Aplikasi Desain Rumah
Aplikasi Desain Rumah

Aplikasi Desain Rumah

Aplikasi desain rumah kini tersedia untuk PC dan Aplikasi Smartphone Android dan IOS sangat membantu proses perancangan sebelum pembangunan. Termasuk didalamnya terdapat perencanaan interior. Bagi kamu yang ingin membangun atau renovasi rumah perlu memanfaatkan aplikasi seperti ini.

Berbeda dengan site plan yang membuat rencana hingga aspek luar seperti jalan sekitar, bangunan lain, kontur area dan sebagainya. Untuk rumah dikhususkan secara detail hanya gambar utuh bangunan dan ruangan didalamnya.

Biasanya ini dikerjakan oleh jasa khusus desainer bangunan atau interior, tapi kini kamu bisa membuat sendiri sesuai keinginan. Jika menggunakan jasa orang lain perlu membayar menggunakan aplikasi ada yang gratis.

Beberapa aplikasi penggunaannya sangat mudah dan memang dibuat untuk memfasilitasi pemula. Jadi meski tidak punya latar belakang desain kamu tetap bisa membuat rancangan sendiri dengan baik.

Daftar Isi tampilkan

Manfaat Menggunakan Aplikasi Desain Rumah

Aplikasi Desain Rumah terbaik 2022

Banyak manfaat menggunakan bantuan platform digital untuk memperkirakan rencana pembangunan sendiri. Secara umum mewujudkan bangunan impian nyaman, indah sesuai karakteristik yang kamu inginkan. Berikut detailnya.

  1. Pembangunan terencana

    • Manfaat pertama adalah membuat proses pembangunan lebih terencana, tidak asal. Sebab dari awal sudah ditentukan apa saja bagian-bagian rumah yang ditonjolkan. Bagaimana bentuknya, ukuran secara keseluruhan, ukuran tiap bagian ruangan, tinggi bangunan.
  1. Rumah lebih berkarakter

    • Hasil akhir bangunan lebih berkarakter. Berbeda dengan tampilan dari rumah yang sudah ada sebab merupakan rancangan sendiri. Tidak seperti menggunakan jasa desainer yang masih memungkinkan sama dengan rumah lain.
  1. Lebih cepat menuju proses pembangunan

    • Aplikasi desain rumah membantu percepatan proses pembangunan dari awal. Jika membuat sendiri bisa segera dieksekusi. Tidak perlu menunggu hasil gambar dari jasa desainer yang bisa lebih lama dalam pembuatannya.
  1. Sesuai dengan harapan

    • Apa yang dikerjakan tukang dalam pembuatan bangunan dari awal hingga akhir sesuai dengan harapan. Ini akan mendatangkan kepuasan sendiri sebab sama saja mewujudkan impian kamu.
  1. Setiap ruang fungsional

    • Efisien lahan sebab semua ruang dibuat berdasarkan fungsinya. Terutama bagi kamu yang memiliki lahan terbatas, aplikasi desain rumah sangat membantu. Jadi tidak ada ruang tidak berfungsi dan hanya sebagai estetika.
  1. Menghemat biaya

    • Membuat rencana rancang bangun sendiri tidak perlu membayar. Lebih hemat, sebab bisa jadi jika menggunakan jasa desainer profesional kamu harus membayar mahal. Belum lagi harus menunggu jika ada revisi.

Dengan Aplikasi Desain Rumah Bisa Hemat Banyak Hal

Fitur AR dari aplikasi desain rumah
Fitur AR dari aplikasi desain rumah akan membantu Anda untuk mendesain isi dalam rumah yang sesuai sebelum menentukan futniture yang akan digunakan.

Seperti disinggung sebelumnya bahwa menggunakan bantuan aplikasi untuk merancang sendiri lebih hemat biaya. Selain itu ada lagi yang bisa kamu maksimalkan berkaitan dengan kebutuhan lain dalam pembangunan.

