fbpx
profile zeniMAx media

Profile ZeniMax Media, Perusahaan Video Game Yang Diakuisisi Oleh Microsoft

Perusahaan video game asal amerika serikat ini secara resmi diakuisisi oleh perusahaan teknologi terbesar yaitu Microsoft dengan nilai yang fantastis yaitu USD 7,5 miliar atau sekitar Rp 111 triliun. Dibawah ini adalah profile perusahaan ZeniMax Madia yang juga memiliki beberapa game populer.

Menurut data dari laman Wikipedia, ZeniMax Media Inc. berdiri apda tahun 1999 yang mana merupakan sebuah perusahaan saham video game asal Amerika Serikat yang berbasis di Rockville. Pendiri ZeniMax Media adalah Christopher Weaver dan Robert A. Altman dan saat ini memiliki 6 anak perusahaan, diataranya adalah :

  • ID Software (Pengembang seri Doom, Quake dan Rage)
  • Arkane Studios (pengembang Dishonored dan Prey)
  • MachineGames (pengembang Wolfenstein: The New Order)
  • Tango Gameworks (pengembang The Evil Within)
  • Bethesda Softworks dengan Bethesda Game Studios miliknya (pengembang seri The Elder Scrolls dan Fallout)
  • ZeniMax Online Studios (pengembang The Elder Scrolls Online).

Dilansir dari websire resminya ZeniMax Media adalah Video Game publisher yang dikelola oleh orang-orang berpengalaman dan juga didukung dengan tim kreatif seperti pengembang game kelas dunia, seniman dan desain grafis, sound engineers, producers dan programmers yang mampu membuat hingga menjual video game kemarket internasional.

ZeniMax membuat dan menerbitkan konten hiburan interaktif asli untuk konsol, PC, dan perangkat seluler. Divisi Bethesda Softworks, yang didirikan pada 1986, memiliki sejarah panjang sukses sebagai penerbit video game pemenang penghargaan. Selain itu, grup ZeniMax mencakup beberapa studio pengembangan paling terkenal di dunia. Pustaka kekayaan intelektual perusahaan yang berkembang mencakup waralaba besar seperti The Elder Scrolls®, Fallout®, DOOM®, RAGE®, Wolfenstein®, Prey®, Dishonored®, The Evil Within®, dan QUAKE®.

Selain mengembangkan beberapa game paling populer di dunia, ZeniMax dan studionya memiliki sejarah panjang dalam menawarkan inovasi yang secara fundamental mengubah industri video game. Bethesda memelopori game role-playing dunia terbuka, dan merupakan studio pertama yang menawarkan konten yang dapat didownload untuk pemain setelah game dirilis.

Di studio ZeniMax di Dallas, id Software menemukan bentuk permainan video yang paling populer, penembak orang pertama, dengan merilis permainan bernama Wolfenstein; id juga merupakan studio pertama yang menawarkan Deathmatch dalam game multiplayer. Tonggak penting lainnya adalah peran id dalam kebangkitan fenomena esports global dengan game bernama Quake, dan mengorganisir kompetisi pemain pada pertemuan tahunan yang disebut QuakeCon, yang sekarang berusia lebih dari 20 tahun dan terus melihat peningkatan kehadiran dan dukungan dari tahun ke tahun. -tahun.

Rekor inovasi ZeniMax berlanjut dengan pengembangan teknologi terobosan dalam realitas virtual – atau VR – yang mengejutkan dunia game saat terungkap untuk pertama kalinya di stan Bethesda di E3, pertemuan terbesar di industri, yang mendapat sambutan luar biasa. Demonstrasi E3 tersebut memamerkan judul ZeniMax lainnya, DOOM 3 BFG, menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras berpemilik yang menunjukkan kepada dunia bahwa VR komersial adalah mungkin, dan itu menjadi katalis untuk ledakan minat pada platform ini. ZeniMax terus tumbuh dan berinovasi dalam dunia VR, dengan penawaran VR untuk judul terbaru seperti The Elder Scrolls: Skyrim®, Fallout 4®, DOOM® (2016), Wolfenstein®, dan Prey®.

Baru-baru ini, ZeniMax kembali memimpin industri dengan menawarkan mod untuk gimnya kepada pemain PC dan konsol, dan kemajuan teknologi tersebut menghasilkan ratusan juta unduhan mod oleh penggemar gim kami dalam waktu kurang dari setahun. Tentu saja, fokus kami pada penelitian dan pengembangan terus memajukan industri, dan kami berencana untuk membuat pengumuman yang lebih menarik tentang inovasi ZeniMax di tahun-tahun mendatang.