wechat apk

Kelebihan dan Kekurangan Wechat Apk Serta Cara Downloadnya

Baru – baru ini, di Indonesia telah masuk salah satu aplikasi baru yaitu wechat apk. Sama halnya dengan aplikasi untuk komunikasi, wechat juga digunakan terutama untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berada di jarak jauh.

Seiring berkembangnya teknologi, komunikasi juga dapat dilakukan dengan mudah. Dulu, sebelumnya teknologi berkembang manusia hanya bisa melakukan komunikasi secara langsung. Itu sebabnya mereka harus bertemu satu sama lain di suatu tempat untuk berkomunikasi.

Hadirnya wechat apk ini bersama dengan aplikasi untuk komunikasi lainnya menjawab kebutuhan manusia untuk berkomunikasi jarak jauh. Sehingga tidak perlu membuang tenaga dan biaya lebih untuk bertemu secara langsung dan melakukan komunikasi seperti berbicara.

Saat ini, hampir semua orang sudah menggunakan handphone canggih. Aplikasi – aplikasi untuk berkomunikasi seperti wechat dan lainnya dapat diunduh secara gratis dan dapat digunakan dengan mudah. hanya perlu mengetik menggunakan jari, sangat hemat dan tidak melelahkan.

Wechat apk sebagai salah satu jalan untuk melakukan komunikasi jarak jauh tentu bisa menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Biasanya, orang – orang akan memilih aplikasinya berdasarkan fitur menarik dan kemudahan dalam menggunakannya.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan wechat dengan mengetahui terlebih dahulu asal usulnya. Ketahui juga apa kegunaan serta kekurangan dan kelebihan yang dimiliki apk ini. Berikut adalah informasi sekilas mengenai asal usul wechat dan siapa pengembangnya.

Sekilas Tentang Wechat Apk untuk Komunikasi

Tentang Wechat Apk

Wechat dikembangkan oleh pengembang yang disebut dengan Wechat internation Pte. Ltd. Pengembang ini berasal dari Negara China jadi sah saja jika kamu menyebut wechat sebagai aplikasi untuk komunikasi yang berasal dari Negara China.

Wechat dirilis sejak tahun 2011 dan memiliki jumlah pengunduh hingga 100 juta orang lebih. Penggunanya berasal dari seluruh dunia meskipun ada beberapa Negara yang tidak mengizinkan adanya wechat di dalam negaranya dan digunakan oleh masyarakatnya.

Namun di Indonesia, wechat apk bisa digunakan. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui app store atau playstore. Baik perangkat android maupun IOS sama – sama bisa menggunakannya secara gratis dan mudah untuk chatting atau telpon.

Bahkan, baru – baru ini selain menjadi salah satu sosial media atau untuk berkomunikasi, aplikasi ini bisa digunakan sebagai dompet digital. Jadi fungsinya merangkap selain untuk komunikasi juga dimanfaatkan di bidang finansial.

Selain dapat diunduh melalui perangkat android atau IOS, aplikasi ini juga bisa diunduh dan dijalankan di perangkat PC seperti laptop. Kemudahan dalam penggunaannya tidak membatasi perangkat apapun, baik dengan sistem windows maupun mac, tetap bisa digunakan.

Kegunaan Wechat Apk untuk Komunikasi dan Pembayaran

fitur wechat

Di Negara China sendiri, kegunaan wechat sangatlah banyak. Tidak hanya untuk melakukan komunikasi namun juga untuk pembayaran di berbagai tempat. Bahkan bisa untuk belanja, pesan makanan, dan lain sebagainya.

Namun hal ini masih belum bisa dilakukan di Indonesia. Karena Indonesia sudah memiliki dompet digital sendiri yang sudah ramai dipakai oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Namun meski begitu, wechat tetap sering digunakan untuk berkomunikasi.

  1. Mengirim Pesan

Kegunaan wechat apk paling utama adalah untuk mengirim pesan selayaknya aplikasi lain seperti whatsapp, line dan telegram. Kamu bisa berkirim pesan dengan cepat melalui apk ini dengan biaya merupakan kuota internet.

Tidak hanya mengirim pesan kepada orang lain, namun juga mengirim pesan kepada orang lain dalam jumlah banyak alias melalui grup obrolan. Setiap waktu, wechat berusaha upgrade agar dapat digunakan dengan nyaman untuk berkirim pesan.

