Social Media: Tiktok Lite Apk Versi Ringan Bagi yang Suka Tiktokan

Bagi para Tiktokers, punya tiktok lite apk merupakan hal wajib. Aplikasi Tiktok yang muncul sejak 2017 dan populer di tahun 2020 ini memang banyak penggemarnya dan hampir 70% pengguna internet di Indonesia mengunduh serta menggunakannya.

Di aplikasi ini pengguna bisa membuat video pendek kemudian membagikannya. Jika viral, maka akan banyak orang lain mengikuti dan membuat video serupa. Si pembuat video bisa menjadi selebritas sesaat dan menambah banyak followers.

Biasanya, Tiktokers yang mendapatkan banyak followers akan dihubungi pihak-pihak tertentu dan diminta memasarkan produk mereka. Tentu saja, akan ada bayaran untuk jasa tersebut. Inilah daya tarik Tiktok sehingga banyak orang memakai app berbagi video tersebut.

Namun, banyak juga yang terhalang perkara memori untuk menggunakan aplikasi ini. Nah, jika kamu mengalami masalah yang sama, maka solusinya adalah menggunakan versi lite dari app ini.

Apa itu versi Tiktok Lite dan bagaimana mengunduh juga menggunakannya, serta samakah dengan app original? Untuk lebih jelasnya bisa simak paparan berikut ini.

Tentang Tiktok Lite Apk

tentang tiktok lite

Pertama-tama, kami akan ajak kamu berkenalan dengan Tiktok Lite. Ini merupakan sebuah aplikasi atau platform media sosial yang memungkinkan pembuatan video pendek disertai musik. Pembuat bebas mengekspresikan diri dengan tarian, gaya, maupun performa lainnya.

Bisa dikatakan ini merupakan versi ringan dari Tiktok apk yang selama ini digunakan para Tiktokers, karena memang dari segi ukuran lebih kecil sehingga cocok untuk pengguna dengan memori kecil

Fungsi Tiktok lite apk memungkinkan pengguna membuat video pendek yang unik dengan mudah dan cepat. Kemudian membagikannya ke teman-teman di seluruh dunia. Dengan adanya apk ini, maka pengguna semakin bebas berimajinasi dan mengekspresikan diri.

Untuk mendapatnya bisa langsung akses Playstore di handphone Android kamu. Lalu unduh dan instal, kemudian bisa digunakan. Saat ini, sudah lebih dari 500 juta orang mengunduh dan menggunakannya.

Kebanyakan pengguna beranggapan app ini mampu bantu menghemat kuota internet sehingga pengeluaran untuk biaya Tiktokan tidak lagi semahal dulu. Jadi, kalau kamu termasuk yang mau berhemat, maka bisa gunakan Tiktok lite apk.

Apa Beda Tiktok Lite dengan App Tiktok Biasa?

Karena sudah ada versi terdahulunya yang dirilis oleh Tiktok PTE.LTD, maka wajar saja orang akan bertanya apakah aplikasi versi mini atau ringan ini lebih baik daripada yang dahulu.

Sebenarnya, jika dikatakan lebih baik atau buruk tidak bisa sebab semua app ada kelebihan dan kekurangannya. Namun, apabila membicarakan perbedaan dengan versi terdahulu, maka inilah bedanya:

  1. Ukuran Aplikasi

Tiktok lite apk dari segi ukuran memang lebih kecil daripada versi original. Hal ini mungkin sudah bisa tertebak, karena ada embel-embel lite di belakan namanya. Biasanya kata tersebut memang mewakili ukuran aplikasi yang lebih kecil.

Ukuran yang tertera dalam informasi app adalah 21 MB, tapi jika sudah diunduh dan terpasang di handphone akan menjadi 182 MB. Ukuran ini masih lebih kecil dibandingkan versi original yang mencapai 300 MB setelah diinstal.

Kalau kamu punya RAM ponsel tidak terlalu besar, maka sangat cocok menggunakan versi ini. Sebab dapat menghemat banyak memori sehingga ketika dijalankan akan tetap stabil.

  1. Tampilan Antarmuka

Perbedaan yang cukup menyolok dari Tiktok lite apk dibandingkan versi original adalah dalam hal tampilan. Dalam upanya meminimalkan penggunaan data, tampilan antarmuka app ini memang banyak disederhanakan.

Misalnya halaman beranda atau For Your Page dibuat dengan latar putih. Ini membuat load menjadi lebih cepat sehingga tidak memakan banyak penggunaan data. Selain itu, untuk inbox tidak menggunakan simbol petir sehingga tampilannya beda.

  1. Fitur Aplikasi

Secara keseluruhan, Tiktok lite aplikasi tetap memenuhi kebutuhan dasar dari pengguna. Akan tetapi, memang ada beberapa fitur yang dipangkas agar bisa lebih ringan dan hemat data.

Jadi, dalam segi fitur memang kurang daripada versi original. Namun, untuk penggunaan dasar masih bisa diandalkan. Sebagai contoh Lite version hanya menyediakan 3 opsi memblokir pengguna lain dan mode akun privat.

Kamu juga tidak akan menemukan fitur Block List, Digital Wellbeing, LivePhoto, Wallet, React, dan Duet. Selain itu, juga tidak ada opsi untuk pengaturan notifikasi yang bisa disesuaikan.

Jika kamu ingin menggunakan versi lite ini, maka harus mau banyak berkompromi dan memahami bahwa untuk fitur dan opsi memang banyak yang disederhanakan.

  1. Durasi Video

Pengguna Tiktok lite apk pasti akan langsung menyadari perbedaan ini saat menggunakannya. Untuk lite version, kamu hanya bisa membuat video pendek dengan durasi maksimal 15 detik sedangkan biasanya bisa sampai 180 detik.

Bagi para Tiktokers yang suka durasi video lebih panjang, maka perbedaan ini mungkin akan sangat mengganggu. Hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi kamu jika ingin menggunakan aplikasi versi ringan.

Keuntungan Pakai Tiktok Lite Apk

Meskipun punya kekurangan yang mungkin membuat pengguna tidak merasa puas, tapi tetap ada sisi keunggulan ditawarkan. Apa saja keunggulan atau keuntungan apabila kamu menggunakan versi ringan ini? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Lebih Kecil, Cepat, dan Praktis

Keunggulan yang tidak terelakkan dan langsung dapat dirasakan pengguna dari penggunaa Tiktok lite apk adalah ukurannya lebih kecil sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan.

Selain itu, juga lebih cepat saat digunakan karena sizenya kecil dan praktis. Jadi, pas dipakai oleh orang-orang yang tidak suka ribet dan mau hal-hal praktis, terutama dalam bermedia sosial.

  1. Hemat Kuota

Ini nih yang membuat para Tiktokers senang menggunakan versi lite, sebab tidak boros kuota. Apalagi untuk pengguna muda yang mengandalkan uang jajan membeli kuota, sudah pasti akan pilih versi ringan ini.

Banyak faktor yang membuat pengguna bisa menghemat data seluler. Misalnya, dari segi tampilan, durasi, dan lain sebagainya. Bagi yang tidak punya banyak kuota wajib mencoba.

  1. Load Page Lebih Cepat

Tiktok lite apk juga menawarkan koneksi jaringan lebih cepat dibandingkan yang original. Baik untuk masuk ke aplikasi, menampilkan FYP, maupun untuk upload. Jadi, tidak ada yang namanya ngelag atau lola saat membuka atau menjalankan app.

  1. Mudah Diunduh dan Dibagikan

Nah, keunggulan lainnya adalah kamu akan semakin mudah dalam menggunakan aplikasi. Misalnya dalam membuat video, karena durasinya hanya 15 detik saja. Jadi, bisa selesai lebih cepat.

Selain itu, kamu juga lebih mudah mengunduh video maupun membagikannya karena sizenya memang diperkecil dan disederhanakan ukurannya. Jadi, memang sangat pas bagi pengguna yang ingin serba cepat, hemat, dan praktis.

Di Mana Download Tiktok Lite?

tiktok lite

Download On Play Store

 

Kalau mau mengunduh Tiktok lite apk tidak perlu sulit, sebab bisa langsung di Playstore. Karena app ini memang aplikasi resmi dan dilindungi oleh TikTok Pte. Ltd. Update terbaru 20 Juni 2022 membuat pengguna semakin nyaman menggunakannya.

Untuk ukuran hanya 21 MB jadi dalam hitungan menit sudah terunduh dan bisa langsung diinstal ke ponsel kamu. Jika sudah terisntal, ukurannya akan menjadi 72 MB, masih cukup ringan, bukan?

Karena dirilis oleh developer resminya, kamu sebaiknya tidak mencari app ini di penyedia aplikasi non resmi. Karena akan berisiko dan berbahaya bagi keamanan data sebagai pengguna.

