5 Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan Proses Cetak Printer Semua Tipe
5 Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan Proses Cetak Printer Semua Tipe

5 Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan Proses Cetak Printer Semua Tipe

Ketika mencetak banyak file dokumen skripsi, laporan pekerjaan ataupun tugas sekolah, tentu kita mengharapkan printer yang bisa mencetak dengan cepat. Nah, disini ada tips untuk meningkatkan kecepatan cetak printer yang mungkin bisa kamu coba settingkan pada printer dirumah atau dikantor.

Banyak yang beranggapan (termasuk saya) bahwa proses cekak dokumen di printer itu tidak bisa kita utak atik agar lebih cepat, karena memang output kecepatannya sudah diatur oleh pabrik / brand printer itu sendiri. Tapi ternyata tidak, banyak faktor yang menentukan kecepatan proses cetak, seperti jenis kertas yang digunakan, kualitas cetak yang dipilih hingga jaringan yang digunakan.

5 Cara Tingkatkan Kecepatan Printer

Printer Epson L3210 2022
Printer Epson L3210 Ini memiliki kecepatan cetak hingga 10 ipm dan bisa cetak 10 lembar permenitnya, cek detailnya disini

Setidaknya ada 5 hal yang bisa kamu lakukan cara setting printer agar proses cetaknya cepat dan ini berlaku untuk semua merek/tipe printer Epson, Canon dan lainnya.

Update Firmware

Banyak sekali manfaatnya ketika kamu rajin memperbarui firmware pada printer, seperti menghindari adanya crash atau eror saat proses cetak dan juga memberikan efek kecepatan proses printingnya.

Contohnya, Brand Canon, Epson atau produsen printer lainnya mengenalkan pengaturan mode baru yang bisa mengatur penggunaan tinta yang lebih sedikit dan pencetakannya lebih cepat tentu firmwarenya berbeda dengan versi terdahulunya. Nah, oleh karena itu kita sebagai pengguna printer harus rutin melakukan update jika ada firmware printer terbaru.

Jenis Kertas

Sesuaikanlah jenis kertas yang kamu gunakan untuk mencetak dokumennya, karena kertas dengan kualitas terbaik akan bisa berjalan dengan lancar saat melewati printhead.Untuk printer yang tipe biasa, ada beberapa jenis yang sulit menarik kertasnya jika terlalu tebal.

👉 TRENDING:  Cara Mengatasi The Following ink Cartridge Cannot Be Recognized Printer Canon

Jadi jangan menggunakan kerjas yang asal-asalan ketika ingin mencetak dokumen, pilih kertas yang sesuai kebutuhan saja.

Pengaturan Kualitas Cetak

Pengaturan printer bisa kita sesuaikan kualitas cetaknya, biasanya ada 3 pilihan (Fast, Normal dan High) atau ada juga dengan istilah lainnya seperti Konsep, Standar dan High.

Nah, contohnya saja kamu memiliki printer epson dan pengaturan kualitas cetaknya pada opsi High, tentu saja akan mempengaruhi proses cetaknya menjadi lambat. agar printer epson cepat ngeprint, kamu bisa ubah menjadi Standar/Normal atau jika hanya untuk catatan biasa saja bisa pilih opsi Draft/konsep.

Hapus Driver Printer Yang Tidak Digunakan

Ketika kamu pernah menginstal beberapa aplikasi dan driver printer berbagai merk/tipe sebelumnya dan sudah tidak digunakan lagi, ada baiknya untuk di uninstal saja. Karena selain membuat hard drive jadi penuh, file driver dan aplikasi yang tidak digunakan ini bisa saja membuat komputer jadi bekerja lebih lambat.

Performa Komputer

Yang terakhir tentunya ada pada perangkat komputer atau laptopnya harus pada performa terbaik agar bisa bekerja secara maksimal. Apa saja yang harus dilakukan agar komputer bisa berjalan dengan performa terbaiknya?

Gunakan / Instal antivirus terbaik
Menggunakan sistem operasi Windows yang sesuai dengan spesifikasi laptop / komputernya
Pastikan menggunakan RAM yang besar karena ketika menggunakan RAM kecil tapi komputernya dibuat untuk banyak bekerja, tentu akan menurunkan performanya atau komputer jadi lambat.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan agar performa kecepatan cetak printernya bisa lebih baik lagi. Selain 5 hal diatas ini, jika ingin memiliki printer yang proses cetaknya cepat maka kamu bisa mengupgrade atau membeli printer terbaru yang tentunya oleh produsen printer sudah dilengkapi dengan teknologi canggih.