Samsung Tunjuk co-CEO Baru Untuk Produk Smartphone dan Chip!
new co-ceo samsung

Samsung Tunjuk co-CEO Baru Untuk Produk Smartphone dan Chip!

Samsung Electronics mengatakan pada hari Selasa (7/12/2021) bahwa mereka akan menggabungkan divisi seluler dan elektronik konsumennya, dan menunjuk co-CEO baru dalam perombakan kabinet terbesar sejak 2017 untuk merampingkan strukturnya dan fokus pada bisnis chip logikanya.

Dilansir dari edition.cnn.com, ada Dua co-CEO yang akan memimpin perusahaan Korea Selatan karena berfokus pada dua pilar bisnis chip dan perangkat konsumen, termasuk smartphone, untuk membantu mendorong fase pertumbuhan berikutnya dan meningkatkan daya saing.

Samsung (SSNLF), yang merek andalannya Galaxy telah membantunya menjadi pembuat smartphone terbesar di dunia berdasarkan volume, sedang berusaha untuk menghidupkan kembali pertumbuhan seluler yang lamban, yang kontribusi labanya menyusut menjadi 21% pada kuartal terakhir dari hampir 70% pada puncaknya pada awal 2010 .

👉 TRENDING:  Sony Xperia XA3 Pesaing Serius dari Samsung Seri Galaxy A

Sebaliknya, bisnis komponennya, yang dipimpin oleh chip, telah menjadi yang paling menguntungkan, didukung oleh ledakan dalam penyimpanan data dan kekurangan pasokan semikonduktor global baru-baru ini. Bisnis ini menghasilkan hampir tiga perempat dari laba operasi Samsung sebesar 15,8 triliun won (US$13,4 miliar) pada kuartal terakhir.

Samsung mengatakan Han Jong Hee, presiden bisnis tampilan visual, akan menjadi co-CEO, memimpin divisi terintegrasi baru yang mencakup perangkat seluler dan elektronik konsumen serta terus memimpin bisnis televisi. Han naik pangkat di bidang tampilan visual Samsung, tanpa pengalaman di bidang seluler.

Tidak segera jelas perubahan atau divisi bisnis apa yang diharapkan di bawah Han, tetapi analis mengatakan perombakan kabinet dapat membantu Samsung mengatasi tantangan seperti menawarkan layanan yang terhubung mulus antara smartphone dan perangkat rumah.

👉 TRENDING:  Review Prosesor Samsung Exynos 990 Yang Super Canggih

“Dalam jangka panjang, tantangan terbesar adalah membentuk platform untuk Samsung,” kata Lee Jae Yoon, analis Yuanta Securities Korea. “Perusahaan-perusahaan ini harus terus meningkatkan konektivitas antar perangkat, tetapi sejauh ini mereka belum dapat membuat platform permanen dengan kehadiran mereka.”

Chip dan Komponen

Analis mengatakan masalah yang paling mendesak adalah kekurangan pasokan chip, harga bahan baku yang tinggi, kesulitan logistik, dan persaingan dari Apple (AAPL) dan pesaing China di tengah kekhawatiran perlambatan di pasar ponsel.

Kyung Kye-hyun, CEO dari anak perusahaan komponen Samsung Electro-Mechanics dan mantan kepala chip memori flash dan tim teknologi, telah ditunjuk sebagai co-CEO untuk memimpin divisi chip dan komponen.

👉 TRENDING:  Samsung Galaxy S20 Ultra Untuk Pecinta Fotografi

Promosi penting lainnya termasuk menunjuk Chung Hyun-ho sebagai wakil ketua, kepala “tim kerja” yang menurut para analis mengoordinasikan pengambilan keputusan di Samsung Electronics dan anak perusahaannya, dan yang menurut media bekerja sama dengan Lee.

Reorganisasi adalah tanda terbaru dari pergeseran sentral di Samsung setelah pembebasan Wakil Ketua Jay Y. Lee pada Agustus setelah dihukum karena penyuapan.

“Mungkin ada eksekusi uang atau pengambilan keputusan yang lebih cepat,” kata Kim Sun Woo, seorang analis di Meritz Securities. Samsung Electronics terakhir menunjuk kepala divisi baru pada akhir 2017.