  1. Hemat waktu, Bisa langsung proses eksekusi pembangunan setelah rancangan jadi. Kamu bisa berkoordinasi langsung dengan tukang untuk pelaksanaan proyek. Tahap perancangan tidak sampai sehari sudah selesai jika menggunakan aplikasi desain rumah.
  1. Penggunaan Material, Hemat material karena kamu sendiri yang menentukan kebutuhannya. Misalnya kebutuhan semen dan pasir untuk dinding, pemilihan warna cat beserta merknya, rangka atap menggunakan bahan terjangkau seperti baja ringan. Pemilihan jenis lantai yang lebih terjangkau namun tetap estetik dan modern. Rancangan bentuk plafon, pemilihan lampu, kebutuhan pintu dan jendela, kebutuhan teralis. Semua murni atas pilihan dan pertimbangan budget kamu.
  1. Meminimalisir material terbuang, Perhitungan kebutuhan material mengacu pada ukuran dan bentuk membantu efisiensi bahan. Tidak akan ada material sisa dan terbuang karena perhitungan lebih tepat sesuai keinginan.
  1. Maksimalkan lahan, Menggunakan aplikasi desain rumah secara mandiri kamu bisa memaksimalkan ketersediaan lahan. Bisa semuanya didirikan bangunan atau disisakan untuk taman, teras dan sebagainya yang jelas lebih fleksibel.
  1. Estimasi waktu lebih tepat, Dirancang sendiri kamu bisa memperkirakan lama waktu pembangunan. Mengacu pada ukuran, bentuk, desain, kebutuhan material dan sebagainya kamu bisa tentukan batas maksimal pembangunan. Jadi hemat dari segi biaya tukang.

3 Aplikasi Desain Rumah untuk Android Gratis

Tidak perlu bingung saat ingin membuat rancangan desain tetapi tidak bisa menggambar. Kamu tidak butuh alat tulis melainkan cukup Android. Sudah tersedia aplikasi gratis untuk Android yang bisa diunduh melalui play store.

1. Planner 5D

Planner 5D apk desain rumah android

Download Planner 5D Apk : Klik Disini

Didownload lebih dari 10 juta pengguna saat ini. Planner 5D dilengkapi mode 2D dan 3D yang membuat rancangan gambar jadi lebih realistis. Baik dari luar maupun detail didalam ruangan.

Aplikasi desain rumah ini gratis bagi pengguna Android dan dapat digunakan secara online atau offline. Cocok bagi kamu yang tidak punya latar belakang pendidikan desain, arsitektur dan ilmu pendukung lainnya.

Hasilnya sangat nyata lengkap dengan perabot dan bisa diaplikasikan tidak hanya pada ruangan dalam rumah. Kamu bisa merancang dekorasi ruangan kantor yang baru dengan aplikasi ini.

2. Room Planner

Download aplikasi Room Planner: Desain Rumah 3D : Klik Disini

Dari namanya sudah menunjukkan bahwa user interface aplikasi ini sangat friendly untuk semua pengguna. Bahkan bisa digunakan oleh ibu rumah tangga yang ingin improvisasi isi rumahnya.

Menariknya lagi platform ini sudah bekerjasama dengan perusahaan penyuplai furniture dan perabot rumah tangga IKEA. Jadi lebih mudah mix and match interior ruangan sesuai dengan kebutuhan perabot.

👉 TRENDING:  Review 5 Aplikasi Autocad untuk Android Terbaru

3. Houzz Interior Design Ideas & Remodel

Houzz Interior Design Ideas

Download aplikasi Houzz Interior Design Ideas : Klik Disini

Salah satu keunggulan Houzz Interior Design Ideas adalah terdapat 20 juta desain. Tidak perlu bingung membuat dari awal, sudah ada template yang bisa digunakan sebagai inspirasi.

Ada banyak ide bisa kamu aplikasikan dengan bantuan template yang sudah disediakan. Hasil rancangan interior rumah jadi lebih sempurna dan tampak seperti aslinya. Aplikasi ini bisa digunakan pada Android 5.0 ke atas.

Kamu bisa membuat model baru dari yang sudah ada sesuai dengan nama aplikasi. Jadi tidak selalu merancang baru dari awal. Ini lebih mudah diaplikasikan saat akan merenovasi bagian rumah.