  1. Melakukan Panggilan

Selain chattingan atau berkirim pesan, kamu juga bisa melakukan panggilan. Teleponnya juga tidak sebatas panggilan suara namun juga panggilan video selayaknya aplikasi komunikasi lain. Tentunya, wechat tidak ingin kalah dengan kegunaan apk lain.

Jadi kamu tidak perlu khawatir bahwa apk ini hanya bisa digunakan untuk chattingan. Karena sekarang bisa juga digunakan untuk panggilan jarak jauh atau video call.

  1. Melakukan Pembayaran

Memang kegunaan sebagai dompet digital ini lebih banyak digunakan di Negara asal wechat apk yaitu China. Namun bukan berarti di Indonesia tidak bisa digunakan untuk pembayaran, beberapa orang china di Indonesia juga memakainya untuk pembayaran.

Namun syarat menggunakannya untuk pembayaran adalah pengguna harus memiliki akun bank China yang dihubungkan dengan wechat. Jika tidak maka tidak bisa dipakai untuk pembayaran. Lalu jugabisa melakukan transfer uang ke sesama pengguna.

Sebenarnya, selain masyarakat China yang tinggal di Indonesia juga terdapat beberapa orang pribumi yang menggunakannya karena fitur – fitur menariknya

Fitur Menarik dalam Wechat Apk

friend radar wechat apk

Fitur menarik dari apk ini yang menjadi daya tarik sehingga ada beberapa orang mau menggunakannya. Fiturnya juga berbeda dari sosial media lain dan menjadi ciri khasnya. Inilah fitur – fitur menariknya

  1. Friend Radar

Mungkin fitur radar belum ada di sosial media lain. Fitur friend radar bsia digunakan ketika kamu ingin mengetahui siapa saja di sekitarmu juga menggunakan sosial media ini. gunakan 2 jenis fitur dalam friend radar yaitu look around dan shake.

Fitur pertama adalah look around. Seperti artinya yaitu melihat ke sekitar, kamu bisa menemukan teman sesama pengguna wechat apk dengan jangkauan lebih jauh. Nanti akan muncul notifikasi di hpmu jika ada pengguna lain di sekitarmu.

Jika menggunakan fitur shake, kamu akan menemukan pengguna lain berjarak lebih dekat. Jadi perbedaan look around dan shake hanya ada di jangkauannya. Gunakan fitur shake ini dengan shake hp kemudian radar menyala dan menemukan pengguna lain.

  1. Real Time Location Sharing

Fitur real time location sharing tidak hanya sekedar memberitahu dimana lokasimu ke pengguna lain, namun juga langsung memandu dengan navigasi menggunakan wechat map. Jadi temanmu tidak akan kebingungan menemukan lokasimu.

Penggunaan fitur real time location sharing tentu harus dengan menyalakan lokasi pada hp. Tetapi panduan navigasi tidak menggunakan google maps melainkan maps langsung dari sosial media ini. itulah mengapa wechat disebut dengan aplikasi super.

  1. Universal Search

Fitur universal search sebenarnya juga sudah agak umum namun ini juga menjadi fitur menarik di wechat apk. Gunakan universal search ketika kamu ingin mencari chat atau lainnya yang terlupakan di dalam ruang chatting. Cara menggunakannya juga mudah.

Selain fitur tentu wechat juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Inilah yang menjadi pertimbangan untuk mengunduhnya atau tidak. Kamu juga bisa mempertimbangkan memakainya setelah melihat kelebihan dan kekurangan berikut.

Kelebihan dari Penggunaan Wechat Apk

Kelebihan dari Penggunaan Wechat Apk

Kelebihan menggunakan salah satu sosial media ini terkadang menjadi alasan positif bagi penggunanya. Dengan mengetahui kelebihannya, kamu juga bisa memahami alasan pengguna lain tetap mau menggunakannya sebagai alat untuk berkomunikasi. Inilah kelebihannya

  1. Dapat Menampung 500 Orang di Grup

Awalnya jumlah orang yang bisa bergabung di dalam grup hanyalah sekitar 40 orang, namun setelah melakukan upgrade beberapa kali, grup dapat menampung sebanyak 500 orang. Semua anggota juga bebas mengubah pengaturan grup obrolan.

