Kenapa Whatsapp Tidak Bisa dibuka? Ini Cara Mengatasinya
whatsapp tidak bisa dibuka

Kenapa Whatsapp Tidak Bisa dibuka? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa aplikasi Whatsapp tidak bisa dibuka? pertanyaan yang sering muncul dari pengguna android yang sering mengalami eror ketika membuka aplikasi WA yang tiba-tiba keluar sendiri dan tidak bisa dibuka lagi.

Banyak orang yang beranggapan bahwa ketika Whatsapp tidak bisa dibuka itu karena dihack/dibajak orang lain, padahal itu tidaklah sepenuhnya benar, karena ada banyak sebab yang akhirnya sebuah aplikasi mengalami eror dan tidak bisa diakses/dibuka.

Nah, untuk mengatasi masalah Whatsapp tidak bisa dibuka seperti ini, kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Beberapa penyebab yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

Penyebab dan Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

Sistem Operasi Ponsel sudah tidak support

👉 TRENDING:  Fitur Baru Telegram Yang Tidak Dimiliki Whatsapp

Maksudnya adalah ketika kamu tidak melakukan update pada sistem operasi androidnya, sedangkan aplikasi whatsapp selalu melakukan update. Maka yang terjadi adalah sistem tidak bisa mendukung aplikasi tersebut karena tidak support.

Bahkan, perusahaan Whatsapp saja memberikan syarat minimal sistem operasi yang bisa menjalankan aplikasinya. Untuk android minimal ponsel menggunakan sistem operasi Android 4.0 keatas dan pada perangkat iPhone minimal menggunaka iOS 8.

File Cache Menumpuk

Ketika kamu terus menerus menggunakan Whatsapp, tanpa menghapus cache yang tersimpan dimemori ponsel, maka bisa menyebabkan aplikasi whatsapp itu jadi lemot dan tidak bisa dibuka.

Untuk itu, kamu bisa secara rutin melakukan pembersihan cache agar aplikasinya berjalan dengan baik. Baca Cara menghapus cache aplikasi di hp Android jika kamu belum mengetahui caranya.

👉 TRENDING:  Link Download Aplikasi Yowhatsapp Terbaru 2022

Sim Card Bermasalah

Whatsapp tidak bisa dibuka bisa saja karena kartu sim yang kamu gunakan / daftar untuk whatsapp sedang bermasalah. Terkadang ada saja penyebab yang membat SIM card jadi eror dan membuat jaringannya hilang dan Whatsapp tidak bisa mendeteksi.

Tapi, jangan langsung memvonis bahwa Sim card yang kamu gunakan rusak dan ingin mengganti. Kamu bisa membuka slot simcardnya dan merapikan posisinya lagi. Setelah itu coba restart ponsel tersebut.

Nah, itulah beberapa masalah yang sering menyebabkan Whatsapp tidak bisa dibuka dan untuk mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan secara rutin update semua aplikasi yang terinstal di ponsel dan jika memori internal ponselmu kecil, bisa menggunakan memori card eksternal agar penyimpanannya lebih besar.

👉 TRENDING:  Ini Pesan ANEH Yang Bikin Whatsapp Tiba-Tiba NgeHANG/Crash, Hati-Hati Ya!

Selain itu pastikan juga bahwa koneksi internet yang kamu gunakan stabil, agar aplikasi whatsappnya bisa terkoneksi dengan baik.