Software Desain Rumah Gratis untuk PC

software desain rumah di pc

Ingin yang lebih maksimal penggunaannya kamu bisa menggunakan PC untuk membuka berbagai aplikasi. Berikut macamnya yang bisa digunakan secara gratis tanpa membayar biaya langganan.

  1. Floor Plan Creator, Keunggulan aplikasi desain rumah satu ini adalah hasilnya sangat presisi. Dilengkapi dengan ukuran jarak dalam ruangan, antar ruangan dalam rumah. Jadi hasilnya saat dibangun bisa tepat.
  1. Home Design 3D Outdoor/Garden, Bisa digunakan untuk mendesain taman seperti namanya. Kamu bisa menambahkan garasi, inner court pada rancangan. Model taman, kolam, atap, kanopi sudah disediakan cukup kamu padu padankan saja.
  1. Dream Plan, Rancangan rumah berbagai ukuran bisa dengan mudah dibuat menggunakan aplikasi ini. Sangat friendly untuk pemula yang baru pertama kali mengenal fasilitas seperti ini. Sebab sudah tersedia berbagai template tinggal kamu pilih. Bisa digunakan untuk perangkat Windows minimal 7 ke atas, RAM 4GB, VGA 1 GB. Kapasitas storage 100MB. Perhatikan ketentuan ini saat mendownload di situs resminya supaya bisa dijalankan dengan lancar.
  1. Roomle, Membuat denah jadi lebih mudah dengan aplikasi desain rumah Roomle. Bisa dalam format 2D dan 3D sesuai kebutuhan di area mana yang sedang dikerjakan. Menggunakan Roomle kamu bisa mudah menghitung pengeluaran.

Sudah ada ukuran dan kebutuhan setiap material termasuk jika ingin melengkapi dengan perabot rumah. Fiturnya lengkap dan setara dengan aplikasi profesional lainnya. Kamu bisa menggunakan fasilitas berbayar maupun gratis selama 14 hari.

Aplikasi untuk Merombak Interior dan Layout Terbaik

Merombak interior ruangan supaya lebih fresh dan nyaman bisa juga menggunakan aplikasi. Lebih mudah, tanpa perlu mencari inspirasi gambar-gambar lain di internet yang belum tentu sesuai.

1. Homify

Homify layout rumah

Aplikasi desain rumah ini khusus untuk merombak interior. Cukup ringan digunakan menggunakan PC atau laptop (skarang hadir dalam versi aplikasi). Kamu yang mulai bosan dengan suasana dan tampilan kamar bisa mulai mendesain.

Tersedia 1,5 juta buah foto yang bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat rancangan interior. Kamu juga bisa mencari gambar-gambar arsitektur dari aplikasi gratis ini. Termasuk tren terbaru perabot dan furniture rumah.

2. Sketch Up

sketchup home design

Aplikasi desain rumah Sketchup bisa dipakai untuk Windows maupun Mac. Kamu bisa menggambar dengan format 3D jadi hasilnya lebih nyata. Hasilnya kemudian bisa diprint dan ditunjukkan pada tukang untuk dikerjakan.

Perangkat lunak milik Google ini harus kamu jalankan secara online menggunakan browser Mozilla Firefox, Google Chrome atau Internet Explorer. Tidak perlu membayar alias gratis dengan kemudahan fitur didalamnya bagi pengguna.

3. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D

Cocok untuk kamu yang baru pertama kali mendesain sebuah bangunan. Bisa digunakan untuk membuat layout maupun format 3D. Hasilnya tetap tampak profesional sebab didukung fitur dan template yang ada.

Ini adalah aplikasi desain rumah open source yang bisa kamu download dalam versi gratis. Ada juga versi berbayar dibanderol Rp 195.000. Sweet Home 3D bisa dijalankan menggunakan Windows, MacOS dan Linux.

Didalamnya terdapat 100 template furniture serta 26 tekstur yang penggunaannya dapat dikombinasikan. Kamu bisa membuat rancangan rumah impian dengan material dan perabot impian sesuka selera.

