Tips & Trik: Beragam Cara Melacak Nomor HP Pakai atau Tanpa Aplikasi Khusus

Pada kondisi tertentu, cara melacak nomor HP perlu diterapkan. Kamu dapat melacaknya pakai atau tanpa aplikasi, menyesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami. Selain itu juga tergantung kenyamanan dari setiap penggunaannya.

Melacak nomor ponsel bagi sebagian orang dianggap mengganggu privasi. Tapi, pada kenyataannya di situasi tertentu, seperti saat mengalami ponsel hilang, kamu bisa memanfaatkan metode satu ini.

Tidak ada salahnya bila mempelajari metodenya sebagai antisipasi di kemudian hari mungkin mengalami hal tidak terduga. Mengenai manfaat positif lainnya, dapat kamu simak pada pembahasan berikut beserta berbagai cara yang bisa dilakukan pakai maupun tanpa aplikasi.

Manfaat Menggunakan Alat Pelacak Nomor HP

Melacak Nomor HP

Memanfaatkan alat pelacak ini akan berdampak positif bila dipakai dengan benar. Sebelum mengetahui cara melacak nomor HP, pahami terlebih dahulu berbagai manfaat positif yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan alat pelacak, diantaranya:

  1. Mendeteksi Keberadaan Ponsel yang Hilang

Manfaat pertama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu bisa membantu mendeteksi keberadaan ponsel hilang. Penyebab ponsel hilang yang kerap dialami oleh penggunanya adalah lupa menaruh atau dicuri.

Untuk mendeteksi keberadaan ponsel ini, kamu dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga khusus atau fitur bawaan yang sudah tersedia. Selain itu, kamu juga bisa melakukan seluruh back up data tersimpan bahkan memblokirnya supaya tidak di akses orang lain.

  1. Menyelamatkan Seseorang dari Situasi Darurat

Menerapkan cara melacak nomor HP bisa menyelamatkan seseorang dari situasi darurat. Seperti kita tahu bahwa kondisi darurat tidak ada yang bisa memprediksi, baik itu disebabkan oleh bencana alam, kecelakaan maupun peristiwa lainnya.

Untuk mengetahui lokasi keberadaan orang yang berada dalam kondisi darurat tersebut, kamu bisa melakukan pelacakan nomor ponsel, lalu segera menemukannya. Pastikan akses mudah dilalui supaya bisa segera membawanya bila belum berada di tempat aman.

  1. Memastikan Posisi Keluarga

Manfaat lainnya yaitu bisa memastikan posisi anggota keluarga saat sedang dipisahkan oleh jarak. Biasanya alat pelacak ini dibutuhkan ketika keluarga harus diawasi supaya terhindar dari ancaman membahayakan.

  1. Melindungi Berbagai Data Pribadi

Manfaat penerapan cara melacak nomor HP yang tidak kalah penting adalah melindungi berbagai data pribadi. Bila ponsel ternyata hilang karena dicuri oknum lain, kamu harus segera mengamankan data dengan cara melakukan back up.

Sebab, saat oknum tidak bertanggung jawab mengaksesnya, berpotensi data tersebut di salah gunakan yang bisa membawa kamu ke jalur hukum karena dianggap melakukan tindak kejahatan.

Tapi, sangat disarankan untuk tidak terlalu mengandalkan alat pelacak mengingat sekarang ini sudah banyak oknum yang cerdik. Sebaiknya, lakukan back up data secara berkala dan jaga ponsel supaya tidak hilang.

  1. Mengawasi Kinerja Karyawan

Manfaat terakhir yaitu membantu mengawasi kinerja karyawan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya berbagai hal buruk. Bila ternyata ada aktivitas mencurigakan, seperti secara diam-diam melakukan tindakan kriminal, kamu bisa segera mengatasi.

Cara Melacak Nomor Ponsel Menggunakan WhatsApp Web

Cara Melacak Nomor Ponsel Menggunakan WhatsApp Web
Lacak nomor menggunakan WA Web (image: Okezone.com)

Cara melacak nomor HP pertama bisa dengan memanfaatkan WhatsApp Web laptop atau PC. Setelah itu, bukalah pesan terakhir dari orang yang lokasinya ingin dilakukan pelacakan nomor ponsel.

