Google cloud gaming Chromebooks

Google Bekerjasama Dengan Lenovo, Acer, dan ASUS Luncurkan Chromebook Game Cloud

Google telah memperkenalkan tiga laptop yang diklaim ideal untuk cloud gaming meskipun layanan streaming game-nya, Stadia, telah dihentikan. Laptop ini bermitra dengan Lenovo, Acer, dan ASUS, serta platform game seperti Microsoft Xbox Cloud Gaming (Beta) dan Nvidia GeForce Now, antara lain.

Bulan lalu, Google mengumumkan Framework Laptop Chromebook Edition, yang berfokus pada kemudahan perbaikan dan penyesuaian. Chromebook yang diluncurkan hari ini adalah Lenovo Ideapad Gaming Chromebook, Acer Chromebook 516 GE, dan ASUS Chromebook Vibe CX55 Flip.

Google mengklaim produk ini ideal untuk bermain game karena layar beresolusi tinggi 120Hz+, keyboard gaming RGB pada model tertentu, kemampuan anti-ghosting, audio yang imersif, dan WiFi 6 atau 6E untuk konektivitas. Wifi 6E juga diluncurkan baru-baru ini sebagai Nest WiFi Pro, yang mendukung pita radio hingga 6GHz.

Laptop Chromebook Edition

SpecASUS Chromebook Vibe CX55 FlipAcer Chromebook 516 GELenovo Ideapad Gaming Chromebook
ProcessorIntel Core i5+ processorIntel Core i5+ processorIntel Core i3+ processor
RAM8GB+8GB+8GB+
Display144 Hz FHD display120 Hz WQXGA display120 Hz WQXGA display
Wifi ConnectivityWifi 6 connectivityWifi 6E connectivityWifi 6E connectivity
SpeakersHarmon Kardon dual-certified speakersDTS and force-canceling speakers4-speaker system with Wave audio tuning
KeyboardAnti-ghosting keyboardRGB anti-ghosting keyboardRGB anti-ghosting keyboard

Laptop ini hadir dengan kecepatan bingkai 120 fps dan latensi input kelas konsol kurang dari 85 milidetik. Menurut Google, fitur-fitur ini diuji oleh platform benchmarking yang disebut GameBench. Selanjutnya, perusahaan mengungkapkan kemitraannya dengan Nvidia untuk menawarkan dukungan GeForce Now RTX 3080 untuk game cloud hingga resolusi 1600p.

ACER CHROMEBOOK 516 GE
ACER CHROMEBOOK 516 GE

Selain itu, Google telah bermitra dengan Microsoft untuk menawarkan versi beta Xbox Cloud Gaming untuk Chromebook melalui aplikasi web. Aplikasi ini menambahkan berbagai game yang dapat diakses dengan berlangganan Game Pass Ultimate di Xbox, seperti Forza Horizon 5 dan Microsoft Flight Simulator.

Dengan demikian, kemitraan ini memungkinkan Chromebook terbaru menjalankan platform NVIDIA GeForce NOW, Amazon Luna, dan Xbox Cloud Gaming beta. Google menyarankan agar Chromebook tidak memerlukan unduhan atau pemasangan sebelum memainkan game; Pengguna dapat mencari game yang mereka inginkan pada platform pilihan mereka dengan mengklik tombol Semuanya di Chromebook mereka.

Google juga bekerja sama dengan Lenovo, HyperX, Acer, Corsair, dan Steel Series untuk mengesahkan aksesori game dari produsen ini, seperti headphone dan pengontrol, di bawah program Works With Chromebook. Chromebook memiliki masa percobaan tiga bulan untuk lapisan RTX3080 dari NVIDIA GeForce NOW dan Amazon Luna+ dan akan tersedia mulai bulan ini.