Inilah Cara Cek BLT Dana desa online dan Manfaatnya
Cara cek BLT dana desa online

Inilah Cara Cek BLT Dana desa online dan Manfaatnya

Cara cek BLT dana desa online saat ini jauh lebih mudah ketimbang zaman dulu. BLT Dana Desa adalah salah satu program bantuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap masyarakat selama adanya masa pandemi covid.

Dana bantuan tersebut diambil dari sebagian anggaran Dana Desa yang dialihkan untuk jaring pengaman sosial. Lalu, bagaimanakah cara cek BLT Dana Desa agar bisa cepat cair?

Mengenal Cara Cek BLT Dana Desa Online

BLT Dana Desa Online

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa BLT Dana Desa ini hampir sama dengan program bantuan sosial lainnya. Penyaluran program BLT Dana Desa juga akan memberikan manfaat yang sangat berarti bagi seluruh masyarakat di pedesaan.

Biasanya, bantuan ini akan dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat sekitar. Sebelum kamu mengetahui pembahasan terkait cara cek BLT dana desa online sebesar 900rb, alangkah baiknya sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan BLT Dana Desa.

Dengan begini, kamu akan lebih paham terkait pengertian, manfaat dan sasarannya. Pada umumnya, sebenarnya BLT Dana Desa atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa adalah sebuah program yang akan ditujukan untuk membantu pemulihan perekonomian nasional.

Sama seperti namanya, cara cek BLT dana desa online ini memang memanfaatkan sebagian anggaran Dana Desa yang diharapkan dapat menjangkau seluruh masyarakat.

Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

BLT Dana Desa

Program BLT dana desa ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2020. Untuk realisasi dana yang akan tersalurkan sudah mencapai Rp. 23,74 triliun.

Sementara itu, jumlah penerima manfaat tercatat 8,0 juta keluarga dengan besaran bantuan sekitar Rp. 600.000 per bulan, selama 3 bulan pertama terhitung sejak April 2020. Periode enam bulan berikutnya bantuan akan diberikan Rp. 300.000 per bulan.

Jika dilihat dari data yang sudah ada, keluarga penerima manfaat dalam program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini terdiri dari pedagang, petani, nelayan, pelaku usaha UMKM, buruh, serta guru. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara cek BLT dana desa online.

Ketentuan dari Penyaluran BLT Dana Desa

Dalam program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini terdapat ketentuan jumlah penerima yang akan memperoleh bantuan. Apabila dana desa yang telah tersedia kurang dari Rp. 800 juta maka akan maksimal 25% akan digunakan untuk kebutuhan BLT.

Sementara itu, untuk daerah yang mempunyai anggaran Dana Desa Rp. 800 juta sampai Rp. 1,2 miliar. Jadi, setidaknya 30% dari anggaran tersebut digunakan untuk kebutuhan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Namun, untuk daerah yang anggaran Dana Desanya di atas Rp 1,2 miliar, maka 35% akan disalurkan untuk BLT Dana Desa. Cara cek BLT dana desa online tersebut akan diberikan selama 12 bulan.

Sementara itu, terkait syarat dan metode penyebarannya sudah diatur oleh masing-masing daerah melalui adanya peraturan bupati atau walikota. Dalam hal tersebut, pihak pemerintah setempat juga akan melakukan verifikasi untuk menyesuaikan data dan dokumen.

Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Sejak Januari 2021, penyaluran bantuan dana desa telah mencapai sekitar Rp. 1,28 triliun dengan total penerima lebih dari 4,27 juta keluarga. Sementara itu, pada Februari 2021 total dana yang akan disalurkan mencapai Rp. 850 miliar dengan jumlah penerima 2,8 juta keluarga.

Sedangkan, total dari anggaran Dana Desa pada tahun ini mencapai Rp. 72 triliun dan diprioritaskan untuk penyaluran cara cek BLT dana desa online. Hal ini harus dilakukan sebagai salah satu upaya untuk membantu masyarakat miskin pedesaan yang terdampak Covid-19.

