windows 7 stop support

Microsoft Stop Dukung Windows 7, Buruan Upgrade Atau…

Menurut informasi yang beredar bahwa, Microsoft secara resmi akan segera mengakhiri dukungannya untuk Windows 7 pada 14 Januari 2020 mendatang. Artinya, sistem operasi ini tak lagi akan mendapatkan lagi dukungan apapun dari perusahaan yang didirikan Bill Gates ini termasuk pembaruan perangkat hingga perbaikan keamanan.

Mengutip laman resmi perusahaan, sistem operasi ini sudah berusia 10 tahun sehingga ada perubahan-perubahan yang dinilai perlu dilakukan.

“Ketika Windows 7 mencapai akhir dukungan pada 14 Januari 2020, komputer Anda masih akan berfungsi tetapi Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan teknis untuk masalah apapun, pembaruan perangkat lunak dan pembaharuan atau perbaikan keamanan,” tulis laman tersebut, dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (11/1/2020).

Perusahaan ini menyebutkan bahwa meski dukungan sudah tak diberikan, namun PC yang menggunakan Windows 7 masih akan dapat digunakan. Namun sudah barang pasti akan menjadi rentan terhadap virus dan malware. Untuk tetap beroperasi dengan aman, Microsoft menyarankan pengguna untuk segera melakukan upgrade sistem operasinya ke Windows 10 dan mengganti perangkat komputernya.

“Meskipun dimungkinkan untuk menginstal Windows 10 pada perangkat lama Anda, itu tidak dianjurkan,” masih menurut laman tersebut.

Melansir techradar.com, Sabtu (11/1/2020), Windows 7 memang sudah beroperasi selama satu dekade bahkan lebih setelah diluncurkan pada 22 Juli 2009. Hingga saat ini, 39.0 dari total pengguna Microsoft masih menggunakan sistem operasi ini.

Sebenarnya, dukungan yang diberikan Microsoft kepada Windows 7 sudah lama dikurangi, dimulai pada 13 Januari 2015. Selama periode tersebut hingga saat ini sebenarnya Windows 7 berada pada fase ‘extended support’.

Pada periode ‘extended support’ ini, sudah tak ada lagi fitur baru dan klaim garansi tidak lagi berlaku. Microsoft hanya memberikan dukungan untuk pembaruan guna ‘menambal’ sistem operasi ini untuk memastikan keamanan dan perbaikan bug.

Sedangkan untuk fase setelah 14 Januari 2020 nanti dinamakan end of life, sehingga sudah tak akan ada bantuan sama sekali bagi pengguna yang masih menggunakan Window 7. Jadi jika anda ingin beralih ke sistem operasi yang lebih tinggi, bisa mencoba Cara upgrade windows 7 ke windows 10 Resmi.

Tapi jika tetap ingin menggunakan windows 7, anda tetap bisa menggunakannya dengan cara lebih hati-hati dalam hal mengakses file atau website yang bisa mendatangkan virus atau malware ke pc atau laptopnya.

Sumber artikel : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200111162204-37-129361/laptop-pc-masih-pakai-windows-7-buruan-upgrade-atau