Mengenal Sejarah O Channel TV dan Informasi Lainnya
Mengenal Sejarah O Channel TV dan Informasi Lainnya

Mengenal Sejarah O Channel TV dan Informasi Lainnya

O Channel TV didirikannya pada 2 Agustus 2004 di Indonesia tepatnya DKI Jakarta. Resmi mengudara pada Mei 2005 pada frekuensi 33 UHF. Awalnya bernama Jakarta’s Own Channel, namun kemudian berubah nama hingga saat ini.

Stasiun Televisi swasta ini berbasis digital dan sudah populer dalam skala nasional. Targetnya adalah generasi muda yang memiliki minat tersendiri untuk tayangan sehari-hari. Selaras dengan semboyan “Your Lifetainment Destination”.

Masyarakat sebagai konsumen akan mendapat pengalaman hiburan lebih maksimal. Selain dari kualitas gambar, konten tayangan juga mengikuti. Semakin berbobot, dengan beragam kategori bukan hanya hiburan namun juga edukasi. Ini juga yang akan diberikan oleh O Channel TV.

Kedepannya siaran Televisi Digital akan semakin berkembang. Mengingat siaran TV analog akan segera dinonaktifkan di Indonesia. Hal tersebut menjadi kabar menggembirakan sebab kualitas gambar yang diterima akan semakin jernih.

Sejarah Perjalanan O Channel TV

Sejarah O Channel TV

Stasiun TV satu ini berdiri atas kerja sama antara EMTEK dan MRA Media. Diperoleh kesepakatan kepemilikan 50% masing-masing. Hingga saat ini hubungan kerja sama ini telah menghasilkan sajian menarik di tengah masyarakat.

Pada awal peluncurannya telah melewati masa percobaan selama 2 jam siaran. Setelah mendapat apresiasi dari berbagai pihak, kemudian mulai diresmikan pada tanggal 2 Agustus 2004 dan tanggal 16 Juni 2005.

Sampai saat ini O Channel TV dimiliki dan dikelola sepenuhnya oleh Group Elang Mahkota Teknologi. Namun hal ini tidak mengurangi sedikitpun kualitas tayangan yang disajikan untuk konsumen.

Sayangnya, pada tahun 2007 MRA Media sebagai pemilik 50% menjual sebagian besar sahamnya hingga menyisakan 18,5% saja. Berlanjut pada tahun 2008 yaitu tepat setahun dari pelepasan saham pertama, pihak MRA Media kembali menyerahkan semua kepemilikan kepada EMTEK.

O Channel TV juga berada di bawah pengelolaan PT Omni Intivision. PT Omni Intivision sendiri sudah berdiri sejak tanggal 8 November tahun 1991. Awalnya bernama PT Gendhis CItra rahayu, kemudian mulai tanggal 2 Agustus 1999 tepatnya baru berganti nama.

Tujuan Berdirinya Channe TV Ini

tujuan berdirinya o channel tv

Pada awal berdirinya, O Channel TV adalah TV lokal yang menyajikan konten hiburan dan informasi khusus untuk wilayah Jakarta. Didesain khusus untuk kalangan menengah ke atas bahkan cenderung borjuis, atau orang-orang kaya saja.

Target market awalnya memang menyesuaikan dengan kebutuhan hiburan wilayah metropolitan. Tidak diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah yang memiliki minat sedikit berbeda dengan kalangan market tersebut.

Tidak heran jika pada awalnya lebih banyak tayangan belanja online atau home shopping yang tentu saja menawarkan produk-produk mahal. Sangat berbeda dengan perkembangannya saat ini.

Bisa pilih saluran mana saja untuk mengisi waktu luang termasuk O Channel TV. Tidak hanya menikmati tayangan dalam negeri namun juga ada beberapa tayangan impor. Misalnya Film box office, tayangan edukasi, belanja online dan banyak lagi.

Seiring perkembangannya pengelola mulai memperluas jangkauan market. Tujuannya untuk memberikan seluas-luasnya akses kepada konsumen, tidak hanya kalangan tertentu. Juga untuk menghasilkan standar baru pertelevisian serta dunia hiburan tanah air.

Pada awal mengudara hanya memberikan layanan selama 17,5 jam. Kemudian bertahap ditambah sampai 20 jam. Kini kamu bisa menikmati siaran O Channel TV selama 24 jam nonstop.

Tujuan ini secara luas, bukan hanya untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Namun juga diharapkan mampu dijangkau seluruh konsumen tanah air dimanapun berada. Sehingga masyarakat memiliki opsi atau alternatif berbeda.