Sebagai salah satu program perlindungan sosial untuk mengentaskan kemiskinan, BLT Dana Desa masih akan dilanjutkan pada tahun 2022. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara cek BLT dana desa secara online.

Lebih lanjut program bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat miskin dan miskin ekstrem yang selama ini belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

Termasuk keluarga yang terdampak Covid-19 dan kehilangan pekerjaan. Adapun yang dimaksud keluarga kategori miskin didasarkan pada jumlah pendapatan per bulan yang berada di bawah garis kemiskinan, yaitu dengan total Rp. 472.525 per bulan.

Sementara itu, untuk kategori miskin ekstrem didasarkan pada pendapatan sebesar Rp. 378.030 per bulan atau Rp. 12.000/hari. Dengan adanya program cara cek BLT dana desa online lanjutan, masih akan berlangsung hingga tahun 2022.

Maka diharapkan hal itu bisa mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional. Di lain sisi, program tersebut juga diharapkan mampu mengurangi dampak keterpurukan akibat beban ekonomi yang sulit.

Untuk tahun 2022 sendiri, pemerintah akan memfokuskan anggaran Dana Desa untuk jaring pengaman sosial melalui BLT Dana Desa. Setidaknya alokasi anggaran dari Dana Desa untuk keperluan BLT Dana Desa adalah sebesar 40%.

Tujuan dari Penyaluran BLT Dana Desa

Tujuan dari Penyaluran BLT Dana Desa

Umumnya, kemiskinan terjadi karena masyarakat berada pada suatu keadaan yang serba terbatas, mulai dari aksesibilitas pada faktor produksi, peluang/kesempatan berusaha, pendidikan, fasilitas hidup lainnya.

Bahkan, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dilatarbelakangi sebagai upaya untuk mempertahankan tingkat konsumsi Rumah Tangga Sasaran (RTS). Tujuan utama dari Adanya penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Yaitu untuk membantu masyarakat miskin atau miskin ekstrem yang telah terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19. Melalui adanya cara cek BLT dana desa online diharapkan masyarakat mampu membangkitkan keterpurukan ekonomi.

Hal ini karena dengan bantuan uang tunai yang diberikan, masyarakat dapat memanfaatkannya tidak terbatas. Mulai dari membeli kebutuhan pokok saja namun juga bisa sebagai tambahan modal usaha.

Dengan begini, maka BLT dana desa online tidak langsung habis namun dapat berkembang dan menjadi sumber pemasukan keluarga. Tentunya peran dari pemerintah ini sangat dibutuhkan dalam suatu perekonomian. Peran yang diharapkan ini merupakan salah satu peran positif.

👉 TRENDING:  Inilah Cara Cek Bansos BPNT Online dan Besar Bantuannya

Di mana berupa kewajiban moral untuk membantu mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat. Dimana akan menjamin keseimbangan antara kepentingan privat dan sosial; memelihara roda perekonomian pada jalur yang benar.

Bahkan, cara cek BLT dana desa online yang dialihkan menjadi BLT ini sekitar 31 persen dari total Rp. 72 Triliun, yakni sebesar Rp22,4 triliun. Sementara itu, untuk program BLT bagi 12,3 juta kepala keluarga (KK) yang terdampak Covid-19 yang diserahkan oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Untuk masing-masing akan memperoleh Rp. 600 ribu selama tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni sampai total menjadi Rp. 1,8 juta. Di mana alokasi pemberian BLT ini dibagi dalam tiga tingkatan dengan merujuk pada besaran cara cek BLT dana desa online.

  1. Desa yang mempunyai Dana kurang dari Rp. 800 juta, BLT akan dialokasikan sebesar 25 persen.
  2. Desa yang mempunyai Dana sebesar Rp. 800 juta hingga Rp. 1,2 Miliar, BLT akan dialokasikan 30 persen.
  3. Desa yang mempunyai Dana Desa di atas sebesar Rp. 1,2 Miliar, BLT akan dialokasikan 35 persen.

Sasaran dari Penerima BLT Dana Desa

penyerahan blt_dana_desa

Umumnya, sasaran penerima cara cek BLT dana desa online merupakan seluruh masyarakat pedesaan yang akan terdampak pandemi Covid-19 sehingga memerlukan bantuan ekonomi.

Misalnya saja, adalah masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena telah mengalami pemutusan hubungan kerja. Agar informasinya lebih jelas, berikut ini sudah ada beberapa kategori yang menjadi sasaran penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yaitu:

  1. Masyarakat harus yang berasal dari keluarga miskin atau pra sejahtera di sekitar lingkungan desa setempat.
  2. Keluarga yang tidak mempunyai penghasilan atau kehilangan pekerjaan akibat adanya pandemi.
  3. Keluarga yang tidak tersentuh dari jenis bantuan lainnya seperti Kartu Pra Kerja, PKH, BST maupun BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).
  4. Masyarakat yang tidak terdata sebagai penerima cara cek BLT dana desa online.
  5. Mempunyai beberapa anggota keluarga yang mengalami sakit kronis.

Mekanisme dari Pendaftaran BLT Dana Desa

Pendaftaran_BLT_Dana_Desa

Jika dilihat dari kategori yang menjadi sasaran penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, masyarakat sendiri berhak memperoleh bantuan dengan mengikuti mekanisme pendaftaran seperti berikut ini:

  1. Pendaftaran oleh Relawan

Pada semua program cara cek BLT dana desa online ini terlebih dahulu, melakukan pendaftaran yang dilakukan oleh Relawan Desa Lawan Covid-19. Mulai dari lingkungan RT, RW maupun desa.

Sementara itu, untuk data calon penerima bantuan akan dibawa ke Musdes (Musyawarah Desa Khusus) untuk menentukan calon penerima bantuan.

  1. Proses dari Verifikasi

Data yang nantinya telah masuk di Musdes, berikutnya akan langsung diverifikasi untuk memastikan kesesuaian data dengan dokumen yang ada.

  1. Pengesahan oleh Kepala Desa

Apabila hasil dari verifikasi data telah sesuai, maka berikutnya kepala desa akan menandatangani legalitas dokumen dalam pendataan tersebut.

  1. Pelaporan ke Camat

Mekanisme berikutnya dalam cara cek BLT dana desa online ini yaitu pelaporan dokumen pendataan dari kepala desa terhadap camat. Agar bisa memperoleh pengesahan dari camat.

  1. Laporan Camat ke Bupati

Dokumen dari pendataan yang telah diterima camat, berikutnya akan diteruskan dan dilaporkan kepada bupati atau walikota.

  1. Surat Pemberitahuan Calon Penerima Bantuan

Berikutnya, kepala desa akan menyampaikan surat pemberitahuan terhadap penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Agar bisa mengantisipasi adanya kendala dalam penyaluran cara cek BLT dana desa online maka setiap desa telah dilengkapi dengan posko pelayanan.

Selain untuk menangani kendala, posko pelayanan juga sangat diharapkan untuk selalu mengupdate data KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Hal ini dilakukan agar penyalurannya tepat sasaran.

Manfaat dari BLT Dana Desa

Manfaat program bantuan tunai dari pemerintah bagi masyarakat desa yang terdampak pandemi memang dirasakan sangat membantu. Terlebih lagi, dengan keadaan ekonomi yang semakin sulit akibat banyaknya masyarakat yang harus kehilangan pekerjaan. Di bawah ini sudah ada beberapa manfaat dari penyaluran cara cek BLT dana desa online adalah:

  1. Dapat Membantu Masyarakat Memenuhi Kebutuhan Pokok

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang akan disalurkan kepada masyarakat di pedesaan memang sangat bermanfaat. Salah satunya untuk memenuhi segala kebutuhan pokok.

Keadaan ekonomi yang begituan sulit, akibat kehilangan pekerjaan akan membuat masyarakat harus berpikir keras untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok.

Melalui adanya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini, masyarakat yang terdampak pandemi dapat sedikit terbantu dalam membeli kebutuhan pokok seperti makan sehari-hari. Oleh karena itu, uluran tangan dari pemerintah akan memberikan beberapa harapan bagi masyarakat untuk bangkit.

  1. Dapat Membantu Menekan Angka Kemiskinan

Biasanya cara cek BLT dana desa online, akan ditujukan langsung bagi masyarakat dengan kategori miskin dan miskin ekstrem. Di mana jumlah penghasilan yang rendah, yakni hanya sekitar Rp. 378.000-Rp. 472.000 per bulan.

Penghasilan ini tentunya masih berada di bawah standar untuk kehidupan yang layak. Melalui adanya penyaluran BLT ini maka uang tunai yang diperoleh oleh masyarakat penerima manfaat bisa untuk menambah pendapatan.

Setidaknya, masyarakat yang memiliki kategori miskin dan miskin ekstrem akan sangat terbantu menggunakan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut.

  1. Dapat Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Berkurangnya pemasukan atau bahkan tidak ada sama sekali akibat kehilangan pekerjaan dapat membuat masyarakat kesulitan untuk memenuhi segala kebutuhan pokok. Daya beli masyarakat juga akan turun drastis sehingga tidak akan bisa membeli kebutuhan pokok yang sebelumnya terbeli.

Melalui adanya cara cek BLT dana desa online ini, maka keluarga penerima manfaat (KPM) mempunyai kemampuan untuk membeli kebutuhan pokok. Bahkan, adanya peningkatan daya beli, akan sangat berpengaruh pada kegiatan usaha rakyat di sekitarnya yang menjual kebutuhan pokok.

  1. Sebagai Salah Satu Modal Usaha

Jumlah dari bantuan yang akan diberikan dalam program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, memang tidaklah terlalu banyak. Namun, hal ini bukan berarti tidak berguna sama sekali untuk masyarakat.

Selain cara cek BLT dana desa online digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, banyak juga yang menggunakannya sebagai modal usaha. Pemanfaatan dari bantuan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa sebagai modal usaha tentunya jauh lebih produktif.

👉 TRENDING:  Inilah Cara Cek Bansos BPNT Online dan Besar Bantuannya

Hal ini karena dari uang yang diterima dapat dikembangkan menjadi modal usaha sehingga akan mendatangkan pemasukan. Sebagai salah satu contoh, ada beberapa masyarakat di pedesaan banyak yang menggunakan uang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Hal ini bisa dilakukan untuk membeli ayam dan kemudian diternakkan sehingga menambah pemasukan sehari-hari. Selain itu, ada juga yang menggunakan bantuan tersebut untuk modal dagangan di pasar.

Bahkan, uang bantuan ini akan terus berputar sebagai modal dan mendatangkan pemasukan untuk keperluan sehari-hari. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk kehidupan jangka waktu panjang.

Cara Mengecek BLT Dana Desa Online

cara cek BLT dana desa online

Kini pemerintah masih terus menyalurkan beberapa cara cek BLT dana desa online bagi seluruh masyarakat yang terdampak pandemi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya, agar dapat membantu pemulihan ekonomi yang sudah terpuruk sejak pandemi melanda pada tahun 2020 lalu.

Sementara itu, untuk memperbaiki Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ada sekitar Rp. 300.000, keluarga penerima manfaat juga akan memperoleh tambahan uang dari pemerintah. Hal ini bisa didapatkan melalui top up BLT Dana Desa dengan besaran bantuan sekitar Rp. 300.000 sebanyak tiga kali.

Sehingga jika ditotal maka besaran cara cek BLT dana desa online akan berjumlah sekitar Rp. 900.000. Sementara itu, untuk total keluarga penerima manfaat yang akan ditargetkan dalam program tersebut ada sekitar 694.000 KPM.

Sementara itu, untuk jumlah yang cukup banyak maka siap-siap saja, siapa tahu kamu termasuk sebagai salah satu yang beruntung. Bagi kamu yang ingin sekali mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima, agar lebih mudah untuk melakukan cek BLT dana desa online di bawah ini:

  1. Langkah yang pertama, kamu cukup mengunjungi website dari sid.kemendesa.go.id. Apabila kamu sudah berhasil mengakses situs tersebut maka dipersilahkan untuk melanjutkan dengan memilih pencarian data desa, bisa melalui nama desa yang diinginkan.
  2. Cara cek BLT dana desa online selanjutnya ketiklah nama desa pada kolom yang sudah tersedia dan selanjutnya silahkan ketuk enter. Berikutnya, akan muncul nama desa, tepatnya pada bagian menu silahkan klik Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.
  3. Selanjutnya, apabila sudah berhasil maka nantinya akan terlihat daftar penerima BLT Dana Desa tepatnya di halaman tersebut.

Mekanisme dari Pencairan BLT Dana Desa

Bila sudah melakukan cara cek BLT dana desa online kamu akan mengetahui status bantuanmu. Bagi kamu yang telah terdaftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, umumnya akan memperoleh surat undangan BLT dari kantor kelurahan desa.

Surat pemberitahuan ini biasanya akan diletakkan jam dan tempat yang ditujukan untuk mengambil bantuan uang tunai atau BLT Dana Desa. Sementara itu, untuk dokumen yang harus disiapkan bisa mengambil uang bantuan tersebut.

Yaitu surat undangan, KTP Elektronik dan Kartu Keluarga (KK) asli beserta foto kopinya. Jadi sebelum kamu datang ke kantor kelurahan, pastikan sudah mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

Cara Daftar BLT Dana Desa 2022

Cara Daftar BLT Dana Desa 2022

Bagi kamu yang belum pernah memperoleh cara cek BLT dana desa online dari pemerintah bisa mendaftarkan diri agar mendapatkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Namun sebelumnya, kamu harus bisa memastikan bahwa sudah memenuhi syarat yang diperlukan seperti di bawah ini:

  1. Sudah mempunyai data NIK KTP sesuai dengan domisili di desa setempat.
  2. Sebagai salah satu warga miskin dan miskin ekstrem dengan penghasilan kurang dari Rp. 500.000 per bulan.
  3. Tidak akan memperoleh bantuan pemerintah lainnya seperti BPNT, PKH, BST atau Kartu Pra Kerja.
  4. Sudah kehilangan pekerjaan akibat adanya pandemi Covid-19.
  5. Mempunyai anggota keluarga yang sakit kronis menahun.

Apabila kamu memenuhi seluruh syarat tersebut, maka berikutnya pendaftaran akan dilakukan oleh pihak relawan desa yang sudah dilengkapi dengan surat tugas dari kepala desa, RT maupun RW.

Berikutnya, dokumen calon penerima cara cek BLT dana desa online akan divalidasi dan diputuskan dalam musyawarah desa. Di sana diputuskan apakah layak atau tidak untuk mendapat bantuan tersebut.

Apabila calon penerima tersebut telah ditetapkan dalam data sebagai penerima BLT Dana Desa, maka berikutnya dokumen akan dimasukkan dalam berita acara penerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa.

Bahkan, harus disahkan dengan tanda tangan kepala desa serta BPD (Badan Permusyawaratan Desa). Dokumen ini selanjutnya, akan disampaikan kepada bupati atau walikota untuk disahkan. Baru selanjutnya ada kepala desa yang akan menyampaikan surat undangan atau pemberitahuan kepada penerima BLT Dana Desa.

Informasi terkait cara cek BLT dana desa online ini memang sudah cukup penting, mengingat masih banyak sekali masyarakat yang ternyata tidak tersentuh sama sekali. Apalagi dengan program bantuan yang telah disalurkan oleh seluruh pemerintah.

Faktanya, banyak sekali masyarakat yang sebelumnya mempunyai kehidupan layak dan terbilang mampu. Namun, mengalami keterpurukan ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19. Mulai dari kehilangan pekerjaan sampai bisnis yang mengalami kebangkrutan.

Bahkan, saat ini banyak sekali warga yang mempunyai rumah cukup bagus. Namun, untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari mengalami kesulitan sesudah kehilangan pekerjaan. Inilah yang harus menjadi perhatian tersendiri bagi para relawan desa.

Hal inilah yang menjadi alasan penting untuk selalu terjun ke lapangan dan melakukan pendataan secara up to date. Apalagi untuk mengetahui keadaan ekonomi masyarakat yang sesungguhnya.

Dengan begini, masyarakat yang benar-benar memerlukan bantuan akan mendapatkan haknya sehingga bantuan dapat tepat sasaran. Melalui cara cek BLT dana desa online di atas, tentunya akan memudahkan kamu untuk melakukan pengecekan secara mandiri. Kamu akan lebih mudah untuk mengetahui apakah termasuk dalam daftar penerima bantuan BLT Dana Desa atau tidak.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa

Jika dilihat dari peraturan yang telah ditetapkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 tahun 2020 terkait Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 menyatakan bahwa:

  1. Prioritas Penggunaan Dana Desa

Prioritas dari penggunaan Dana Desa, yaitu pilihan program dan/atau kegiatan yang didahulukan dan diutamakan ketimbang pilihan aktivitas lainnya untuk dibiayai dengan Dana Desa (Pasal 1 angka 14).

  1. BLT Dana
👉 TRENDING:  Inilah Cara Cek Bansos BPNT Online dan Besar Bantuannya

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yakni aktivitas pemberian bantuan langsung berupa dana tunai yang berasal dari Dana Desa terhadap keluarga penerima manfaat. Di mana kriteria cara cek BLT dana desa online disepakati dan diputuskan melalui musyawarah Desa (Pasal 1 angka 18).

  1. SDGs Desa

SDGs Desa ini adalah salah satu upaya yang terpadu, guna mewujudkan Desa tanpa adanya kemiskinan dan kelaparan. Misalnya saja, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa ekonomi tumbuh Merata, Desa peduli kesehatan, Desa berjejaring, serta Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Pasal 1 angka 19).

  1. Prioritas Penggunaan Dana Desa

Prioritas dari Penggunaan Dana Desa diarahkan sebagai program dan/atau kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa, yaitu pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan Desa.

Penggunaan cara cek BLT dana desa online untuk program ini dapat diprioritaskan untuk pencapaian SDGs untuk Desanya sendiri yaitu:

  • Adanya pembentukan, pengembangan, serta revitalisasi badan usaha milik Desa/badan usaha milik Desa bersama untuk melakukan pertumbuhan ekonomi Desa merata.
  • Adanya penyediaan listrik Desa, guna mewujudkan Desa berenergi bersih serta terbarukan.
  • Adanya pengembangan usaha ekonomi produktif yang akan langsung diutamakan dan sudah dikelola badan usaha milik Desa/badan usaha milik Desa. Di mana untuk bisa mewujudkan konsumsi dan produksi Desa sadar lingkungan.
  • Adanya program prioritas nasional sesuai dengan kewenangan Desa.
  • Adanya pendataan Desa, mempunyai pemetaan potensi, sumber daya, serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu upaya memperluas kemitraan untuk pembangunan Desa;
  • Sebagai pengembangan Desa wisata untuk pertumbuhan ekonomi desa merata;
  • Adanya penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di Desa, demi mewujudkan Desa tanpa kelaparan.
  • Desa inklusif dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan perempuan Desa, Desa damai berkeadilan, mewujudkan kelembagaan Desa dinamis serta budaya Desa adaptif.
  1. Adaptasi Kebiasaan Baru Desa

Penggunaan Dana Desa di sini dengan menggunakan program yang diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa, yaitu:

  • Dapat mewujudkan Desa sehat dan sejahtera menggunakan Desa Aman COVID-19.
  • Dapat mewujudkan Desa tanpa adanya kemiskinan melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Proses pendaftaran bantuan ini tergolong mudah. Perlu adanya komunikasi dengan pengurus desa setempat untuk mengetahuinya. Bagi kamu yang ingin sekali mengetahui cara cek BLT dana desa online segera cek langsung di website yang tersedia.