Rekomendasi Aplikasi Desain yang Mudah Digunakan

Ada banyak aplikasi yang tersedia dan bisa kamu install ke dalam berbagai gadget. Paling utama yang perlu diperhatikan adalah faktor penggunaannya. Berikut rekomendasi aplikasi yang mudah digunakan.

1. Home by Me

Home by Me

Home by Me selain mudah digunakan karena menu didalamnya sederhana juga dilengkapi berbagai ornament. Bukan sekedar membuat rancangan dasar, kamu bisa sekaligus melengkapi hingga hasil akhir.

Aplikasi desain rumah ini juga harus dijalankan secara online namun kamu tidak perlu membayar langganan. Semua fitur editing bisa digunakan dengan cara sederhana bahkan bagi pemula yang baru belajar desain.

2. Roomstyler 3D Planner

Roomstyler 3D Planner

Menggunakan Roomstyler 3D Planner kamu tidak perlu download dan install aplikasi. Bisa mengaksesnya melalui browser bawaan perangkat sehingga lebih ringan. Penggunaannya mudah sama seperti aplikasi lainnya sudah ada template-template.

Perabot yang disediakan lebih lengkap seperti jam dinding, jam weker, pintu, jendela, lemari, meja, tempat tidur dan masih banyak lagi. Mempermudah merancah hingga mendekati hasil akhir yang asli.

Aplikasi desain rumah RoomStyler 3D Planner ini seperti simulasi. Saat sudah jadi hasilnya seperti nyata karena didukung format 2D dan 3D. Kamu bisa menyimpannya dengan mendaftar terlebih dulu sebagai pengguna.

3. Ikea Home Planner

Ikea Home Planner app

Aplikasi desain rumah ini memungkinkan pengguna untuk membuat konsep tanpa menggambar atau merancang sendiri. Sudah ada database berupa foto-foto interior lengkap dengan perabot di dalamnya.

Foto tersebut merupakan inspirasi yang memudahkan pekerjaan. Sudah terhubung dengan penyedia jasa konsultan rumah dan toko perabot maupun furniture. Tidak harus menggunakan PC untuk mengoperasikannya bisa dengan HP saja.

Template yang tersedia dilengkapi dengan gambar furniture. Kamu bisa pilih dan edit tata letaknya kemudian menyimpan hasilnya dalam galeri. Hasil rancangan bisa diprint atau diekspor sesuai kebutuhan.

Kamu bisa mencocokkan desain sekaligus dengan kebutuhan perabot. Dimana untuk mendapatkan perabot sudah terhubung dengan toko online. Jadi lebih mudah lagi dalam melakukan perombakan ruangan.

Aplikasi Desain Rumah Berbayar Terbaik 2022

Ada banyak yang bisa kamu gunakan untuk membantu perancangan bangunan rumah. Kamu bisa memilih mana paling nyaman dan mudah dengan fitur lengkap sesuai keinginan. Berikut aplikasi terbaik tahun 2022 yang bisa dipilih.

1. Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping and Decks Design 10

Aplikasi Virtual Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10 ini sangat lengkap. Cocok untuk profesional yang bekerja di bidang desain. Ada ribuan template berformat 3D yang dapat kamu gunakan.

Aplikasi desain rumah ini memerlukan perangkat PC dengan spesifikasi tinggi. Sesuai dengan kualitas dan kelengkapan fitur didalamnya. Minimal VGA 2 GB dan RAM 8 GB supaya bisa berjalan lancar.

👉 TRENDING:  Review 5 Aplikasi Autocad untuk Android Terbaru

Fitur didalamnya bisa berjalan dengan baik untuk PC Windows 7, 8, 10 dan diatasnya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Nova Development ini dibandrol dengan harga 99,99 USD.

2. TurboFloorPlan Home & Landscape Pro

TurboFloorPlan Home & Landscape Pro

TurboFloorPlan Home & Landscape Pro adalah aplikasi desain rumah untuk MacBook, Mac dan versi terbaru bisa digunakan pada iPhone. Tidak dapat digunakan untuk Android atau Windows namun justru disinilah nilai eksklusifnya.

