antimalware service executable high memory

Bagaimana Cara Mengatasi Antimalware Service Executable High Memory

Windows Security saat ini menjadi banyak pilihan para pengguna Laptop ataupun komputer dengan sistem operasi Windows 10 untuk melindungi sistem serta data dari serangan virus dan juga malware.

Windows Security atau sering disebut juga Windows Defender gratis sangat ringan / tidak memberatkan komputer karena tidak menggunakan resource komputer yang banyak dan juga memiliki fitur yang lumayan lengkap seperti bisa mendeteksi malware dengan baik. Tapi kenapa banyak pengguna Windows Security yang mengalami masalah antimalware service executable high memory? bagaimana cara mengatasinya?

Meskipun termasuk antivirus yang ringan, ternyata settingan default Windows Security ini banyak memakan memori yang besar. khususnya Windows processes bagian Antimalware Service Executable. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa coba beberapa cara berikut ini.

Mengatasi CPU, Memory dan Disk Usage Tinggi Karena Windows Security

Jika laptop atau komputer kamu bekerja sangat lambat dan ketika di cek di task manager ada status bahwa antimalware service executable high memory, maka kamu bisa melakukan cara ini agar komputer bisa kembali normal.

👉 TRENDING:  Tips Agar Printer Epson Cepat Ngeprint di Windows 7

Ubah Schedule Scan

windows task scheduler

  • Masuk ke Task Schedule windows dengan cara klik start dan ketikkan “Task Scheduler”
  • Kemudian pilih Task Scheduler Library -> Microsoft -> Windows
  • Setelah itu cari folder Window Security / Defender
  • Klik dua kali pada opsi Windows Defender Schedule Scan akan muncul pop-up dan kamu harus hilangkan centang dibagian “Run with highest privileges” klik ok , close semua dan restart.

Selain mengubah schedule scan, kamu juga bisa menambahkan antimalware service executable ke Windows Security Exclusion dengan cara :

  • Buka aplikasi Windows Security (Defender), kemudian masuk ke menu virus and threat protection
  • Scroll kebawa dan cari menu Exclusion
  • Setelah itu klik Add or remove exclusion
  • Terakhir kamu harus klik Add an Exclusion dan pada kolom ketikkan MsMpEng.exe (ini adalah nama untuk antimalware service executable)
👉 TRENDING:  Google Segera Luncurkan Sistem Operasi Terbaru Android 11 Beta

Setelah menambahkan ke Exclusion, kamu bisa langsung restart laptop/komputernya dan coba gunakan seperti biasa, apakah ada perubahan yang signifikan atau tetap saja laptop kamu lambat yang mungkin disebabkan oleh hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *