Keuntungan Menggunakan Opera Mini Apk Berikut Ini
keunggulan opera mini apk

Keuntungan Menggunakan Opera Mini Apk Berikut Ini

Opera Mini Apk diperuntukkan bagi pengguna ponsel supaya lebih mudah mengeksplor internet. Sebelum muncul smartphone seperti saat ini Opera Mini sudah menjadi salah satu andalan. Pengguna internet aktif menjadikannya alternatif ketika ingin menjelajah.

Salah satu alasannya karena murah, hemat data internet, hemat pulsa. Aplikasi ini memberikan pengalaman internet yang cepat, sederhana, dan aman di ponsel. Itu bisa mengoptimalkan kinerja web dan dirancang untuk menyimpan data.

Opera Mini Apk sekarang tersedia untuk Windows, Mac OS X, iPhone, iPad, Android, Linux, dan Windows Phone. Kamu bisa menjelajahi web tanpa harus khawatir tentang iklan pop-up atau waktu muat dengan teknologi kompresinya.

User interface-nya sangat mendasar dengan beberapa fitur untuk membantu navigasi web. Dibangun dengan berbagai browser termasuk HTML5, Facebook, Facebook Messenger, Google+, Google Maps, Google Translate, Instagram, LinkedIn, SoundCloud, Twitter, dan Wikipedia.

Keuntungan Menggunakan Opera Mini Apk

opera mini

Diantara sekian banyak aplikasi browser, Opera Mini Apk menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan utama yang akan kamu dapat dengan menggunakannya.

  1. Menghemat data

Membantu memaksimalkan paket data seluler dan membuat aktifitas browsing menjadi lebih cepat. Kapan saja kamu bepergian dan tidak memiliki koneksi Wifi, dapat langsung mengaktifkan koneksi data.

Jika koneksi tidak maksimal, mungkin perlu waktu untuk memuat situs web. Browser ini dapat mengurangi penggunaan data hingga 90%, yang mempercepat pemuatan halaman web terutama pada jaringan lambat.

  1. Mendapatkan berita paling update

Opera Mini Apk sekarang mengintegrasikan news feed di bagian beranda. Bahkan untuk pengguna yang jarang di rumah dan lebih sering berada di lapangan karena tuntutan pekerjaan, mereka tetap bisa mendapat informasi berita terupdate lewat browsernya.

  1. Blokir iklan

Dilengkapi fitur blokir iklan atau ad blocker. Keuntungan ini sekaligus mendukung proses memuat halaman web secara lebih cepat karena fitur ad blocker dan teknologi kompresi data yang telah disesuaikan untuk browser-nya.

  1. Mengakses beberapa situs media sosial sekaligus

Pada umumnya jika membuka beberapa aplikasi sekaligus dapat menyebabkan crash. Namun sekarang tidak perlu khawatir, sebab Opera Mini Apk telah terintegrasi dengan lebih dari satu aplikasi messenger populer.

Kamu dapat membuka lebih dari satu akun sosial media termasuk mengakses pesan didalamnya. Meski bertumpuk, tidak akan menyebabkan lemot atau error selama pemakaian.

Kamu bisa menambahkan situs sosial media ke beranda dan mereka akan muncul sebagai ikon aplikasi. Selanjutnya cukup membukanya langsung dari beranda tanpa harus memasang aplikasi tambahan.

Berikut Fitur Menarik Aplikasi Opera

Selain mendapatkan banyak keuntungan, fitur didalamnya sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa melakukan berbagai aktifitas kekinian dengan satu langkah mudah. Berikut beberapa fitur yang wajib kamu coba gunakan.

  1. Browser Private

Fitur pertama dari Opera mini apk adalah browser berjenis private. Dengan menggunakan browser tersebut kamu tidak perlu khawatir jika data-data yang ada di dalamnya terdeteksi atau tersimpan.

Semua data dan riwayat hanya akan tersimpan pada ponsel dan bisa langsung dihapus setelah selesai menggunakan. Kamu juga bisa mengaktifkan mode incognito untuk menghapus halaman, seluruh data serta cache didalamnya.

  1. Akses cepat

Fitur yang memudahkan dalam membuka situs apa saja. Sudah tersedia kemampuan untuk melakukan akselerasi ketika melakukan download pada browser. Meskipun koneksi sedikit tidak stabil masih bisa membuka situs dengan mudah.