Minimal perangkat iOS yang kamu gunakan sudah upgrade ke 10.9 atau diatasnya. Keistimewaannya, tidak hanya bisa digunakan oleh para pro tetapi juga pemula yang baru belajar dengan membayar 149,99 USD.

3. FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks

FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks

Disebut sebagai simulasi bangunan dan rumah sebab dilengkapi dengan 360 online viewer. Setiap sudut di dalam gambar bisa kamu jelajahi dengan leluasa. jadi tidak perlu membayangkan seperti apa aslinya nanti.

Diperuntukkan bagi pengguna PC dan laptop untuk kebutuhan profesional. Biasa digunakan para arsitek dalam membuat rancangan gambar. Fitur didalamnya canggih sebanding dengan harganya yaitu sebesar 199,99 USD.

Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaru 2022

Aplikasi  Yang Friendly untuk Pemula dan Profesional

apk desain rumah untuk pemula

Selain diperuntukkan bagi pekerja di bidang arsitektur beberapa aplikasi juga bisa digunakan oleh pemula. Kamu yang masih pemula bisa membuat rancangan sekelas pro dengan aplikasi berikut ini.

  1. Chief Architect Premier

Seperti namanya, aplikasi desain rumah ini diperuntukkan bagi kebutuhan arsitek. Tetapi ternyata di dalamnya lengkap dengan fitur yang mudah digunakan oleh pemula. Terdapat ukuran dan tampilan 3D otomatis.

Harga yang perlu kamu bayar untuk membeli adalah sebesar 2.695 USD. Jika ingin lebih hemat bisa dengan cara menyewa sebesar 199,99 USD. Memang cukup mahal tapi sebanding dengan kecanggihan fitur didalamnya.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk perangkat laptop atau PC dengan sistem operasi minimal Windows 10. Memori perangkat minimal 8 GB, grafik 2 GB VRAM. Kamu juga harus mendownload melalui web resminya.

  1. RoomSketcher Pro

Jika kamu seorang profesional, klien pasti puas dengan hasil rancangan gambar dari aplikasi desain rumah satu ini. Versi pro ini menyediakan fitur VIP didalamnya, kamu bisa membuat label brand pada bagian-bagian gambar.

Cocok untuk yang bekerja di bidang interior, kontraktor bangunan, renovasi dan sejenisnya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk perangkat Windows, Mac, Android (tablet), iOS tapi belum bisa digunakan pada HP.

Sebanding dengan fitur lengkap dan eksklusifnya kamu harus membayar 99 USD untuk penggunaan 1 tahun. Ada versi gratisnya yang diklaim tidak jauh berbeda dari segi kualitas namun beberapa fitur tidak tersedia.

Aplikasi Khusus untuk Pengguna Expert

Aplikasi FloorPlan Creator Expert

Beberapa aplikasi desain rumah dibuat khusus untuk pengguna expert dan ditujukan kepada klien. Bukan hanya menyediakan template tetapi menu modifikasi juga lengkap. Contohnya seperti di bawah ini.

  1. FloorPlan Creator

Tools yang disediakan disini sangat lengkap. Kamu bisa membuat rancangan dari awal kemudian memodifikasi dari berbagai sisi. Bisa tampak dari atas, sehingga setiap sudut ruangan bisa presisi.

Tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Menariknya kamu bisa mendownload melalui playstore. Aplikasi ini sudah didownload lebih dari 10.000.000 pengguna dan mendapat rating 4,2 dari skala 5.

  1. Home Styler

Aplikasi desain rumah ini lebih ringan dari segi penggunaannya. Bisa untuk OS Android 4.1 dan diatasnya. Daya tariknya adalah bisa menambahkan perabot berbagai macam ke dalam rancangan gambar.

Klien bisa lebih mudah menata interior saat sudah jadi nantinya. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur 3D dan didukung dengan teknologi AR (Augmented Reality). Kamu bisa langsung memvisualisasikan hasil dari rancangan.