  1. Dapat Menemukan Teman dengan Mudah

Kelebihan ini berhubungan dengan fitur friend radar yang terdiri dari look around dan shake. Ya, dengan menggunakan fitur ini kamu dapat menemukan pengguna lain di sekitar. Kelebihan ini juga belum ada di sosial media lain sehingga menjadi kelebihannya

  1. Dapat Digunakan untuk Pembayaran

Kelebihan lain dari wechat apk adalah bisa untuk pembayaran. Sehingga selain bisa menjadi sosial media juga bsia untuk dompet digital. Bisa untuk membayar taksi dan lainnya asalkan akunmu terhubung dengan akun bank china yang kamu miliki.

  1. Dapat Mengetahui Aktivitas Teman

Tidak seperti sosial media lain, disini kamu bisa dengan mudah mengetahui aktivitas teman setelah membaca artikel atau postingan orang lain. karena nanti ada tandanya, dan akan tetap terlihat meskipun pengguna lain ingin menyembunyikannya.

  1. Dapat Menyembunyikan Pengguna Lain

Disini kamu juga bisa memilih orang – orang tertentu yang ingin disembunyikan agar tidak terlalu mengganggu dan memenuhi berandamu. Jumlah orang yang bisa disembunyikan tidak hanya satu namun kamu bisa memilih beberapa orang.

Meskipun banyak kelebihan yang berkaitan dengan fitur dalam sosial media ini, namun tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan.

Kekurangan dari Penggunaannya

Kekurangan ini juga terkadang menjadi pertimbangan bagi orang – orang ketika ingin mengunduhnya atau tidak. Inilah kekurangan – kekurangannya

  1. Penggunanya Tidak Begitu Banyak

Meskipun jumlah pengunduhannya sudah mencapai lebih dari 100 juta, namun sosial media ini masih tergolong sedikit penggunanya jika dibandingkan dengan sosial media lain yang lebih terkenal. Itulah mengapa sulit menemukan pengguna lainnya.

  1. Terkadang Mengalami Eror

Beberapa kali penggunanya mengajukan keluhan karena adanya eror pada sistem. Sehingga menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka atau mengalami hang. Namun kekurangan ini teratasi dengan fix bug setiap kali ada update aplikasi.

  1. Kebanyakan Penggunanya Dari Negara China

Karena berasal dari Negara China jadi tidak heran jika banyak penggunanya juga berasal dari sana. Jika kamu mencari teman, kemungkinan besar akan mendapat teman lebih banyak dari Negara China. Tentu kamu akan sulit berkomunikasi karena beda bahasa.

  1. Tidak Diizinkan di Beberapa Negara

Indonesia memang mengizinkan adanya wechat ini namun ada beberapa Negara yang justru melarang, seperti Amerika Serikat.

Setelah memahami kelebihan dan kekurangannya, tentu kamu akan memiliki pertimbangan akan mengunduhnya atau tidak. Namun jika kamu ingin tetap mengunduhnya, kamu harus memperhatikan cara mengunduhnya.

Cara Download Wechat Apk di HP

download wechat apk

WeChat on PlaystoreWeChat On AppStore

 

Caranya cukup mudah dan tidak ribet. Jika kamu menggunakan hp, kamu bisa mengunduh apk ini melalui playstore atau app store. Namun jika tidak melalui keduanya, kamu bisa menggunakan web untuk mengunduh.

Cara unduh melalui playstore atau app store mudah hanya perlu membuka playstore atau app storenya. Kemudian ketik kata kunci, enter, klik unduh dan tunggu beberapa saat sampai unduhan selesai. Namun, cara unduh melalui web sedikit berbeda.

Sebenarnya caranya kurang lebih sama, namun kali ini kamu akan menggunakan browser baik google, yahoo atau lainnya. Kemudian ketikkan kata kunci untuk mengunduh apk ini. setelah klik enter, kamu akan diberi beberapa web pilihan.

Dari semua web yang ada, pastikan kamu memilih web dengan jumlah pengunduh banyak. Kemudian klik unduh dan pastikan internet lancar agar tidak gagal. Pastikan juga pengaturan hpmu sudah mengizinkan apk dari sumber lain.

Setelah unduhan selesai, kamu bisa run aplikasi dan mulai menggunakannya. Namun size atau ukuran wechat apk agak besar hingga 145 mb sehingga pastikan kamu memiliki memori cukup.