Perjalan Karir Siaran Televisi Lokal O Channel TV

Secara bertahap terjadi perkembangan dan penyempurnaan format acara. Bukan mengikuti yang sudah ada namun menyesuaikan dengan minat konsumen. Sebab format sebelumnya masih kaku dan terbatas, sehingga kurang menguntungkan.

Iklim dunia hiburan di Indonesia memang tidak bisa langsung diubah. Masih didominasi oleh konten hiburan karena masyarakatnya menempatkan siaran televisi untuk mengisi waktu luang dan selingan saja, bukan sarana edukasi.

Melihat fenomena ini mulai tahun 2010 format acara lama perlahan ditinggalkan. O Channel TV seperti berada di titik terendah dan tidak mampu bersaing mendapatkan konsumen. Salah satu yang mulai ditinggalkan adalah tayangan home shopping O Shop.

Tayangan ini membidik target kaum wanita. Kurang meluas cakupannya, sebab tidak semua wanita juga suka berbelanja secara online melalui tayangan televisi. Namun kini sudah ada berbagai kategori termasuk olahraga bahkan jadi salah satu andalan.

Kedua kategori ini pada awalnya juga masih terbatas. Hanya tersedia untuk jaringan TV analog dan yang bergabung dengan mux SCM digital. Setelah tahun 2010-an O Channel TV baru berkembang dengan lebih luas dan pesat.

Kiprahnya dalam mendukung siaran olahraga bisa terlihat dari keikutsertaan dalam event besar. Seperti Olimpiade tahun 2016, Asian Games tahun 2018, NBA dan Liga 1. Dan semakin matang setelah masuk tahun 2020 dengan memberikan banyak kontribusi.

Tayangan Populer O Channel TV

ochannel tv di vidio

Membuktikan perjalanannya di industri pertelevisian nasional, channel ini sudah memiliki berbagai program acara populer. Membawa slogan yang diperbaharui sebagai motivasinya diantaranya Jakarta’s Own Channel (2004-2013).

Kemudian mengusung Your Inspiring Entertainment and Lifestyle Television (2013-2015), Women Inspiration and Lifestyle Television (2015-2017), Your Lifetainment Destination (2017-2020). Terakhir Home of Funtastic Sport (2021-sekarang)

Berbagai program populer dan berkualitas juga mendapat apresiasi konsumen. Berikut adalah beberapa program O Channel TV acara yang masih dapat kamu nikmati hingga saat ini.

  1. Life Style
  2. Today’s Update (sebelumnya bernama O Channel Today)
  3. Cari Cuan
  4. Food Adventure
  5. Testimony
  6. Indo Travelog
  7. Indonesia Food Adventure
  8. Jalan – jalan
  9. Indonesia Street Food
  10. Exploride
  11. Architecture
  12. The Immortals
  13. Sport Woman
  14. Volley in Love
  15. Klinik Khursetra
  16. Merial
  17. Loveless
  18. The Dream Job
  19. Phua Chu Kang
  20. Cerita Drama Favorit
  21. Inbox (sebelumnya di SCTV)
  22. Karnaval Inbox (sebelumnya di SCTV)
  23. Potret (sebelumnya di SCTV)

Ada juga tayangan khusus kategori sport yang semakin disempurnakan setiap tahunnya. Contoh Piala Dunia Antarklub FIFA (2019, 2020) menayangkan pertandingan peringkat ketiga dan keempat di tahun 2019

Kemudian mulai dari tahun 2018 sampai sekarang menayangkan pertandingan Liga 1 bersama TVOne. Liga 2 sejak 2021 lalu bersama Indosiar, British Superbike sejak 2021, Indonesia Basketball League dari 2022.

UEFA bersama SCTV, Liga Champions, Liga Eropa, Liga Konferensi Eropa dari 2021, Piala Super, WTA (Siaran Tunda). Kamu juga bisa menikmati tayangan NBA, Volleyball Nations League, Turkish Volleyball League, Formula 1 serta Proliga mulai 2022.

Semakin mengurangi tayangan belanja rumah, dan semakin banyak menayangkan pertandingan olahraga. O Channel TV dengan ini telah memantapkan citra sebagai siaran nasional melalui TV digital. Melalui kanal multipleks seperti SCTV atau Indosiar.

Kumpulan Acara yang Pernah Ditayangkan

acara today update o channel tv

Selain yang ditayangkan saat ini, beberapa program acara berikut ini juga pernah mewarnai televisi digital Indonesia. Diluar kategori olahraga, ada banyak program menarik. Beberapa diantaranya pasti familiar buat kamu.

