perbedaan iphone 6 dan 6s

Perbedaan iPhone 6 dan 6s Yang Tak Terlihat

Sedang bingung mencari perbedaan iPhone 6 dan 6s? Nah, jika dilihat sekilas saja pasti tidak terlihat karena dari segi desain dan tampilannya sama-sama menggunakan layar dengan ukuran 4,7 inchi. Mau tau lebih banyak perbedaan dari 2 smartphone besutan Apple ini? simak sampai selesai ya.

Jadi iPhone 6 ini di Indonesia resmi dirilis pada tanggal 6 Februari 2015 lalu yang berbarengan dengan seri 6 Plus, Nah sedangkan iPhone 6S menyusul pada tanggal 25 September 2015 yang mana merupakan seri penerus atau versi 6 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Sebelum membahas bagaimana perbedaan iPhone 6 dan 6S ini secara detail, berikut ini adalah tabel perbandingan spesifikasinya.

Perbandingan Spesifikasi iPhone 6 dan iPhone 6S

[table id=53 /]

Data tabel perbandingan spesifikasi antara 2 iPhone ini merupakan rangkuman dari review.bulakapak.com yang mana telah dulu merilis perbandingannya, dan kali ini teknobgt.com mencoba merefresh dan membuat perbendaan iPhone 6 dan 6S dengan versi kami sendiri agar para pembaca lebih mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Jika kalian lihat tabel diatas tadi sudah jelas sekali bahwa perbedaannya cukup signifikan, hanya beberapa point saja yang spesifikasinya sama seperti ukuran layar dan resolusinya. Adapun perbedaan dari fitur-fitur unggulannya sebagai berikut :

4 Perbedaan dari Fitur Unggulannya

perbandingan iphone 6 vs iphone 6s

Desain

Jika dilihat dari segi desain / modelnya, perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6S ini seperti tidak terlihat tetapi sebenarnya ada, memang ukuran layar dan resulisinya sama tetapi untuk detail beratnya berbeda 14 gram (129 gram vs 143 gram).

Kemudian sama-sama memiliki desain warna elegant yang membuat kesan mewahnya smartphone mahal itu tetap ada. Tetapi untuk pilihan warnanya iPhone 6S memiliki variant warna yang berbeda beda seperti Space Grey, Gold, Rose Gold dan Silver.

Dari desain layar, iPhone 6S sudah menggunakan fitur 3D Touch yang membuat layarnya bisa merenpon sentuhan dengan tingkat tekanan yang berbeda-beda. Fitur ini sangat efektif dan efisien karena kalian bisa menyentuh, menekan dengan pelan ataupun kencang pada layarnya untuk memerintahkan fungsi yang berbeda juga.

Performa

Untuk performa kedua iPhone ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan, itu memang sudah sangat jelas karena iPhone 6S merupakan versi penerus dan yang pastinya memiliki spesifikasi lebih bagus dari seri sebelumnya yaitu iPhone 6. Perbedaannya adalah mulai dari Chipset yang digunakan, iPhone 6 menggunakan Chipset A8 64 bit dualcore 1,4 GHz dan graphic cardnya powervr GX5460 sedangkan iPhone 6S sudah menggunakan Chipset A9 64 bit dualcore 1,84 GHZ dan POwerVR gt7600.

Baca Juga : Ini Dia 16 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7

Chipset A9 memiliki kecepatan 70 persen lebih baik jika dibandingkan dengan A8 yang dgunakan iPhone 6, dan pihak Applepun mengklaim bahwa performa chipset Apple A9 bisa disamakan dengan prosesos sekelas dekstop PC.

Untuk internal memorinya iPhone 6S memiliki 4 variasi diantaranya 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB dengan RAM 2GB sedangkan iPhone 6 hanya 3 pilihan internal memori dan RAM nya masih 1GB.

Kamera

Kedia Smartphone mewah ini memiliki perbedaan resolusi kamera yang sangat jauh, iPhone 6 menggunakan kamera utama dengan resolusi hanya 8MP dan kamera depannya 1,2MB. Sedangkan yang  6S menggunakan 12MP untuk kamera utamanya dan 5MP untuk kamera depannya. Ini yang membuat hasil jepretannya pasti berbeda.

Baterai

untuk segi baterai yang digunakan, pada 6S mengalami penurunan kapasitas yang hanya 1715 mAh sedangkan pada iPhone 6 masih menggunakan baterai dengan tipe Non-removable Li-Po yang kapasitasnya hingga 1810 mAh.

Itulah beberapa hal penting dari perbedaan iPhone 6 dan 6S yang bisa dijadikan sebagai bahan rekomendasi untuk kalian yang ingin memiliki iPhone dengan harga yang lebih murah. Karena sudah dipastikan harganya akan jauh lebih murah karena pasti ada penurunan harga dari 2015 sampai tahun 2020.

Oiya untuk OS yang digunakan pada 2 smartphone mewah ini tidak bisa kalian upgrade pada IOS 13 terbaru, hanya mentok sampai iOS 12 untuk 2 versi iPhone ini. Dan sebelum memutuskan pilihan untuk membeli salah satu iPhone ini pastikan tidak tergiur dengan harga yang murah dan kondisi baru, karena itu sudah dipastikan barang palsu.

iPhone 6 atau iPhone 6s Plus apakah masih layak untuk di beli tahun 2020 ini? 

Nah jika ada pertanyaan seperti itu, maka bisa itu semua kembali kepada anda yang ingin membelinya, tapi jika menurut kami bahwa seri ini baik yang iphone 6, iphone 6s ataupun 6s plus masih sangat layak. Faktor yang masih banyaknya orang mencari smartphone ini ada 2, yang pertama karena memang budgetnya tidak banyak sehingga hanya bisa membeli iPhone 6 saja, kemudian alasan yang kedua karena memang menyukai smartphone dengan ukuran layar yang kecil.

Anda tinggal memilih iPhone 6 atau 6s jika menginginkan layar yang lebih kecil yaitu hanya 4,7 inci sedangkan jika ingin lebih besar pilih yang iPhone 6 Plus atau 6s Plus yang memiliki ukuran layar 5,5 inci.