ITB Menjuarai Event Tahunan Huawei ICT Competititon 2019-2020 Di Tiongkok.
ITB juara Huawei ICT Competition 2019-2020

ITB Menjuarai Event Tahunan Huawei ICT Competititon 2019-2020 Di Tiongkok.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjuarai kompetisi tahunan bergengsi Huawei ICT Competition 2019-2020. Sebawai wakil dari Indonesia, ITB berhasil membawa pulang 2 Grand Prizes di  tingkat dunia yang mana kompetisi pada tahun ini dilaksanakan secara virtual di Shenzhen, Tiongkok, akhir minggu lalu.

Pada kategori Netword dan Cloud, ITB menunjukan keahliannya dengan memberikan performa terbaik. Tahun ini merupakan event kelima dari Huawei ICT Competition yang diikuti oleh 109 tim dari 32 negara yang lolos ke babak final di tingkat global.

Menurut Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah dalam siaran pers Huawei, Selasa (16/11/2020)

“Prestasi ITB di kompetisi Huawei ICT Competition kami harapkan makin meningkatkan semangat kami dan juga dunia pendidikan tinggi di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kompetensi dan penguasaan di bidang teknologi termutakhir agar makin berkontribusi dalam mendukung terwujudnya Indonesia maju berbasiskan teknologi, inovasi dan riset,” 

Apresiasipun diberikan oleh Reini yang mewakili ITB kepada Huawei yang secara konsisten menghadirkan kompetisi edukatif di dunia pendidikan tingkat tinggi. Para talenta muda dari Indonesia akhirnya bisa menunjukkan keahloannya dan bisa bersaing dengan negara lain.

Daftar Juara / Grand Prize

Grand Prize di kategori Network

  • ITB dari Indonesia
  • Tim-tim dari negara Aljazair
  • Tim Shenzhen Polytechnic dari Tiongkok
  • Tim 1 dari Malaysia
  • Tim tiga dari Nigeria.

Grand Prize di kategori Cloud

  • ITB berbagi kemenangan dengan tim Nigeria, tim Brazil, tim Nanjing Vocational University of Industry Technology dari Tiongkok, serta tim Mesir.

Grand Prize di kategori Innovation Competition

  • Sementara Grand Prize di kategori Innovation Competition diraih tim Singapore Polytechnic dan tim Shanghai Jiao Tong University dari Tiongkok. Tim Singapore Polytechnic juga berhasil membawa pulang penghargaan TECH4ALL Social Contribution Award.
👉 TRENDING:  Cara Setting Modem Indihome Huawei, Cepat dan Praktis

Ucapan selamat langsung diberikan oleh Jacky Chen selaku CEO Huawei Indonesia atas kemenangan Tim ITB yang memakili Indonesia. Huawei yang sudah lebih dari 20 tahun hadir di Indonesiapun turut bangga atas prestari yang diraih oleh Tim ITB di Huawei ICT Competition 2019-2020.

Sementara itu, Direktur HR Huawei Indonesia, Dani K. Ristandi, mengungkapkan, setiap tahun, Huawei Indonesia berkolaborasi dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia untuk menyelenggarakan berbagai program seperti pelatihan, sertifikasi, seminar, alih teknologi, program Seeds for the Future, kegiatan magang dan perekrutan.

“Kami memberikan orientasi dan pelatihan khusus selama 3-6 bulan agar mereka memiliki pemahaman yang lengkap tentang perusahaan, budaya, bisnis, teknologi, serta pengetahuan praktis sehingga mereka menjadi SDM yang makin siap bekerja sesuai peran dan tanggungjawabnya masing-masing,” kata dia.

Berkat kerja sama antara Institute for Information Technologies in Education UNESCO, International Centre for Higher Education Innovation UNESCO dan Huawei. Kompetisi Huawei ICT Competition 2019-2020 berhasil mencatatkan rekor dalam hal jumlah peserta. Hampir 150.000 mahasiswa dari lebih dari 2.000 perguruan tinggi di 82 negara dan kawasan di dunia turut berpartisipasi. Dari jumlah ini, sebanyak 109 tim yang terdiri dari 327 siswa dari 39 negara dan kawasan berhasil masuk ke babak final di tingkat global. (Sumber: Antaranews)