Ternyata Bahaya Banget Pakai Kabel Charger Palsu! Bisa Meledak iPhone Kesayangan
Bahaya kabel charger iphone palsu

Ternyata Bahaya Banget Pakai Kabel Charger Palsu! Bisa Meledak iPhone Kesayangan

Mungkin kalian pernah menonton berita TV, membaca portal berita ataupun di sosial media tentang kasus ponsel / iPhone meledak yang mengakibatkan pemiliknya terluka parah? Nah itu bisa terjadi kerena hal-hal sepele seperti menggunakan kabel charger palsu ataupun yang rusak.

Pemicu dari terjadinya kecelakaan itu rata- rata disebabkan karena keteledoran pemilik iPhone saat menggunakan kabel charger yang sudah rusak ataupun palsu yang bisa jadi tidak sesuai dengan standar bawaan dari pabriknya saat melakukan pengisian baterai.

Tidak hanya itu, memakai kabel charger palsu juga bisa merusak iPhone secara perlahan. Menang kerusakan yang terjadi tidak langsung tampak langsung, tetapi bisa jadi akan muncul beberapa bulan kemudian. iPhone yang sepatutnya mempunyai usia beberapa tahun, sekarang bisa mengalami kerusakan lebih cepat karena memang penggunaan charger yang tidak sesuai standard.

Bahaya Penggunaan Kabel Charger Palsu

Tetapi, apabila kalian masih tetap saja keras kepala serta tidak ingin mengubah kabel charger bajakan yang murah itu dan menggantinya dengan kabel asli dari Apple, maka ada beberapa hal yang akan ternyadi pada iPhone, diantaranya adalah :

👉 TRENDING:  Begini Cara Cepat Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer

Overheating

Arus pada kabel charger palsu / bajakan pasti sangat tidak normal, kadangkala arus yang masuk itu sangat besar dan kadang-kadang juga bisa berubah menjadi kecil. Hal seperti inilah yang sangat beresiko buat iPhone, karena arus listrik /  daya yang masuk itu naik turun maka bisa menyebabkan baterai jadi Overheating atau jadi panas dan tentunya ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen didalamnya.

Merusak Baterai

Bahaya penggunaan kabel charger palsu yang selanjutnya adalah umur baterai iPhone akan cepat menurun,Ini sebab produk palsu itu mempunyai voltase yang lebih rendah dan terkadang daya yang masuk lebih tinggi dibanding dengan kabel charger original.

Komponen Cepat Rusak

Siapa bilang memakai kabel palsu cuma hendak berakibat pada baterai? Tampaknya, kabel palsu pula dapat berakibat pada komponen iPhone. Ini karena pengisian energi yang berasal dari charger palsu pasti tidak hendak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga komponen yang terdapat pada iPhone bisa mengalami kerusakan.

👉 TRENDING:  iPhone XS Max - Spesifikasi Teknis (LENGKAP DAN DETAIL)

Hal Yang Membuat iPhone Bisa Meledak

Kalian tentu sempat memandang kabar menimpa smartphone yang meledak secara seketika. Peristiwa tersebut dapat saja sebab memakai kabel charger yang tidak asli / palsu. Itu terjadi karena adapter yang kualitasnya kurang baik. diwaktu iPhone diisi dayanya terus menerus, Baterai iPhone akan kelebihan muatan arus sehingga terjadi overheating dan akhirnya meledak.

Memanglah, harga dari kabel iPhone Original terbilang mahal. Solusinya, kalian dapat mencari kabel alternatif lain yang mempunyai standar serta mutu bagus yang setara dengan kabel ori iPhone. Solusi atau alternatifnya adalah kalian dapat memilah kabel charger dengan label MFI( Made for iPhone/ iPad/ iPod), suatu lisensi dari Apple kepada pabrikan pihak ketiga yang membuat aksesori dengan mutu cocok kriteria Apple.

👉 TRENDING:  Kabar Gembira! Game Fortnite Segera Hadir Kembali di iPhone

Tidak hanya mempunyai lisensi formal dari Apple, aksesori dengan label MFI umumnya mempunyai harga lebih murah dibanding aksesori orisinil dari Apple. Salah satunya merupakan kabel UL- 01 keluaran Hippo Elite yang juga mempunyai label MFI.