Bila pesan terakhir sudah berlalu selama beberapa hari, kamu bisa mengirimkan pesan lagi. Tujuan melakukan hal ini adalah supaya memperoleh alamat IP dari orang tersebut. Bila sudah, ikuti beberapa langkah ini:

  1. Sesudah kamu membuka pesan terakhir, tekan secara bersamaan Ctrl + Alt + Del supaya masuk ke menu Task Manager.
  2. Bila Menu Task Manager sudah muncul, secara bersamaan tekan Windows + R.
  3. Lanjutkan dengan mengetik cmd dan tekan Enter.
  4. Akan muncul tampilan command prompt, lalu tuliskan netstat dan tekan Enter.
  5. Alamat IP akan muncul pada command prompt tersebut dan kamu bisa mencatatnya.
  6. Langkah terakhir cara melacak nomor HP menggunakan WhatsApp Web ini, lakukan tracking lokasi target sasaran. Caranya yaitu dengan membuka laman resmi, kemudian inputkan alamat IP yang sudah diperoleh sebelumnya.

Melacak Nomor Ponsel Bisa Menggunakan Google Maps

melacak nomor hp via google map

Berikutnya adalah pelacakan nomor HP memakai Google Maps. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka dan menjalankan perangkat Google Maps. Pastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet.

Penggunaan aplikasi ini menguras lebih banyak kuota dibandingkan yang lain. Untuk menghematnya, kamu dapat mengatur koneksi jaringan internet berdasarkan time based. Inilah langkah atau cara melacak nomor HP menggunakan Google Maps yang bisa kamu terapkan:

  1. Setelah aplikasi Google Maps berhasil dibuka, cari menu Option.
  2. Lanjutkan dengan masuk ke Friend List, lalu pilih Add Friend.
  3. Undang nomor ponsel yang posisi atau lokasinya ingin diketahui.
  4. Pastikan bahwa nomor ponsel yang menjadi sasaran sudah menerima undangan tersebut.
  5. Setelah itu, klik kontak target yang ingin dilacak, lalu Google Maps akan melakukan proses pelacakan secara otomatis serta menginformasikan posisi target.

Melakukan Pelacakan Nomor HP Memakai Kartu Provider

Bagi kamu yang tidak memiliki jaringan internet, pelacakan nomor ponsel bisa dilakukan memakai kartu provider. Setiap jenis provider akan memberikan tata cara berbeda, seperti pada ulasan berikut.

  1. Indosat

Cara melacak nomor HP dengan jenis provider Indosat yaitu mengirimkan pesan singkat atau SMS. Formatnya ketik LACAK (spasi) nomor ponsel Indosat tujuan. Setelah itu, kirimkan ke nomor 9111.

  1. XL Axiata

Untuk XL Axiata, kirimkan SMS dengan format CARI (spasi) nomor ponsel tujuan. Kemudian kirimkan ke nomor 9455. Layanan satu ini akan dikenai tarif sebesar Rp. 1.000, sehingga sebelum kirim pesan pastikan kamu memiliki pulsa.

Beberapa Aplikasi Smartphone Pelacak Nomor HP

Selain berbagai cara yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi smartphone untuk melacak nomor ponsel. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, beberapa diantaranya:

GetContact

Tentang Aplikasi Getcontact

Cara melacak nomor HP bisa memakai aplikasi GetContact. Tidak sedikit orang yang menggunakan aplikasi satu ini untuk menghindari telepon spam marketing dari oknum asing. GetContact dioperasikan dengan tujuan mengenali nomor tidak dikenal.

Nomor spam ini dapat dengan mudah diketahui bila ada pemakai aplikasi GetContact lain yang juga menyimpan kontak tersebut. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di AppStore maupun PlayStore.

Whoscall

Whoscall

Pasang Aplikasi

 

Aplikasi selanjutnya adalah Whoscall yang mempunyai database kontak seluruh dunia. Aplikasi ini bisa dibilang cukup mampu diandalkan untuk mendeteksi kontak asing dan tidak dikenal.

Mobile Number Tracker Pro

Mobile Number Tracker Pro

Cara melacak nomor HP selanjutnya bisa menggunakan Mobile Number Tracker Pro. Kontak seluruh dunia dapat dideteksi aplikasi ini, baik itu dari Asia, Kanada, Amerika maupun Eropa.

Fitur yang diberikan cukup akurat dan cepat. Bahkan informasinya detail, meliputi beberapa aspek, seperti nama pemilik kontak, jenis operator dipakai serta lokasinya.

TrueCaller

aplikasi truecaller

Aplikasi pelacak terakhir bisa diunduh secara gratis melalui PlayStore maupun Appstore yaitu TrueCaller. Saat kamu mendapatkan telepon dari kontak asing, aplikasi ini akan membantu mengenali nomor serta nama dari penelepon.

Bahkan kamu bisa langung memblokirnya bila menginginkan. Supaya mendapatkan lebih banyak fitur, kamu dapat mengupgrade ke paket premium berlangganan. Selain lebih banyak fitur, juga bebas dari tampilan iklan.

Berbagai Cara Melacak Nomor HP Lainnya Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Ada lagi cara melacak nomor HP lainnya tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, kamu tidak perlu menginstall atau memasang aplikasi khusus pada ponsel. Berbagai cara yang dimaksud antara lain:

  1. Akun Gmail

Cara pelacakan pertama bisa dilakukan yaitu menggunakan akun Gmail. Metode satu ini bisa dicoba bagi kamu yang memakai HP berbasis Android, langkah-langkahnya:

  1. Buka akun Gmail lewat laptop atau PC. Penting diperhatikan bahwa akun Gmail ini masih aktif dan kamu pakai pada ponsel yang sedang dicari posisi keberadaannya.
  2. Sesudah berhasil masuk ke akun Gmail, pilih bagian ikon titik 9, terletak di pojok kanan atas.
  3. Kemudian lanjutkan dengan masuk ke menu akun Google dan pilih bagian Buka Aktivitas Saya.
  4. Klik menu yang ada di bagian pojok kiri strip 3, kemudian pilih Kontrol Aktivitas. Setelah menu terbuka, tekan Kelola Aktivitas.
  5. Selama beberapa waktu tunggu hingga Google menampakkan kegiatan paling baru terekam HP, termasuk perangkat Google Maps. Jadi, cara melacak nomor HP satu ini nantinya akan memanfaatkan fitur Google Maps yang ada.
  6. Setelah itu, tekan penelusuran Maps, lanjutkan dengan klik ikon titik tiga, letaknya di pojok kanan bagian atas.
  7. Sekarang kamu bisa memeriksa detail aktivitas dan memperkirakan keberadaan ponsel di tempat tersebut.

Pelacakan menggunakan akun Gmail tidak hanya berfungsi untuk menemukan HP hilang saja. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menelusuri akun seseorang. Jangan lupa segera mengganti kata sandi ponsel sesudah berhasil menemukan keberadaannya.

  1. Google Find My Device

Berikutnya, tanpa menggunakan aplikasi khusus kamu bisa menerapkan cara melacak nomor HP dengan memanfaatkan Google Find My Device. Fitur ini merupakan bawaan HP berbasis Android. Langkah-langkah pelacakannya meliputi:

  1. Biasanya Google Find My Place sudah terpasang di ponsel, bila belum kamu bisa menginstallnya terlebih dahulu.
  2. Untuk kamu yang belum memiliki akun perangkat satu ini, lakukan pendaftaran memakai akun Gmail.
  3. Setelah itu, pilih menu Sign in as Guest, fungsinya untuk mengakses HP tertinggal, hilang atau dicuri.
  4. Tunggu hingga muncul tampilan perizinan.
  5. Lanjutkan dengan klik Allow agar perangkat dapat mengakses keberadaan terbaru ponsel kamu.

Terdapat tiga fitur dapat kamu gunakan untuk menerapkan cara melacak nomor HP dari Google Find My Device, yaitu Play Sound, Lock dan Erase. Setiap fitur ini memiliki fungsinya masing-masing.

Play Sound membuat HP yang kamu cari secara otomatis berdering dengan syarat sudah diaktifkan sebelumnya. Lock bisa membantu kamu mengunci akses ponsel secara langsung. Erase digunakan untuk menghapus seluruh data secara permanen.

  1. Kode IMEI

Metode terakhir, pelacakan bisa dilakukan dengan memanfaatkan kode IMEI atau International Mobile Equipment Identity. Bila ponsel kamu sudah memperoleh kode ini, langkah-langkah pelacakan berikut bisa coba diterapkan:

  1. Cara melacak nomor HP dimulai dengan mencari dan mencatat kode IMEI ponsel yang hilang.
  2. Setelah itu, buka browser untuk mengakses laman my-phone-finder.com di laptop atau komputer.
  3. Lanjutkan dengan menginputkan kode IMEI pada kolom pencarian.
  4. Kemudian tekan Find, tunggu beberapa saat hingga hasil pencarian lokasi terkini ponsel kamu muncul.

Dari sekian banyaknya metode, kamu bisa memilih salah satu yang dianggap paling cocok. Bila satu metode tidak memberikan hasil signifikan, dapat menggunakan beberapa metode. Manfaatkan cara melacak nomor HP tersebut untuk hal-hal positif, bukan sebaliknya.