Cara Flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool

>Salam hangat untuk Sobat Teknobgt! Kali ini kita akan membahas tentang cara flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool. Sebelumnya, Sobat Teknobgt harus tahu bahwa flash Oppo A3s sangat penting dilakukan jika smartphone mengalami masalah seperti bootloop, hang, dan error lainnya. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya!

Apa itu MSM Download Tool?

Sebelum kita membahas tentang cara flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool, Sobat Teknobgt harus tahu terlebih dahulu apa itu MSM Download Tool. MSM Download Tool adalah alat resmi yang digunakan oleh produsen Oppo untuk memperbaiki smartphone Oppo yang mengalami kerusakan sistem.

Langkah Pertama: Persiapan

Sebelum Sobat Teknobgt melakukan flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool, pastikan untuk melakukan persiapan-persiapan berikut ini:- Download dan install driver USB Oppo A3s di komputer.- Download firmware Oppo A3s yang sesuai dengan seri smartphone Sobat Teknobgt.- Pastikan baterai Oppo A3s memiliki daya minimal 50%.

Langkah Kedua: Aktifkan Mode EDL

Setelah melakukan persiapan, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Mode EDL pada Oppo A3s. Caranya sebagai berikut:1. Matikan Oppo A3s terlebih dahulu.2. Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan Volume Bawah secara bersamaan.3. Sambungkan Oppo A3s ke komputer menggunakan kabel USB.4. Jika sudah terhubung, lepaskan tombol Volume Atas dan Volume Bawah.

Langkah Ketiga: Buka MSM Download Tool

Setelah Oppo A3s dalam Mode EDL, langkah selanjutnya adalah membuka MSM Download Tool yang sudah Sobat Teknobgt download sebelumnya. Caranya sebagai berikut:1. Ekstrak file firmware Oppo A3s yang sudah Sobat Teknobgt download.2. Buka folder hasil ekstrak firmware Oppo A3s.3. Carilah file “MSM Download Tool.exe”.4. Klik kanan pada file tersebut dan pilih “Run as administrator”.

Langkah Keempat: Masukkan Firmware

Setelah MSM Download Tool terbuka, Sobat Teknobgt harus memasukkan firmware Oppo A3s yang sudah di ekstrak sebelumnya ke dalam MSM Download Tool. Caranya sebagai berikut:1. Klik pada tombol “Start All” di bagian bawah MSM Download Tool.2. Klik pada tombol “Load” di bagian kanan atas MSM Download Tool.3. Cari dan pilih file “prog_emmc_firehose_8916.mbn” yang ada di dalam folder firmware Oppo A3s.4. Klik pada tombol “Load XML” dan cari file “rawprogram0.xml” yang ada di dalam folder firmware Oppo A3s.5. Klik pada tombol “Patch0” dan cari file “patch0.xml” yang ada di dalam folder firmware Oppo A3s.

Langkah Kelima: Flash Oppo A3s

Setelah firmware Oppo A3s dimasukkan ke dalam MSM Download Tool, Sobat Teknobgt bisa langsung melakukan flash Oppo A3s. Caranya sebagai berikut:1. Klik pada tombol “Start All” di bagian bawah MSM Download Tool.2. Tunggu hingga proses flash Oppo A3s selesai.3. Jangan cabut kabel USB Oppo A3s dari komputer hingga proses flash Oppo A3s selesai.

Kesimpulan

Itulah cara flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool yang bisa Sobat Teknobgt lakukan. Ingat, flash Oppo A3s harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kesalahan yang bisa merusak smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

FAQ

Q: Apakah flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool berbahaya?A: Flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool tidak berbahaya jika dilakukan dengan hati-hati dan teliti.Q: Apakah data di Oppo A3s hilang jika dilakukan flash?A: Ya, semua data di Oppo A3s akan hilang jika dilakukan flash. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan backup data sebelum melakukan flash Oppo A3s.Q: Apa yang harus dilakukan jika flash Oppo A3s gagal?A: Jangan panik, coba ulangi langkah-langkah flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool dari awal. Jika masih gagal, coba gunakan firmware Oppo A3s yang lain atau bawa ke service center Oppo terdekat.

Cara Flash Oppo A3s dengan MSM Download Tool