blt pkh cair

Nasional: Segera Cek Rekening BLT-nya, Bulan Ini Sudah Mulai dicairkan Lagi!

Krisis ekonomi akibat pandemi covid-19 memang benar adanya dan yang paling terasa adalah oleh masyarakat kelas menengah kebawah, dimana banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan hingga usaha kecilnya yang semakin sepi pembeli.

Untuk itulah Pemerintah hadir dengan program-program bantuan yang kembali dilaksanakan pada awal tahun 2021 ini seperti sembako, bantuan langsung tunai (BLT) hingga bantuan UMKM agar perekonomian masyarakat kembali normal.

Pada bulan Januari 2021 kemarin, periode pertama sudah selesai pembagian bansosnya. Kabar baiknya untuk para penerima bantuan sosial ini adalah periode kedua atau bulan Februari ini BLT sudah mulai dicairkan langsung ke rekening masing-masing penerima bantuan.

Seperti dikutip dari Okezone (25/02/2021) bahwa Bantuan Langsung Tunai untuk kelompok Program Keluarga Harapan / BLT PKH sudah cair diperbankan BUMN sebensar Rp 9,6 triliun, Hal ini langsung dikatakan oleh Rachmat Koesnadi selaku Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK).

Adapun rincian dari pencairan dana BLT tersebut adalah sebagai berikut :

  • Bank BNI sebesar Rp4,1 triliun
  • Bank Mandiri sebesar Rp1,5 triliun
  • Bank BRI sebesar Rp3,6 triliun
  • Bank BTN sebesar Rp298 miliar

Rachmat menambahkan bahwa “BLT untuk PKH kembali cair lagi di Februari yang mana tahap 1 sudah dicairkan pada tanggal 22 Februari 2021 di perbankan Himbara,”

Perlu diketahui bahwa BLT PKH ini diberikan dalam kurun waktu 1 tahun dengan 4 tahap pencairan yang dimulai dari Januari, April, Juli dan Oktober. Nah BLT yang dicairkan tersebut bisa diambil oleh para penerima yang sudah terdaftar langsung ke Bank BUMN yang telah ditunjuk Pemerintah untuk pencairannya yaitu Bank BNI, Mandiri, BTN dan BRI.

Berdasarkan data dari Kementerian Sosial (Kemensos) bahwa BLT Prioritas untuk program keluarga harapan terdiri dari

BLT Ibu Hamil rincian dana bantuannya adalah Rp 3 juta, BLT Balita atau anak usia dini mendapatkan bantuan Rp 3 juta atau Rp 750.000 setiap periodenya. BLT Anak Sekolah mencapai Rp 4,4 juta yang dibagi sesuai jenjang pendidikannya diantaranya adalah :

  • Anak SD Rp900.000 setahun atau Rp225.000 per tiga bulan
  • Anak SMP Rp1,5 juta setahun atau Rp375.000 per tiga bulan dan
  • Anak SMA Rp2 juta setahun atau Rp500.000 per tiga bulan.

Untuk para ibu hamil yang belum mengetahui apakah dapat bansos atau tidak bisa cek langsung disini Link Cek Bansos PKH 2021 Ibu Hamil dan Balita

Sedangkan untuk BLT anak sekolah jika ingin mendaftar bisa di cek para artikel Persyaratan daftar BLT Anak Sekolah agar bisa cepat diproses dan mendapatkan bantuannya.

Nah, yang sudah terdaftar di program BLT PKH ini dan belum mendapatkan pencairan dana bansosnya bisa langsung mendatangi Bank BUMN yang disebutkan tadi.