Panduan Lengkap Cara Daftar CPNS Online Di SSCN.BKN.GO.ID
panduan lengkap cara daftar cpns 2021 secara online

Panduan Lengkap Cara Daftar CPNS Online Di SSCN.BKN.GO.ID

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) mungkin menjadi impian banyak orang, karena selain bisa mengabdi ke negara, PNS juga bisa mendapatkan kehidupan layak dengan gaji yang lumayan besar. Nah disini teknobgt akan membagikan panduan lengkap cara daftar CPNS di link website sscsn.bkn.go.id secara online.

Pemerintah yang kembali membuka pendaftaran CPNS di tahun 2022 ini menjadi angin segar bagi yang baru lulus sekolah ataupun lulus kuliah dan ingin mengabdi ke negara sebagai ASN.

Daftar CPNS

Apa itu ASN? Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebuah profesi bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang mana akan mengabdi kepada instansi pemerintah, lembaga kementerian ataupun di pemerintah daerah.

Cara Terbaru Daftar Online CPNS 2022

tes cpns
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jabar di GOR Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.

Berikut ini adalah panduan lengkap cara daftar CPNS yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini, yang mana proses pendaftarannya akan dilakukan secara online. Tapi sebelum itu, kamu harus mengetahui persyaratan umum untuk daftar CPNS .

👉 TRENDING:  CPNS 2021 - Rincian Formasi ASN Untuk Wilayah BALI

Daftar CPNS 2022

Proses seleksi untuk mendaftar CPNS itu biasanya ada 7 tahapan, diantaranya adalah :

  1. Peserta Mendaftar secara online di sscn.bkn.go.id
  2. Seleksi Administrasi
  3. Verifikasi Berkas Asli
  4. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan mengerjakan soal tentang TWK, TIU dan TKP. Tahapan ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
  5. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  6. Pengumuman Kelulusan dan
  7. Pemberkasan

Adapun panduan untuk mendaftar online cpns 2022 ini adalah sebagai berikut, tapi sebelum itu harap menyiapkan scan dokumen-dokumen persyaratan seperti :

  • Scan warna pas Photo ukuran 3x5cm, 4x6cm yang latarbelakangnya merah.
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (EKTP) ASLI
  • Scan Asli Kartu Keluarga (KK)
  • File Foto Selfie (Swafoto)
  • Scan Ijazah Asli
  • Scan Transkip Nilai Asli
  • File Surat Lamaran Pdf
  • File Surat Pernyataan Pdf
  • Dan dokumen lainnya yang sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar.
👉 TRENDING:  CPNS 2021 - Rincian Formasi ASN Untuk Wilayah BENGKULU

Harap diingat juga, untuk ukuran file scannya tidak besar atau tidak melebihi dari 2MB, Jika hasil scan/fotonya besar kamu bisa mengkompres file scannya tadi dengan Cara Mengecilkan Ukuran Foto yang bisa kamu lakukan dari HP ataupun Laptop/komputer.

Lanjut ke langkah-langkar daftar online CPNS 2022 :

Contoh swafoto memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN
Contoh swafoto memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN (aceh.tribunnews.com)
  1. Setelah memiliki file scan dokumen persyaratannya, langkah selanjutnya adalah membuka link portal SSCN di https://sscn.bkn.go.id
  2. Banyak yang menyarankan pada saat daftar itu menggunakan laptop atau komputer, jika menggunakan smartphone ditakutkan ada form yang tidak terlihat ataupun salah pengisian formulis karena layarnya terlalu kecil.
  3. Setelah membuka link diatas tadi, peserta diwajibkan membuat akun di SSCN BKN terlebih dahulu dengan cara klik menu “Registrasi”
  4. Isi form yang muncul, seperti kolom Nomor Induk Kemendudukan (NIK) yang ada di KTP, Nomor Kartu keluarga (KK) dan data diri pribadi seperti Nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, email, dan tentunya password untuk login yang harus selalu diingat.
  5. Ada juga nanti peserta harus mengupload scan pas photo yang latarbelakangnya merah tadi. Setelah itu Cetak kartu informasi Akun.
👉 TRENDING:  CPNS 2021 - Rincian Formasi ASN Untuk Wilayah Jawa Tengah

Cetak kartu daftar CPNSnya itu dan jangan sampai hilang. Jika peserta lolos seleksi pada tahap pendaftaran ini maka selanjutnya adalah tahap seleksi administrasi yaitu proses pengecekan kelengkapan dan keaslian dokumen persyaratannya.Dan jika ini kembali lulus, selanjutnya harus mencetak kartu ujian untuk mengikuti Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan bidang.

Nah untuk mempersiapkan tahapan tes SKD, kamu bisa mempelajari Contoh Soal CPNS yang mana disitu terdapat soal-soal latihan tentang tes wawasan kenegaraan (TWK), TIU (Tes Intelegensi Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).