Perbandingan Spesifikasi dan Harga Untuk Laptop Pelajar Vs Chromebook

Ini Perbandingan Spesifikasi dan Harga Untuk Laptop Pelajar Vs Chromebook

Kontroversi pengadaan laptop yang dilakukan oleh Kemendikbudristek memang sedang hangat diperbincangakan oleh netizen, lantaran laptop yang dianggarkan Rp10 juta per unitnya saat ini dipasaran dijual dengan harga dibawah 5 juta.

Pengadaan laptop oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenbudristek) ini adalah rencana pemerintah dalam program digitalisasi sekolah. Laptop merah putih adalah laptop yang dianggarkan ini dan jenisnya adalah Chromebook.

Nadiem Makarim juga sudah menjelaskan bahwa akan membeli alat-alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mana akan digunakan untuk dibagikan ke sekolah-sekolah dalam program digitalisasi sekolah. Pengadaan alat-alat ini menggunakan anggaran sebanyak Rp17,42 triliun sampai 2021 berupa laptop, access point, konektor, layar proyektor, dan speaker aktif, hingga internet router.

Selain alat-alat TIK tersebut, Nadiem juga akan mengalokasikan anggaran sebanyak Rp2,4 triliun untuk pembelian 240ribu laptop. Ini adalah anggaran yang dialokasikan khusus pendidikan tahun 2021 di tingkat provinsi dan daerah.

Angka itulah yang membuat publik bereaksi lantaran harga laptop yang dianggarkan Rp10 Juta tersebut, tidak sesuai dengan spesifikasi laptop yang nantinya akan dibagikan ke pelajar. Banyak netizen yang menyebutkan bahwa dilihat dari spesifikasi laptop berjenis Chromebook yang pemerintah sediakan ini dipasaran harganya sekitar Rp5 Jutaan saja.

Perbandingan Spesifikasi Laptop Merah Putih VS Chromebook

Dell Chromebook 3100 for Students
Dell Chromebook 3100 for Students

Spek Laptop Merah Putih

Nah, berikut ini adalah spesifikasi Laptop Merah Putih yang akan disediakan oleh Kemendikbud untuk para pelajar :

  • Memori standar terpasang: 4 GB DDR4
  • Harddrive: 32GB
  • Operating system: Chrome OS
  • Tipe prosesor core: 2, Frekuensi: > 1,1 GHz, Cache 1 M
  • USB port: dilengkapi dengan USB 3.0
  • Networking: WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n)
  • Tipe grafis: High Definition (HD) integrated
  • Audio: integrated
  • Monitor: 11 inch LED
  • Daya/power: maksimum 50 wattan
  • Device management: ready to activated chrome education upgrade
  • Masa garansi: 1 tahun

Spek Laptop Chromebook

Nah, sedangkan ini adalah daftar harga dan spesifikasi laptop chromebook yang spesifikasinya mirip dengan laptop merah putih dari kemendikbud.

Dell Chromebook 3100 Education, Harga: 4,725 Juta

Laptop Dell yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki produk laptop jenis Chromebook yaitu 3100 education, memiliki spesifikasi yang tidak jauh dari spesifikasi laptop yang akan dianggarkan oleh Kemendikbud. Tapi yang membedakan ada harganya, dimana laptop merah putih kemendikbud ini dianggarkan Rp 10 juta per unitnya sedangkan Dell Chromebook 3100 education dibandrol dengan harga kisaran Rp 4,725 juta.

HP Chromebook 14 N5000: Rp 4 Jutaan

Kemudian ada juga jenis laptop Chromebook dari HP yang spesifikasinya mirip dengan laptop yang dianggarkan oleh Kemendikbud.Laptop ini menggunakan RAM 4GB DDR4 dengan harddrive 64GB eMMC dan menggunakan sistem operasi Chrome OS.

Dengan spesifikasi yang sama, Laptop HP Chromebook 14 N5000 ini dibandrol dengan kisaran harga hanya 4 Jutaann saja.

Beberapa merk lainnya yang memiliki laptop jenis Chromebook adalah :

  1. Asus Chromebook C423 N3350 yang dibandrol dengan harga Rp3,899 juta
  2. Lenovo Chromebook C340 dengan harga Rp3,979 juta
  3. Asus Chromebook Flip C214MA dengan harga Rp4,850 juta