembalikan performa jaringan.

Selain itu, jika perbaikan sedang berlangsung, kamu bisa melakukan restart apabila sudah selesai. Hal ini diharapkan membuat performa lebih optimal. Selain itu, jika ada masalah, restart juga bisa menjadi pertolongan pertama perbaikan.

  1. Gunakan Repeater

Repeater merupakan alat khusus yang berguna untuk menguatkan sinyal. Cara kerjanya dengan mendongkrak kecepatan internet. Alat satu ini sifatnya memang terpisah dari modem.

Kamu bisa membeli repeater di tempat penyedianya. Jika ingin menggunakan alat ini, pastikan jeli memilihnya. Cari perangkat yang kualitasnya bagus agar kinerja Indihome semakin optimal.

  1. Tempatkan Modem di Tempat Strategis

Bisa jadi setelah melakukan cara setting modem Indihome Huawei, jaringan malah tidak stabil. Hal ini bisa disebabkan karena penempatannya yang tidak strategis. Dinding beton bisa mempengaruhi penerimaan sinyal. Sebaiknya tempatkan modem di area netral.

Misalnya di tempat lapang rumahmu. Tempat lapang ini bisa di ruang keluarga atau area bersantai yang banyak digunakan untuk aktivitas. Jangan menyimpannya di lantai atas karena biasanya akan sulit diakses pengguna lantai bawah.

  1. Pastikan Jumlah Pengguna Sesuai

Jangan asal memasang Indihome tanpa memperhatikan jumlah pemakai. Apabila menggunakan layanan ekonomis ternyata pemakai di rumah banyak, maka hasilnya akan mengecewakan. Sesuaikan jumlah pemakai dengan kecepatan atau kuotanya.

Jika terlalu banyak yang menggunakan, maka beban jaringan akan berat. Setiap hari, internet menjadi sulit diakses. Perlu konsultasi lebih lanjut jika ingin melakukan pemasangan Indihome.

  1. Coba Tingkatkan Kecepatan Internet

Jaringan yang lemot dan ternyata tidak ada masalah apa saja, berarti kecepatannya kurang. Kamu bisa melakukan upgrade kecepatan jika perlu. Untuk menambah kapasitas kecepatan, kamu memang perlu biaya.

Biaya penambahan ini memang cukup tinggi. Akan tetapi jika sesuai dengan kebutuhan tentu tidak masalah. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak penyedia, jika memang ingin menambah kecepatan.

  1. Coba Bersihkan Cache di Peramban

Ternyata cache bisa menyebabkan internet Indihome lemot. Walau sudah melakukan cara setting modem Indihome Huawei tepat, tidak menjamin jaringan optimal. Kamu harus rajin mengecek bagaimana cache di peramban.

Mungkin saja browser yang dipakai banyak cache. Jika tersimpan lebih, maka akan mempengaruhi kecepatan internetmu. Coba untuk rajin menghapus sampah di peramban, kemudian refresh agar berjalan normal lagi.

  1. Pakai Satu Stop Kontak

Sebaiknya gunakan satu stop kontak untuk pemakaian Indihome yang maksimal. pakai satu stop kontak khusus untuk memasang modem. Jangan pakai stop kontak dicampur dengan perangkat yang lain.

Mengapa demikian? Karena hal ini bisa mempengaruhi performa kecepatan internet. Beli satu stop kontak hanya untuk pemasangan modem. Selain kecepatan lebih stabil, hal ini juga berguna mengurangi risiko korsleting.

Melakukan cara setting modem Indihome Huawei memang tidak terlalu sulit. Lakukan setiap langkahnya secara berurutan, agar tidak terjadi kesalahan teknis. Jangan lupa, rawat perangkat modem agar masa pakainya jauh lebih awet.

Cara Setting Wifi Huawei agar lebih cepat -