Rangkuman Tradisi Lenggang Nyai di TVRI

Rangkuman Tradisi Lenggang Nyai di TVRI Untuk SMP

Tradisi Lenggang Nyai di TVRI untuk tingkat SMP kelas 7, 8 dan 9 ini akan tayang pada jam 9.30 pagi (WiB) setelah acara Sejarah dan Budaya Maluku untuk tingkat SD kelas 4, 5 dan 6.

Kamu juga bisa menonton Acara Belajar di TVRI ini secara Live streaming untuk Tradisi Lenggang Nyai di TVRI dari Hp. Caranya melakukan streamingnya adalah sebagai berikut :

Melalui website resmi TVRI : tvri.go.id/live

Aplikasi Vidio.com  ataupun versi browsernya : Vidio Live

Materi Tradisi Lenggang Nyai di TVRI Untuk SMP

Tradisi Tarian Lenggang Nyai

Tari Lenggang Nyai merupakan salah satu dari tarian khas Jakarta yang diambil dari sebuah cerita rakyat. Yang mana pada tarian ini banyak pesan dan makna yang ingin disampaikan melalui tarian ini, terutama pesan mengenai kebebasan wanita. Tari ini pun sering kali ditampilkan dalam berbagai acara di Jakarta.

Tradisi lenggang nyai sendiri memiliki sejarahnya. Sejarahnya berasal dari seorang wanita cantik yang bernama Nyai Dasimah. Ia adalah seorang wanita cantik yang berasal dari daerah Betawi yang menikah dengan Edward William seorang pria asal Belanda. Namun setelah menikah ia merasa terkekang., karena itulah ia mengambil tindakan untuk memperjuangkan kebebasannya.

Itulah sedikit ulasan sejarah dari tradisi lenggang nyai. Tradisi lenggang nyai biasa dikenal dengan tariannya. Tari lenggang nyai merupakan tari kreasi baru namun sedikit terlihat seperti tari tradisional karena mengambil dari cerita rakyat. Gerakan tarian ini mengambil sedikit dari tari topeng dan ada beberapa pengaruh Cina didalam tarian lenggang nyai.

Tarian ini memiliki tradisi dari latarbelakang Nyai Dasima. Dari cerita nyai Dasima, jadi makna dari sinopsis tari lenggang nyai itu adalah menceritakan tentang jatuhnya seseorang atau bebasnya seseorang untuk menentukan pilihannya. Satu dari keturunan belanda, satu dari keturunan indonesia. Nah, kebebasan untuk menentukan pilihannnya itulah yang menjadi makna dari pada tari lenggang nyai.

Keunikan dari Tari Lenggang Nyai ini bisa kita lihat dari gerakan-gerakan tariannya, busana, dan properti yang dikenakan. Tari Lenggang Nyai memiliki gerakan yang unik seperti gerakan cindek nyai, gerakan blonter, dan gerakan palang tiga. Busana dan properti yang dikenakan juga menarik seperti mengenakan konde cepol, toka-toka, ampreng, pending (sejenis ikat pinggang), mahkota, dan pakaiannya yang dombreng (besar).