  1. Baca Offline

Kamu bisa menyimpan berbagai jenis halaman website yang diinginkan dengan mudah. Ketika dibutuhkan dan saat akan dibuka tidak perlu melakukan proses download kembali. Jadi membaca secara offline atau sama dengan tanpa koneksi internet sekalipun masih bisa dilakukan.

  1. Pindai kode QR

Kamu dapat memindai kode QR langsung dari browser tanpa aplikasi tambahan. Caranya dengan klik ikon kode QR di sebelah address bar kemudian pindai QR Code yang dimaksud untuk mengaksesnya dengan mudah.

  1. Mengunduh video

Saat menggunakan media sosial seringkali menemukan video lucu dan ingin disimpan. Namun, video tersebut tidak dapat diunduh secara langsung ke dalam perangkat. Namun menggunakan Opera Mini Apk kamu dapat mengunduh video tersebut.

Browser juga dapat memindai situs untuk video dan musik yang dapat diunduh secara otomatis. Semua video favorit terbaru dapat dinikmati tanpa kesulitan menemukan tautan aslinya.

Berikut Ini Kekurangan dari Aplikasi

Selain keuntungan dan fitur menariknya setiap aplikasi memiliki kekurangan. Kekurangan ini bukan sebagai koreksi, namun sesuatu yang memang belum dapat dioptimalkan. Meskipun secara keseluruhan masih worth to use.

  1. Tampilan grafik kurang maksimal

Browser Opera Mini Apk memiliki tampilan kurang jernih bahkan bisa dibilang buram. Hal tersebut terjadi karena efek dari kompres tata sebelumnya. Selain itu tidak bisa menampilkan gambar bergerak seperti animasi dan slide show.

  1. Tampilan website kadang belum sempurna

Terkadang sebagian web bisa terlihat bagus pada beberapa peramban tertentu. Jadi jangan heran bila web yang ditampilkan pada aplikasi ini terlihat berantakan. Selain itu, web yang memiliki menu drop down, flash, komentar, dan sejenisnya tidak bisa ditampilkan sempurna disini.

  1. Biaya tambahan dari provider

Aplikasi paling populer ini dimanfaat beberapa provider untuk mencari keuntungan. Yaitu dengan mewajibkan membayar apabila ingin menikmati fitur unggulan. Sehingga tampilan dan fasilitas didalamnya bisa digunakan.

  1. Server kadang terganggu

Ramainya aktivitas di server Opera Mini kadang menyebabkan situs blog yang dibuka menjadi error yang muncul dengan tulisan Internal Server Error. Paling ringan adalah lemot, namun bukan karena kesalahan perangkat.

  1. Server merekam semua aktifitas pengguna

Saat memakai apk ini, maka segala kegiatan yang dilakukan otomatis direkam ke dalam servernya langsung. Melakukan aktivitas login maka data username dan password akan terekam di server. Sehingga semua hal yang dilakukan bisa terbaca.

Kelebihan dari Opera Mini Apk

fitur opera mini apk

Sebagai penyeimbang atas segala kekurangan aplikasi, kami ingin memaparkan apa saja kelebihannya. Minimal ini sebagai bahan pertimbangan dan solusi untuk tetap mengakses internet dengan mudah.

  1. Ukuran kecil

Karena ukuran aplikasi kecil, maka memudahkan pengguna aplikasi dalam menjalankan aktifitas browsing. Perangkat dengan spesifikasi menengah tetap dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjelajah internet.

  1. Kecepatan download dan buka website

Paling optimal jika kamu menggunakan jaringan 5G dan Android paling baru OS-nya. Namun jangan khawatir, sebab menggunakan jaringan dengan kualitas jauh di bawahnya juga masih mumpuni.

  1. Fitur keamanan lengkap

Salah satu fitur keamanan adalah meminimalisir resiko masuknya malware. Jadi bagi kamu yang perangkat HP tidak memungkinkan untuk dipasang antivirus, paling ideal adalah menggunakan Opera Mini Apk.

  1. Night mode

Tampilannya bisa jadi gelap, terutama saat penggunaan malam hari atau minim cahaya. Ini lebih sehat untuk mata. Selain itu bisa menghemat daya karena pencahayaan yang digunakan lebih sedikit.

  1. Fitur pemulihan website

Saat terjadi lag atau crash karena membuka terlalu banyak tab, aplikasi browser biasanya akan menutup otomatis. Namun setelahnya saat dibuka kembali website sebelumnya masih bisa diakses, langsung tanpa mengulang dari awal.

