Pengguna iPhone dan iPad Akhirnya Bisa Gunakan Fitur PiP (Picture-in-Picture) Youtube
fitur picture-in-picture di ipad dan iphone

Pengguna iPhone dan iPad Akhirnya Bisa Gunakan Fitur PiP (Picture-in-Picture) Youtube

Google baru saja mempublikasikan bahwa akan mulai mengupdate aplikasi Youtube untuk perangkat iPhone dan iPad, dimana mereka akan menambahkan fitur picture-in-picture (PiP) yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh pengguna berlangganan saja.

Fitur picture-in-picture (PiP) ini memang sangat bermanfaat sekali dimana kamu bisa menonton video youtube sambil membuka aplikasi lain. Contohnya saja ketika sedang asik nonton video vlog di youtube dan ada notifikasi pesan masuk di Whatsapp, kamu bisa langsung buka Whatsappnya tanpa mengganggu video youtube yang sedang ditonton.

Fitur ini sebenarnya sudah tersedia untuk iPad yang menggunakan iOS 9 dan juga pada iPhone dengan iOS 14, tetapi banyak yang mengalami masalah seperti kadang muncul kadang juga tidak berfungsi fitur PiP-nya. Seperti halnya pada kasus di perangkat iPad, yang mana fitur PiP ini hanya muncul ketika membuka youtube menggunakan browser Safari saja.

Google update fitur PiP di ipad dan iPhone
Google update fitur PiP di ipad dan iPhone, (foto: idropnews.com)

Tapi sekarang Google sudah mengatakan bahwa mulai mengupdate Aplikasi Youtube untuk pengguna iOS dan iPadOS yang mana fitur picture-in-picture (PiP) hadil di Youtube berbayar ataupun gratis. Semua penggunanya sudah bisa memanfaatkan fitur PiP lewat aplikasi seperti yang sudah dinikmati oleh pengguna Youtube di perangkat Android.

Google juga sudah memiliki proyek baru untuk mempermudah pengguna belajar bahasa asing. Proyek ini secara internal diketahui dengan nama Tivoli. Sumber The Information mengklaim kalau fitur ini mungkin hendak diluncurkan tahun ini.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Thumbnail Youtube Dengan Photoscape di PC atau Laptop

Proyek Tivoli kabarnya telah dikerjakan sejak 2 tahun yang memakai model obrolan neural Meena, yang setelah itu berganti jadi LaMDA( Language Model for Diskusi Applications). Google mengklaim bahwa ini merupakan teknologi conversational AI yang membolehkan manusia mengobrol dengan komputer secara natural.

Awalnya Tivoli ini hanya digunakan melalui teks saja, tetapi tim Developer Google melakukan hal lain yaitu membawa fitur Google Assistant dan YouTube.Salah satu contoh use-case Tivoli di YouTube adalah dengan membuat kuis bahasa, di mana penontonnya akan merekam dirinya setelah menonton video.