fitur baru iphone
3 Fitur Baru di Perangkat Apple (foto: Unsplash)

Tekno Business: Apple Rilis 3 Fitur Baru Di Perangkatnya Untuk Cegah Pelecehan Seksual Anak!

Maraknya pelecehan seksual terhadal anak-anak dibawah umum membuat Apple melakukan terobosan baru dengan menghadirkan 3 fitur untuk melindungi anak-anak dari predator pelecehan seksual yang biasanya menggunakan perangkat komunikasi dalam mengeksploitasi mereka (anak-anak).

Dalam website resminya, Apple mengatakan bahwa “Melindungi anak-anak dari predator pelecehan seksual adalah tanggung jawab penting, langkah-langkah ini ana terus dilakukan dan dikembangkan seiring bejalannya waktu”. Fitur yang ada di perangkat Apple ini nantinya bisa membatasi penyebaran materi pelecehan seksual anak (Child Sexual Abuse Material/CSAM).

Perusahaan Teknologi terbesar dari Ameraka Serikat (AS) ini juga mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan pakar keselamatan anak dalam mengembangkan fitur baru untuk keselamatan anak ini.

Tahun ini (2021) Apple rencananya akan merilis 3 fitur untuk perlindungan anak ini yang dimasukkan dalam pembaruan untuk iOS 15, iPadOS 15, watchOS 8, dan macOS Monterey. Tapi mereka menambahkan bahwa belum bisa dirilis secara global dan masih terbatas bagi pengguna perangkat Apple di Amerika Serikat saja.

Fitur Cegah Pelecehan Seksual Anak

apple

Aplikasi Pesan

Apple akan menambahkan fitur baru di Aplikasi Pesan yang mana nantinya bisa mengingatkan anak-anak atau orangtuanya saat mendapatkan pesan foto seksual atau vulgar.

Jadi, ketika menerima pesan vulgar, foto akan otomatis diburamkan dan anak ada notifikasi peringatan terhadap anak-anak dan juga diberikan informasi yang lebih bermanfaat.

“Sebagai tindakan pencegahan tambahan, anak juga dapat diberi tahu bahwa, untuk memastikan mereka aman, orang tua mereka akan mendapatkan pesan jika mereka melihatnya,” tulis Apple.

Peringatan juga akan muncul ketika anak-anak mencoba mengirimkan foto vulgar, mereka akan mendapatkan notifikasi peringatan dan orangtua juga akan otomatis menerima pesan jika si anaknya tetap mengirim konten tersebut.

Deteksi CSAM

Fitur barunya juga bisa mendeteksi konten-konten vulgar yang menyorot pada penyebaran materi pelecehan seksual anak (Child Sexual Abuse Material/CSAM). Teknologi Apple yang memungkinkan perangkatnya bisa mendeteksi gambar CSAM ini akan merekam semuanya dan menyimpannya di iCloud Photos dan pihak Apple juga bisa melaporkan kejadian tersebut ke National Center for Missing and Exploited Children (NCMEC).

Panduan Siri dan Search

Panduan Siri dan Search juga diperluas oleh Apple dengan informasi sumber daya tambahan untuk membantu anak dan orangtua tetap aman saat berselancar di internet dan juga bisa mendapatkan bantuan saat situasi tidak aman.

Contohnya saja si anak atau orang tua bisa bertanya kepada Siri tentang langkah-langkah untuk melaporkan CSAM atau eksploitasi anak, maka akan langsung diarahkan ke sumber daya untuk tempat dan cara mengajukan laporan.