Kamu bisa memilih perabot, menempatkannya sesuai selera dan memindahkannya jika kurang pas. Bisa digunakan untuk level expert atau pemula. Kamu bisa mendownloadnya melalui Apple Store dan Play Store.

Aplikasi Game Desain Rumah yang Menarik

Aplikasi Game Desain Rumah yang Menarik

Selain untuk keperluan penting renovasi, redesign, bangun baru kamu bisa menggunakan aplikasi sebagai hiburan. Memainkan game menarik dan bermanfaat sekaligus bisa diaplikasikan sesuai hati.

  1. Design Home

Aplikasi desain rumah yang juga merupakan game adalah Design Home. Design Home memungkinkan kamu mendekorasi sendiri ruangan dalam rumah. Membuat tampilan lebih fresh dan baru dengan berbagai perabot.

Bukan hanya untuk main-main, kamu bisa mengaplikasikannya langsung sebab dilengkapi dengan katalog berbagai furniture. Aplikasi ini bekerja sama dengan brand ternama sehingga sekali bermain bisa sekaligus membeli furniture.

Design Home bisa kamu download dan install ke dalam perangkat minimal Android 4.4. Ukurannya kecil hanya 103 MB, bisa kamu dapatkan melalui Google Play secara gratis.

  1. Magic Plan

Aplikasi desain rumah satu ini juga ringan untuk penggunaan oleh pemula. Cara penggunaannya cukup unik dan canggih. Kamu cukup scan ruangan yang diinginkan nanti hasilnya akan jadi denah.

Sangat bermanfaat bagi yang ingin merenovasi rumah baik satu ruangan saja atau keseluruhan. Untuk membuat denah beberapa ruangan cukup scan satu persatu kemudian digabungkan.

Format file nantinya bisa berupa SVG, PDF atau XLS lalu menampilkannya dalam format 3D. Dari sini kamu bisa memperhitungkan kebutuhan bahan dan biaya berdasarkan ukuran keseluruhan yang akan direnovasi.

Kamu bisa mendownload melalui Play store dan Apple store dengan gratis. Ratingnya di Google play cukup tinggi yaitu 4.4 dari skala 5 menandakan sudah banyak pengguna yang merasa puas dengan kinerja aplikasi.

Aplikasi Ringan untuk Membantu Merancang Sketsa

Merancang sketsa gambar untuk kebutuhan rancang bangunan rumah atau renovasi bisa juga menggunakan aplikasi yang ringan. Selain hemat memori perangkat, penggunaannya mudah dan tidak perlu membayar.

  1. Dream Plan

Aplikasi desain rumah ringan yang pertama adalah Dreamplan. Bisa digunakan secara offline jadi tidak perlu selalu menggunakan jaringan internet saat akan membuat sketsa. Dari segi grafisnya belum modern.

Ini yang menyebabkan ukuran file downloadnya kecil. Meski terlihat kuno tetapi untuk membantu proyek kecil seperti keperluan renovasi masih mumpuni. Didalamnya sudah dilengkapi template untuk membantu pekerjaan.

Kebutuhan ruang penyimpanan hanya 100 MB dan bisa digunakan untuk Windows 7 ke atas. Perangkat dengan RAM 4 GB dan VGA 1 GB sudah bisa untuk menjalankan aplikasi Dreamplan.

  1. Home Outside

Aplikasi desain rumah selanjutnya adalah Home Outside. Home Outside sementara hanya bisa digunakan untuk Mac, iPhone dan iPad. Seperti namanya, bisa digunakan untuk membuat sketsa luar ruangan.

Mengusung program desain CAD teknis yang lengkap didukung sebanyak 700 elemen untuk menghasilkan visualisasi lebih real. Dilengkapi fitur layers yang memfasilitasi pengelolaan desain, fitur sketch untuk sketsa, rulers untuk mengukur, map tool menempatkan properti.

Dengan kelengkapan fitur tersebut aplikasi ini bisa kamu gunakan dengan membayar sebesar 2.99 USD. Masih sangat terjangkau untuk kategori aplikasi berkualitas dengan hasil profesional.