  1. Pagi Jakarta
  2. Pagi Cantik
  3. Update Pagi
  4. Masak Istimewa
  5. Pemilu Indonesia
  6. Sahabat Inspirasi
  7. City Events
  8. Super Funday
  9. Bazaar Style
  10. VIP Video ini Penting
  11. Paranormal Activity
  12. Bintang Pilihan
  13. Music Mix
  14. Rumah dan Kita
  15. Jakarta’s Events
  16. Golden Memories
  17. Paranoia
  18. Stand Up Comedy
  19. Piala Presiden 2018
  20. East of Eden
  21. Petok si Ayam kampung
  22. Contact Nokia with Sentra Ponsel
  23. Ban-Ban si Kelinci Ajaib
  24. Titian Iman
  25. Mamah & AA Beraksi
  26. Solusi Life
  27. Potret
  28. Weekend Movie
  29. Tour of Duty
  30. Kesetiaan Cinta
  31. Mandarin Top Hits
  32. Azizah
  33. City Spotlights
  34. Zahra
  35. Holiday Yuukk!
  36. Cinta Bersemi di Putih Abu-Abu the Series
  37. Top K-Pop
  38. Copa America 2021
  39. J-Popzilla
  40. Olimpiade Tokyo 2020 (bersama Indosiar, TVRI Nasional dan TVRI Sport HD)
  41. The A Team
  42. Paralimpiade Tokyo 2020
  43. A Little Princess
  44. How to Make the Things
  45. Late Night Movie
  46. Jakarta Spotlight
  47. Lejel Home Shopping
  48. JACO Home Shopping

Tayangan Kategori Serial Korea Terpopuler

nonton running man di o channel tv

Buat kamu pecinta serial Drama Korea kini sudah ada jadwal penayangan siaran setiap hari Senin dan Kamis. Setiap pukul 19:00 WIB kamu bisa standby di depan TV untuk menikmati hiburan tersebut. Berikut daftarnya.

  1. Running Man

TV show ini sangat terkenal di negeri asalnya Korea Selatan. Hadir di Indonesia dan ternyata menyita perhatian banyak kalangan karena memang sangat menarik. Dibawakan oleh Yoo Jae Suk dan keenam selebriti pendukung lainnya.

Tayang perdana di O Channel TV Senin 14 Februari 2022 pukul 19:00 WIB. Diawali dengan episode BTS, dilanjutkan secara simulcast atau jeda satu hari. Penayangan jeda satu hari dengan jadwal di Korea setiap Senin pukul 19:00 WIB.

  1. Inkigayo

Sebelumnya pernah ditayangkan oleh Indosiar. Inkigayo adalah program musik Kpop atau musik-musik ala Korea yang sangat digemari generasi muda saat ini. Menghadirkan rookie serta idol populer.

Tayang perdana pada 15 Februari 2022 pukul 19:00 WIB, dengan bintang tamunya Blackpink. Episode berikutnya hadir secara simulcast mulai 21 Februari 2022 dan seterusnya.

  1. Three Meals a Day

Pecinta Drakor pasti sudah familiar dengan bintang Hospital Playlist, Jo Jung Suk. Selanjutnya akan mewarnai serial Three Meals a Day bersama rekannya Jeon Mi Do, Jung Kyung Ho, Yoo Yeon Seok, serta Kim Dae Myung.

Serial ini akan tayang perdana mulai 23 Februari 2022 pukul 19:00 WIB dan seterusnya. Kamu bisa standby di layar televisi untuk menonton disela waktu luang. Untuk serial ini sama dengan lainnya ada jeda dengan tayangan aslinya.

  1. The Sixth Sense

Tayangan ini cukup menantang untuk dinikmati sebab menguji indera keenam para pemainnya. Program ini tayang setiap Kami pukul 19:00 WIB. Dipenuhi dengan aktor bintang Yoo Jae Suk, Oh Na Ra, Jeon So Min, Jessi, Mijoo, serta Lee Sang Yeob.

Supaya lebih maksimal kamu bisa menangkap siarannya menggunakan receiver parabola. Tidak beresiko terblokir, dan kualitasnya mumpuni. Semua program dapat kamu nikmati dengan maksimal.

Menariknya lagi format yang tersedia sementara ini adalah Mpeg-4. Jadi kamu bisa mendapatkannya secara manual maupun otomatis. Berada pada jalur transponder satelit Telkom 4 C-Band. Menjadikan O Channel TV masuk diantara salah satu stasiun terbaik nasional.