Fitur Lain yang Perlu Diperhatikan

opera mini keunggulan

Ada fitur menguntungkan ada pula yang sebenarnya perlu diperhatikan sebelum menggunakan. Meski tidak terlalu mengganggu saat digunakan, bagian ini perlu dipahami supaya tidak terkecoh. Berikut diantaranya.

  1. Tidak dapat merubah shortcut key

Opera Mini Apk tidak bisa mengubah shortcut key. Shortcut key ini berguna untuk membuat proses buka apl menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Sehingga hemat waktu meski hanya dalam beberapa detik.

  1. Performa lambat untuk membuka banyak tab

Sebaiknya gunakan Opera Mini Apk untuk kebutuhan yang penting. Batasi penggunaan banyak situs, sebab semakin banyak tab kamu buka semakin berat kerja aplikasi. Smartphone yang digunakan bisa panas, error, hang dan sebagainya.

  1. Tidak bisa menghilangkan visual effect dari website

Intinya tidak banyak yang bisa dilakukan dari aplikasi ini. Kamu hanya bisa mengikuti saja dalam penggunaannya. Termasuk menghilangkan visual efek dari website yang dibuka meski efek tersebut tidak relevan dan justru mengganggu.

  1. Diperlukan update secara rutin

Aplikasi sering mengalami error karena kelebihan muat. Namun kamu bisa mengantisipasinya dengan rutin mengupdate aplikasi. Tujuannya supaya kinerja tidak terkendala karena berselancar di internet umumnya butuh berjam-jam.

  1. Jangan gunakan apk lama

Sering terjadi hal seperti ini, alasannya adalah karena lebih ringan, praktis, proses download cepat. Tapi justru sangat merugikan sebab permainan paling baru fiturnya paling lengkap dibanding apk lama. Termasuk kelengkapan fitur didalamnya akan kalah dari versi terbaru.

Download Opera Mini Apk

Segera download opera mini apk agar kamu bisa mendapatkan perlidungan data dan privasi saat berselancar. Jangan lupa untuk menggunakan Tab Pribadi saat berselancar agar tidak meninggalkan jejak / histori dan riwayat situs-situs apa saja yang dikunjungi.

Nama Aplikasi Opera Mini Apk
Patch Versi Terbaru
Minimal OS Android 4.5+
Developer Opera
Download Opera Mini Apk

Tips Menggunakan Opera Mini Apk

Dari semua informasi diatas, kamu bisa menyimpulkan sendiri apa saja yang harus dilakukan. Mengacu pada fitur dan kekurangannya bisa kamu ambil yang lebih bermanfaat dan mendukung produktivitas.

  1. Menyimpan halaman untuk membaca ketika offline

Gunakan fitur baca offline yang sudah disinggung di atas tadi. Kamu bisa menyimpan halamannya terlebih dahulu. Sentuh tanda plus (+) sebelah halaman pencarian dan bar halaman (di sebelah pojok kiri atas), pilih Simpan untuk offline.

  1. Menyimpan dalam kartu SD

Manajemen file merupakan kelebihan dari android. Jadi kamu bisa menyimpan semua file seperti foto, video, musik ke dalam kartu SD tersebut. Dengan begitu ruang penyimpanan semakin luas dan bisa digunakan untuk menyimpan file apa saja.

  1. Mengubah lokasi penyimpanan file download

Saat kamu mendownload jendela pop-up akan muncul. Dalam baris pertama, kamu akan melihat nama dari file yang didownload. Pilih dan langsung rename lagi namanya.

Baris kedua berisi nama folder tujuan download. Pilih dan Opera Mini akan memunculkan daftar semua folder pada smartphone. Tap tombol ‘back’ di atas pojok kiri (ikon folder dengan panah) untuk menavigasi satu level ke atas.

  1. Cara menambahkan RSS feeds

Ingin peramban menampilkan apa saja yang selalu diupdate sepanjang waktu? Aktifkan fungsi feed di Opera Mini Apk Pilih Pengaturan dari menu O Pilih Feed Pilih Tampilkan di Speed Dial. Sekarang kamu sudah memiliki RSS Feeds sesuai harapan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi browser ini kamu bisa langsung mengunduhnya di Play Store maupun App Store. Bisa juga mengunduh ke dalam perangkat komputer jika intensitas penggunaannya cukup tinggi.

Setelah download selesai file langsung bisa terinstall. Pada dua proses ini upayakan koneksi internet yang dipakai aman. Sehingga tidak menghambat proses pemasangannya. Dalam hitungan menit kamu sudah bisa membuka Opera Mini Apk.

OPERA MINI - Opera Mini Facebook Messenger -