  1. Artlantis

Aplikasi desain rumah Artlantis adalah perangkat lunak dengan grafik 3D. Memiliki kecepatan tinggi yang dibuat untuk keperluan arsitektur dan desainer. Hasil sketsa atau gambar memiliki resolusi tinggi dan berkualitas.

👉 TRENDING:  Review 5 Aplikasi Autocad untuk Android Terbaru

Developer hanya menyediakan untuk penggunaan PC. Sebab didalamnya terdapat fitur canggih berkualitas yang perlu perangkat memadai. Desain rumah yang kamu buat jadi lebih profesional dengan Artlantis.

Perlu diperhatikan juga bahwa untuk menggunakan Artlantis dalam membuat desain perlu membayar. Tetapi jika ingin gratis tersedia versi trial selama 30 hari, hasilnya sama dengan aplikasi berbayar.

  1. Kitchen Planner 3D

Kitchen Planner 3D adalah aplikasi desain rumah yang khusus untuk membuat gambar dan sketsa dapur. Cocok untuk keperluan renovasi atau khusus merancang area dapur di dalam rumah.

Menariknya Kitchen Planner 3D memungkinkan pengguna untuk menyimpan hasil proyek, membuka kemudian mengekspor ke dalam galeri. Aplikasi ini gratis dengan fitur visualisasi 3D.

Kamu bisa mengutak-atik letak perabot dapur seperti rak cuci piring, kabinet atas, cooker hook, kitchen sink, letak jendela dan sebagainya. Warna kitchen set, dinding, lantai bisa diganti sesuka hati.

Aplikasi ini sangat ringan bisa digunakan untuk Android 4.4 ke atas. Ukurannya hanya 25 MB tidak menyita banyak ruang memori di HP kamu. Mendapat rating 4 dari skala 5 google play menandakan kualitasnya diakui pengguna.

Tips Memilih Aplikasi Desain Paling Tepat

Dari sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan kamu harus bijak saat memilih. Minimal sesuai dengan tujuan penggunaan dan fungsinya lebih maksimal. Berikut tips yang bisa diikuti.

  1. Pilih aplikasi desain rumah sesuai dengan kapasitas perangkat

Ini penting sebab alih-alih menggunakan program dengan menu lengkap ternyata tidak dapat berjalan karena perangkat tidak mendukung. Kamu perlu memperhatikan sistem operasi yang disyaratkan agar sesuai.

  1. Perhitungkan ukuran file download

Jika menggunakan aplikasi kamu harus memperhitungkan kapasitas file yang didownload. Jika terlalu besar bisa menyita lebih banyak ruang. Bisa jadi program lain yang juga penting jadi tidak dapat berjalan.

  1. Sesuaikan tujuan penggunaan

Setiap aplikasi desain rumah menyediakan fitur berbeda. Jika tujuan penggunaan hanya untuk renovasi sebaiknya pilih yang sudah ada template dan foto. Tanpa perlu merancang dari awal karena akan lebih lama dan tidak efektif.

  1. Pilih aplikasi profesional untuk kebutuhan pekerjaan

Jika kamu bekerja di bidang desain dan arsitektur perlu menggunakan aplikasi berstandar tinggi. Hasilnya pasti memuaskan bila disesuaikan dengan kebutuhan. Lebih maksimal jika menggunakan aplikasi untuk PC dan laptop.

  1. Perhitungkan efisiensi biaya

Ada aplikasi desain rumah yang berbayar dan gratis. Untuk keperluan pribadi sebaiknya kamu gunakan yang gratis atau trial. Namun jika berkaitan dengan proyek besar tidak masalah membayar langganan karena hasilnya lebih berkualitas.

  1. Pilih aplikasi yang fleksibel

Ada kalanya hasil rancangan perlu dicetak atau dikirim kepada orang lain. Aplikasi pilihan kamu harus memiliki fitur kemudahan export file supaya bisa diubah ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan.

Macam aplikasi desain selalu bertambah dan berubah mengikuti update dari masing-masing pengembang software. Jika ingin menggunakannya usahakan memilih aplikasi desain rumah terbaru yang fiturnya lebih lengkap.