Cara Aktivasi dan Verifikasi Akun PTK di Aplikasi Dapodik 2022
cara aktivasi dan verifikasi akun PTK dapodik 2022

Cara Aktivasi dan Verifikasi Akun PTK di Aplikasi Dapodik 2022

Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis pembaruan aplikasi Dapodik versi 2022, yang mana ini bisa dibilang sebagai induk data atau Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Nah, pada kesempatan kali ini Teknobgt ingin berbagi informasi tentang bagaimana cara aktivasi akun PTK dan juga cara verifikasi akun PTK di aplikasi Dapodik 2022.

Cara Verifikasi Akun PTK di Aplikasi Dapodik 2022

Ketika kamu menemukan data PNS atau tenaga honor yang akunnnya belum terverifikasi, maka kamu bisa melakukan aktivasi atau verifikasi akun pada aplikasi Dapodik versi 2022 adalah sebagai berikut :

  1. Buka browser dan masuk ke situs sp.datadik.kemendikbud.go.id
  2. Kemudian login menggunakan akun operator sekolah (ketika membuat akun disini wajib menggunakan email yang aktif, tidak menggunakan email orang lain)
  3. Setelah login atau Autentikasi berhasil, kita akan diarahkan ke halaman data pokok sekolah. Pilih menu Akun dan pada Data akun individu pilih jenis akun dan ganti ke PTK lalu klik tombol Tampilkan dibagian bawahnya
  4. Tunggu proses loading yang menampilkan daftar PTK dibagian bawahnya, scroll dan cari nama/data PTK yang akunnya belum terverifikasi.
  5. Setelah ketumu akunnya, klik tombol edit yang iconnya pensil (fungsinya merubah status jadi terverifikasi adalah agar akun PTK tersebut bisa login ke situs verval ptk.
  6. Buatkan password baru dan klik update
  7. Setelah itu masuk ke situs ptk.datadik.kemendikbud.go.id dan login dengan akun PTK yang belum terverifikasi tadi (login dengan password yang kita buat tadi)
  8. Muncul 2 pilihan setelah login (pilih salah satu) dan setelah berhasil login, pilih menu Biodata
  9. Kemudian pilih menu Akun dan klik tombol Verifikasi Sekarang (akan muncul notifikasi bahwa akan mengirimkan kode verifikasi ke email yang terdaftar
  10. Klik tombol Lanjutkan dan masuk ke email untuk membuka email kode verifikasinya, Copy atau tuliskan lagi kode verifikasi ke kolom yang sudah disediakan dan setelah itu klik tombol simpan.
  11. Nah, untuk mengecek statusnya akun PTK nya sudah terverifikasi atau belum bisa masuk ke menu Akun lagi.

Agar status akun PTK tadi bisa terbaca sudah aktivasi atau terverifikasi di aplikasi Dapodik, maka kita harus melakukan sinkronisasi dengan cara memanfaatkan fitur tukar pengguna dengan cara berikut ini

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Masukkan kode akun Sekolah dan masuk dengan akun kepala sekolah
  • Setelah berhasil, klik menu validasi terlebih dahulu dan pilih validasi lokal (klik semua menu)
  • Setelah selesai validasi, klik menu sinkronisasi dan ikuti perintah yang muncul

Itulah panduan cara aktivasi atau verifikasi akun PTK yang statusnya belum terverifikasi di situs dapodik.

Aktivasi akun PTK Dapodik -