Permudah Pembelian Asuransi, Ini Produk-Produk dalam Insurtech
Ini Produk-Produk dalam Insurtech

Permudah Pembelian Asuransi, Ini Produk-Produk dalam Insurtech

Perkembangan teknologi digital yang semakin memainkan peran penting bagi manusia turut mengubah sektor asuransi yang juga mulai menggunakan teknologi digital untuk perkembangan bisnisnya lewat insurtech.

Memanfaatkan kanal insurance technology atau insurtech, kehadirannya tentu saja dimaksimalkan untuk memasarkan beragam https://lifepal.co.id/media/produk-asuransi/

Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan angka penetrasi asuransi, baik di premi industri maupun premi individu melalui penyediaan produk asuransi yang terintegrasi dengan platform e-commerce, sehingga memudahkan konsumen mengakses beragam produk asuransi.

Kehadiran insurtech semakin bisa mempermudah dan memperluas akses masyarakat terhadap asuransi, baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau asuransi mobil dan produk proteksi keuangan lainnya.

Dalam insurtech juga, Anda bisa mengetahui beragam rekomendasi produk asuransi, salah satunya rekomendasi asuransi jiwa terbaik.

Mengenal Insurtech

Insurtech sendiri terdiri dari 2 kalimat yakni “insurance” dan “technology”. Jadi bisa dikatakan bahwa insurtech adalah sebuah kolaborasi antara produk asuransi dengan teknologi untuk membantu masyarakat mengakses perlindungan asuransi, baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau asuransi mobil dengan lebih cepat, mudah dan terjangkau.

Penyelenggara insurtech terdiri dari lembaga jasa keuangan dan atau pihak lain yang melakukan kegiatan di sektor jasa keuangan, berbentuk badan hukum berupa perseroan terbatas atau koperasi.

Umumnya, para perusahaan atau startup insurtech bekerja sama dengan provider asuransi tertentu untuk menawarkan produk yang dimiliki kepada para konsumen. Setelah melakukan kerja sama suatu produk, para insurtech memanfaatkan kemampuan serta teknologi yang dimiliki guna menjangkau lebih banyak konsumen.

Kehadiran insurtech semakin mendorong efisiensi bisnis asuransi. Dengan insurtech, dapat meminimalisasi beban operasional dan mempermudah proses underwriting, dan klaim.

Dengan insurtech dan digitalisasi, perusahaan asuransi dapat memberikan akses yang luas ke masyarakat, menyediakan produk asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan, serta meningkatkan literasi keuangan dan asuransi masyarakat.

Insurtech sebagai Tren Baru di Sektor Asuransi

Banyaknya data yang diterima perusahaan asuransi dapat menjadi aset jika diolah dengan benar.

Meski begitu, data yang jumlahnya sangat besar ini seringkali terlewatkan jika hanya dianalisa secara manual.

Dengan kehadiran big data dan artificial intelligence dalam sektor asuransi, maka mempermudah proses pengolahan data yang akan berpengaruh dalam setiap proses transaksi.

Begini Cara Kerja Insurtech

Terdapat berbagai pilihan jenis asuransi dalam Insurtech, seperti asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi jiwa, asuransi properti, asuransi perjalanan, dan sebagainya.

Calon nasabah hanya perlu mengisi data diri secara online, lalu klik bandingkan untuk mendapatkan berbagai pilihan asuransi yang manfaatnya dapat sesuai dengan kebutuhan calon nasabah.

Setelah itu, polis asuransi akan dikirimkan melalui email secara langsung setelah melakukan pembayaran. Konsep pembelian asuransi ini mirip dengan konsep pembelian tiket atau hotel secara online.

Namun, yang namanya asuransi tentu akan selalu ada premi yang perlu dibayarkan tiap bulannya sesuai dengan ketentuan yang disetujui.

Besaran premi yang dimaksud disesuaikan dengan jenis, waktu, dan besar perjanjian uang pertanggungan yang akan diberikan nantinya.

Itulah pembahasan mengenai insurtech dan produk-produknya yang bisa dimiliki. Semoga bermanfaat!