Nasional: Harga Pertalite Naik Jadi Rp 10.000, Ini Aplikasi Untuk Beli BBM Bersubsidi

Diisukan akan naik pada tanggal 1 September, Pemerintah akhirnya secara resmi menaikkan harga BBM Subsidi jenis Pertalite dan Solar. Harga Pertali naik jadi Rp 10.000 dan Solar Subsidi jadi Rp 6.800.

Kenaikan harga BBM bersubsidi ini disampaikan juga secara resmi oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan hari ini, Sabtu (3/9/2022).

BBM Pertalite dan Solar Resmi Naik

Arifin Tasrif Menginformasikan bahwa ada 3 BBM yang akan dinaikkan harga perliternya, yaitu :

Pertalite dari Rp 7.650 jadi Rp 10.000

Solar subsidi dari Rp 5.150 jadi Rp 6.800

Pertamax nonsubsidi dari Rp 12.500 jadi Rp 14.500

Harga pertalite naik dan Soal subsidi naik ini akan mulai berlaku 1 jam setelah diumumkan atau tarif naik mulai Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.

Dalam KOnferensi Pers Kenaikan Harga BBM Pertalite dan Solar ini Presiden Joko Widodo juga menyampaikan beberapa informasi. “Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini subsidi akan alami penyesuaian,” kata Jokowi dalam Konferensi Pers Presiden Jokowi dan Menteri Terkait perihal Pengalihan Subsidi BBM ditayangkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9/2022).

Aplikasi Untuk Beli BB Bersubsidi

Pom bensin pertamina
Pertalite di SPBU Aceh langka.(KOMPAS.com/Muchammad Dafi Yusuf )

Pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Pertalite dan Solar, rencananya akan dibatasi. Pembeli BBM bersubsidi diminta untuk menggunakan aplikasi MyPertamina.

Bagi yang sudah mendaftarkan kendaraannya, akan mendapatkan QR Code yang selanjutnya akan dipindai setiap kali melakukan pembelian BBM bersubsidi. Namun, hingga sekarang konsumen belum diwajibkan untuk menggunakannya.

Menariknya ketika mencoba beli dengan scan barcode, ada jatah kuota untuk membeli BBM bersubsidi, yakni 120 liter. (sumber kompas).

Cara Beli BBM Bersubsidi Setelah Terdaftar

aplikasi mypertamina

Dikutip dari laman mypertamina.id, jika konsumen sudah melengkapi data diri dan kendaraan, konsumen akan mendapatkan QR Code. Langkah selanjutnya adalah tinggal melakukan pengisian BBM subsidi di SPBU, caranya adalah sebagai berikut:

  • Download Aplikasi MyPertamina dan daftar/login
  • Siapkan QR Code yang telah didapatkan dari website subsiditepat.mypertamina.id
  • Tunjukkan QR Code tersebut kepada operator SPBU, bisa melalui ponsel atau yang sudah dicetak Isi Solar
  • Subsidi atau Pertalite sesuai dengan kendaraan
  • Lakukan pembayaran menggunakan metode tunai (cash) atau non-tunai (kartu kredit/debit/linkaja)