Ini Alasan Kanye West Tolak $100 Juta dari Apple Music!
kanye west tolak kerjasama apple music

Ini Alasan Kanye West Tolak $100 Juta dari Apple Music!

Kanye West baru saja menolak tawaran senilai $100 Juta untuk rilis album terbarunya dengan alasan bahwa Album baru Donda 2 hanya akan tersedia di perangkat Steam Player milik dia sendiri

Dalam serangkaian posting Instagram yang sekarang dihapus, musisi Ye (sebelumnya Kanye West) mengklaim bahwa dia menolak – atau kehilangan – kontrak $ 100 juta dengan Apple.

Tapi, berbeda dengan apa yang Apple Music katakan, dilansir dari AppleInsider, Apple Music menarik tawaran itu setelah Kanye West mengumumkan bahwa album barunya “Donda 2” hanya akan tersedia melalui Steam Player-nya. (Ini adalah perangkat keras yang funky yang The Verge gambarkan sebagai “alat musik aneh yang memungkinkan Anda mendengarkan dan memanipulasi musik secara real time.”)

Apple Music Tarik Tawaran Kerjasama

Kasusnya agak membingungkan, karena Ye tampaknya telah melewatkan rejeki nomplok terpisah dari Apple: satu adalah biaya album untuk muncul di Apple Music, dan yang lainnya tampaknya merupakan kesepakatan sponsor yang runtuh setelahnya pengumuman Steam Player.

Tampaknya hubungan artis dengan Cupertino sekarang berada di titik terendah sepanjang masa. Dalam satu posting, Yi dilaporkan menulis, “Saya suka cara Apple melihat artis hanya dalam satu cara. Mereka akan duduk dengan [CEO Spotify] Daniel Eck tetapi mereka tidak akan melihat Yi.”

Tapi ketidakpuasannya berakar pada penyebab yang lebih luas dari sekadar pendekatan Apple kepadanya secara pribadi. Dalam iklan aslinya, ia mengutip bagi hasil yang diambil oleh perusahaan streaming sebagai alasan untuk meluncurkan di Steam Player saja.

“Donda 2 hanya akan tersedia di platform saya sendiri, Stem Player,” katanya. “Tidak di Apple Amazon Spotify atau YouTube. Saat ini artis hanya mendapatkan 12% dari uang yang dihasilkan industri. Saatnya membebaskan musik dari sistem yang menindas.”

Album Donda sebelumnya tersedia di Apple Music, dan memecahkan rekor pada hari peluncurannya – meskipun muncul di Apple Music sebulan setelah Tidal. Donda 2 dijadwalkan rilis hari ini (22 Februari). Anda bisa mengunjungi stemplayer.com untuk lebih jelasnya.