Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 53 Full Lengkap
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 53 Full Lengkap
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 53 Full Lengkap

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 53 Full Lengkap

Lanjut lagi pada pembahasan kali ini akan menjabarkan soal dan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 53 dari buku tematik subtema 1 pembelaran 6.

Pada Subtema 1 Pembelajaran 6 ini membahas tentang sebuah bacaan cerita dengan judul Gerak Kupu-kupu. Buku yang digunakan belajar oleh Siswa SD kelas 5 ini adalah Buku Tematik Tema 1 Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 dengan judul disampul utamanya adalah “Organ Gerak Hewan dan Manusia”.

Pembelajaran 6 dengan tema Gerak Kupu-kupu ini ada 5 halaman dan terdapat soal-soal didalamnya. Nah, untuk mempermudah para siswa, orangtua/wali yang ingin mencocokkan jawaban yang sudah dikerjakan bisa menggunakan kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 53 subtema 1 pembelajaran 6 berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Pembelajaran 6 Halaman 53

Untuk memudahkan teman-teman menyesuaikan jawabannya, Teknobgt sudah merangkum dari sumber media lain dan menyusunnya perhalaman sesuai pembahasannya. Kalian bisa memilih dari daftar isi kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 51 52 53 54 55 dibawah ini.

Daftar Isi :

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 51 – 52

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 53

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 54

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 55

Ayo Membaca

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut contoh lain hewan yang juga termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.

Gerak Kupu-Kupu

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 53 Pembelajaran 6 Gerak kupu kupu
Soal dari Buku Tematik kelas 5 subtema 1 pembelaran 6 gerak kupu-kupu (foto: Pixabay)

Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu?

Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.

👉 TRENDING:  Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 12 - 13 "Ayo Mencoba"

Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.

Soal :

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

Jawaban:

Paragraf 1
Ide Pokok: Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.

Paragraf 2
Ide Pokok: Kupu-kupu termasuk hewan serangga.

Paragraf 3
Ide Pokok: Penjelasan tentang sayap kupu-kupu.

Paragraf 4
Ide Pokok: Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 53 subtema 1 pembelajaran 6 yang sifatnya hanya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.