Kelemahan Apk Tiktok Lite Versi Terbaru

Semua aplikasi tentu akan memiliki kelemahan, begitupula Tiktok lite apk juga ada banyak kelemahannya. Seperti beberapa hal di bawah ini yang membuat pengguna kurang nyaman:

  1. Fitur Tidak Selengkap Versi Original

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, versi lite memang punya kekurangan dalam hal fitur. Ketiadaan banyak fitur memang membuat pengguna kadang kebingungan dan mengeluhkannya.

Sebagai contoh tidak adanya fitur menghapus history manual dan harus dihapus semua membuat pengguna tidak bisa menyimpan history penelusuran mereka.

Namun, kembali lagi karena ini merupakan versi ringan sangat wajar apabila banyak fitur ditiadakan.

  1. Durasi Video Lebih Pendek

Kekurangan Tiktok lite apk ini juga banyak dikeluhkan oleh pengguna. Durasi video yang lebih pendek memang kurang nyaman, tapi di sisi lain membuat kamu menjadi lebih imajinatif sehingga mampu membuat konten dalam waktu singkat.

  1. Privasi Pengguna Kurang Terjaga

Keluhan pengguna lainnya adalah dari segi privasi. Banyak yang merasa bahwa lite version membuat privasi mereka kurang terjaga seperti di versi original. Terutama terkait info pengguna karena tidak bisa disembunyikan.

Sebagai contoh, pengguna tidak bisa menyembunyikan akun-akun yang mereka follow sehingga dapat dilihat oleh pengguna lainnya. Bagi beberapa pengguna hal ini dirasa cukup mengganggu.

  1. Pengguna Sering Mengalami Lag Saat Membuka Video Pengguna Lain

Salah satu keunggulan Tiktok lite apk adalah bisa lebih cepat dalam hal load karena size lebih kecil dan tampilan lebih sederhana. Namun, pengguna masih sering mengalami lag saat menggunakannya, terutama ketika nge-stalk akun orang lain.

Ketika mengscroll atau membuka video di sebuah akun secara terus menerus, lag sering terjadi sehingga pengguna harus keluar aplikasi kemudian masuk kembali. Memang tidak dibutuhkan waktu lama untuk keluar masuk, tapi tetap kurang nyaman.

Bayangkan saja, lagi asyik nge-stalk video-video lucu atau unik dari sebuah akun yang baru ditemukan, tapi tiba-tiba harus keluar app. Ini tentu saja hal yang kurang nyaman bagi semua pengguna.

Apakah Keamanan Data Pengguna Terjaga?

Salah satu isu yang beredar di kalangan pengguna Tiktok lite apk adalah keamanan data pengguna. Banyak yang merasa kurang nyaman karena privasi mereka tidak terjaga dengan baik.

Sebagai contoh dari segi informasi akun, pengguna tidak dapat menyembunyikan informasi akun mereka sehingga orang lain bisa melihatnya dengan jelas. Bagi pengguna tertentu hal ini mungkin dirasa sangat mengganggu.

Namun, secara keseluruhan developer telah menjanjikan perlindungan data konsumen. Hanya saja, dalam privasi akun yang mungkin masih menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengguna.

Untuk masalah data pribadi terkait informasi mendetail, developer menjamin tidak ada informasi dibagikan ke pihak ketiga, baik perusahaan maupun organisasi lain. Data diri yang diminta dari user Tiktok lite apk berupa nama, alamat email, alamat, dan nomor telepon.

Selain itu, memang ada permintaan data lain, seperti informasi pembayaran, tapi hanya diminta ketika kamu melakukan pembelian dalam aplikasi. Jadi, bisa dikatakan bahwa data user Tiktok lite aman dan tidak akan disalahgunakan.

Untuk masalah privasi dalam bentuk informasi akun yang umum, ini berkaitan dengan penyederhanaan fitur. Apabila kamu memang merasa kurang nyaman berbagi informasi, sebaiknya gunakan versi original dengan fitur privasi lebih lengkap.

Kesimpulannya, penggunaan aplikasi versi ringan atau lite memberikan banyak keuntungan, terutama menawarkan penggunaan lebih praktis dan mudah. Akan tetapi, tetap ada kekurangan yang harus dimaklumi oleh pengguna.

Intinya, mau menggunakan aplikasi lite atau tidak kembali ke masing-masing pengguna. Jika suka yang lebih praktis, ringkas, cepat, dan hemat kuota, maka Tiktok lite apk adalah solusinya.

apk tik tok lite -