aplikasi keluarga sehat

Aplikasi Keluarga Sehat Versi Android

Kementerian Kesehatan Indonesia telah resmi meluncurkan aplikasi keluarga sehat. Aplikasi itu diluncurkan buat mendata data tiap keluarga bagaikan informasi base puskesmas setempat yang terintegrasi.

Program ini digunakan oleh petugas kesehatan setempat serta diharapkan jadi pusat informasi, dan data dalam rangka program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

Nah, semacam apa sih aplikasinya? berikut rangkuman yang telah dibuat oleh inet.detik.com yang mana mereka mengambil data dari berbagai sumber.

Mendukung Program Indonesia Sehat

aplikasi keluarga sehat android

Aplikasi Keluarga Sehat versi  android ini adalah program yang resmi dari pemerintah yang bisa dipakai untuk mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dalam hal pendataan keluarga sehat melalui program kunjungan kerumah-rumah warga.

Aplikasi ini merupakan hasil dari pengembangan dari aplikasi sebelumnya yang masih berbasis web yang dapat diakses melalui alamat www.keluargasehat.kemkes.go.id

Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan para surveyor untuk melakukan proses pendataan langsung dilokasi pendataan, baik dalam keadaan terkoneksi internet maupun tidak (online / offline)

Fungsi Aplikasi

Aplikasi keluarga sehat online terdiri dari 2 tipe, ialah website serta mobile. Buat aplikasi website terdapat materi administrator yang ebrfungsi untuk pengaturan menu serta pengguna, materi dashboard buat output informasi jumlah keluarga serta hasil perhitungan informasi lapangan, serta materi kuesioner buat entri informasi lapangan secara online.

Sebaliknya, aplikasi kesehatan keluarga mobile terdiri dari materi kuesioner yang berperan buat entri informasi lapangan secara online ataupun offline serta materi dashboard buat menyajikan output informasi agregat hasil perhitungan informasi lapangan.

Account Aplikasi

Cara mendapatkan account aplikasi ini melewati 5 tahapan. Awal petugas kesehatan melaksanakan permintaan account yang diperuntukan oleh Dinkes Kab/ Kota. Setelah itu, verifikasi kelengkapan oleh Pusdatin, pembuatan account oleh Pusdatin, pengiriman account ke Dinkes Kab/ Kota, serta terakhir account didistribusikan ke Puskesmas oleh Dinkes Kab/ Kota.

Metode Penggunaan

Cara menggunakan aplikasi ini bisa dengan pendataan nama calon pengelolanya di Puskesmas. Setelah itu, Dinas Kabupaten/ Kota mengirim pesan permohonan formal ke Departemen Kesehatan di alamat email keluargasehat@kemkes. go. id dengan menyertakan informasi nama calon setimpal form pendaftaran.

Berikutnya, informasi yang diterima hendak diverifikasi kelengkapannya sehingga Pusdatin hendak membuat account yang terdiri dari 1 account Dinas Kesehatan Provinsi, 1 account Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota, 1 account administrator Puskesmas dengan panduan aktivasi account yang hendak dikirim kembali ke pemohon. dan account bisa lekas diaktivasi serta digunakan buat mengisi informasi.