chipset mediatek dimensiti 600 5G

MediaTek Siapkan Chipset Dminsity 600 Untuk Hp 5G

Teknobgt – MeditaTek yang merupakan produsen prosesor ternama asal Taiwan ini dikabarkan sedang mempersiapkan perilisan produk terbarunya mereka yaitu chipset Dimensity 600 yang nantinya akan mendukung Hp 5G.

Hadirnya konektifitas 5G yang akan digunakan pada smartphone terbaru ini membuat persaingan para produsen prosesos sangat panas, seperti Qualcomm yang lebih dulu gencar mengeluarkan chipset-chipset terbarunya untuk mendukung smartphone yang memiliki konektifitas 5G.

Oleh karena itu MediaTek juga mempersiapkan chipset terbarunya yang akan segera rilis dalam waktu depat ini. Dikutip dari GSMArena “Bocoran informasinya, bahwa chipset Dimensity 600 ini akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2020. Sedangkan untuk Hp pertama yang akan menggunakan prosesor ini akan dikenalkan pada pada kuartal ketiga 2020.

Saat ini sedan beredar kabar bahwa pemilihan nama Dimensity 600 pada chipset terbarunya ini memang sengaja agar mirip seperti lini cipset dari Qualcomm. Contohnya adalah Snapdragon 690 5G SoC, cipset ini bisa menghasilkan grafik 60 persen dan kinerja 20.0 lebih baik daripada seri sebelumnya.

“Dimensity 600 dibangun di atas proses 7nm lebih tinggi daripada dua kakaknya yaitu Dimensity 800 dan 1000, dari laman Tech Radar.” Sedangkan chipset Qualcomm yaitu Snapdragon 690 ini ada diatasnya yaitu dibangun di atas proses 7nm.

Spesifikasi ini dari MediaTek Chipset Dimensity 600

Prosesor chipset mediatek dimensiti 600 5G

Kabarnya Dimensity 600 ini sudah menggunakan ARM Cortex-A 76 dan A-55. Walaupun spesifikasinya masih berada di bawah Qualcomm. Namun menurut kabar yang beredar, prosesor ini memang akan digunakan untuk Hp dengan harga yang terjangkau.

Menurut laporan Gizmo China, Menyoal singkat kiprah MediaTek, pada Agustus 2019 lalu perusahaan mulai memproduksi cipset khusus untuk posel gaming yaitu Helio G90 dan G90 T.

Seri cip Helio G90 itu menggabungkan core CPU dan GPU terbaru dengan memori cepat dan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Selain itu, prosesor ini dipasangkan dengan teknologi HyperTine Mediatek. Helio G90 menggunakan Arm Cortex-A76 dan Cortex-A55 yang dipasangkan dengan Arm Mali-G76 3EEMC4 dengan kecepatan hingga 800 MHz.