Nata Baka: Lezatnya Kuliner Khas Indonesia
Nata Baka: Lezatnya Kuliner Khas Indonesia

Nata Baka: Lezatnya Kuliner Khas Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali kuliner yang enak dan terkenal di dunia. Salah satunya adalah nata baka. Nata baka adalah makanan ringan khas Indonesia yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah. Rasanya manis, legit, dan gurih enak.

Asal Usul Nata Baka

Nata baka berasal dari daerah Sumatera Utara, tepatnya dari kota Medan. Makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu kala dan menjadi salah satu makanan khas yang terkenal di sana. Nama “nata baka” sendiri berasal dari bahasa Batak yang berarti “kelapa parut yang telah dikeringkan”.

Bahan-Bahan yang Digunakan

Untuk membuat nata baka, bahan-bahan yang diperlukan antara lain kelapa parut, gula merah, dan air. Kelapa parut diparut halus dan dicampur dengan gula merah yang sudah dihaluskan. Setelah itu, adonan ini dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus selama beberapa jam hingga matang.

Cara Membuat Nata Baka

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat nata baka:

  1. Siapkan kelapa parut dan gula merah yang sudah dihaluskan
  2. Campurkan kelapa parut dan gula merah, aduk hingga rata
  3. Panaskan air hingga mendidih
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan
  5. Kukus adonan selama 2-3 jam
  6. Sajikan nata baka dalam keadaan dingin

Kelebihan Nata Baka

Nata baka memiliki kelebihan yang membuatnya banyak disukai oleh orang. Pertama, rasanya yang manis dan legit sangat cocok untuk dijadikan makanan ringan. Kedua, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nata baka mudah didapat dan terjangkau. Ketiga, nata baka memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Penyajian Nata Baka

Nata baka biasanya disajikan dalam bentuk bulat atau kotak-kotak kecil. Makanan ini bisa disajikan dalam keadaan dingin atau dihangatkan terlebih dahulu. Nata baka enak disantap sebagai makanan ringan atau cemilan saat bersantai.

Varian Nata Baka

Ada beberapa varian nata baka yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Nata baka keju: ditambahkan keju pada adonan nata baka
  • Nata baka coklat: ditambahkan bubuk coklat pada adonan nata baka
  • Nata baka kacang: ditambahkan kacang tanah atau kacang hijau pada adonan nata baka

Tempat Membeli Nata Baka

Nata baka bisa ditemukan di pasar tradisional atau toko oleh-oleh khas Medan. Namun, saat ini nata baka juga bisa dibeli secara online melalui situs belanja atau e-commerce.

Kesimpulan

Nata baka adalah makanan ringan khas Indonesia yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah. Rasanya manis, legit, dan gurih enak. Nata baka bisa dibuat dengan mudah dan bahan-bahannya mudah didapat. Nata baka juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda belum pernah mencoba nata baka, segeralah mencobanya dan nikmati lezatnya kuliner khas Indonesia ini.

Artikel Nata Baka: Lezatnya Kuliner Khas Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM