Cara Menghilangkan Prediksi Kata di Android

> Hello Sobat Teknobgt! Apakah kamu merasa terganggu dengan fitur prediksi kata saat mengetik pesan atau menggunakan aplikasi di ponsel Android kamu? Jika iya, jangan khawatir karena kamu bisa menghilangkan fitur tersebut dengan beberapa cara yang mudah dan simpel.

Mengaktifkan atau Menonaktifkan Fitur Prediksi Kata di Android

Secara default, fitur prediksi kata sudah diaktifkan di ponsel Android. Namun, kamu bisa menonaktifkannya dengan cara masuk ke pengaturan keyboard. Berikut cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur prediksi kata di Android:

  1. Buka aplikasi pengaturan di ponsel Android kamu.
  2. Pilih opsi “Bahasa dan Masukan” atau “Bahasa dan Input”.
  3. Pilih opsi “Keyboard” atau “Keyboard dan Input Method”.
  4. Pilih keyboard yang sedang kamu gunakan.
  5. Cari opsi “Prediksi Kata” atau “Suggest Text”.
  6. Aktifkan atau nonaktifkan opsi tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

Setelah itu, kamu bisa keluar dari pengaturan dan coba mengetik pesan atau menggunakan aplikasi tanpa fitur prediksi kata.

Menggunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga

Jika kamu tidak ingin menghilangkan fitur prediksi kata secara keseluruhan, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga yang lebih canggih dan mudah digunakan. Beberapa aplikasi keyboard pihak ketiga yang bisa kamu coba antara lain:

  • Gboard: Keyboard dari Google yang memiliki fitur canggih seperti pencarian Google, emoji, dan penerjemah bahasa.
  • SwiftKey: Keyboard yang bisa mempelajari gaya mengetik kamu dan memprediksi kata dengan akurasi yang tinggi.
  • Fleksy: Keyboard dengan tampilan yang unik dan fitur gestur yang memudahkan kamu mengetik dengan satu tangan.

Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga tersebut dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Menghapus Data Keyboard

Jika kamu masih merasa terganggu dengan fitur prediksi kata setelah menonaktifkannya, kamu bisa mencoba menghapus data keyboard di ponsel Android kamu. Caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi pengaturan di ponsel Android kamu.
  2. Pilih opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi dan Notifikasi”.
  3. Cari aplikasi keyboard yang sedang kamu gunakan, misalnya Gboard atau SwiftKey.
  4. Pilih opsi “Simpanan” atau “Penyimpanan” di bawah nama aplikasi.
  5. Pilih opsi “Hapus Data” atau “Clear Data”.

Setelah itu, kamu bisa keluar dari pengaturan dan coba menggunakan keyboard tanpa fitur prediksi kata. Namun, perhatikan bahwa menghapus data keyboard akan menghapus semua pengaturan keyboard kamu, termasuk kata yang sudah kamu pelajari dan pengaturan tampilan.

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan fitur prediksi kata di ponsel Android kamu. Kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut melalui pengaturan keyboard, menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga, atau menghapus data keyboard. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan nikmati pengalaman mengetik yang lebih nyaman dan efisien.

FAQ

Q: Apakah fitur prediksi kata bisa mempercepat proses mengetik?

A: Ya, fitur prediksi kata bisa mempercepat proses mengetik dengan memprediksi kata yang ingin kamu tulis berikutnya. Namun, fitur ini juga bisa menjadi terganggu dan menghasilkan prediksi kata yang salah atau tidak sesuai dengan konteks kalimat.

Q: Apakah menghapus data keyboard akan menghilangkan semua pengaturan keyboard saya?

A: Ya, menghapus data keyboard akan menghapus semua pengaturan keyboard kamu, termasuk kata yang sudah kamu pelajari dan pengaturan tampilan. Pastikan kamu sudah membackup pengaturan keyboard kamu sebelum menghapus data keyboard.

Q: Apa keuntungan menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga?

A: Aplikasi keyboard pihak ketiga biasanya lebih canggih dan mudah digunakan dibandingkan keyboard bawaan ponsel Android. Beberapa aplikasi keyboard pihak ketiga juga memiliki fitur yang lebih lengkap seperti pencarian Google, emoji, dan penerjemah bahasa.

Q: Apakah semua ponsel Android memiliki fitur prediksi kata?

A: Secara default, hampir semua ponsel Android memiliki fitur prediksi kata. Namun, beberapa ponsel Android mungkin tidak memiliki opsi untuk menonaktifkan fitur tersebut atau menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga.

Q: Apakah menghilangkan fitur prediksi kata bisa mempengaruhi akurasi pengenalan suara di ponsel Android?

A: Tidak, menghilangkan fitur prediksi kata tidak akan mempengaruhi akurasi pengenalan suara di ponsel Android. Fitur tersebut hanya mempengaruhi prediksi kata saat mengetik pesan atau menggunakan aplikasi.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Cara Menghilangkan Prediksi Kata di Android