Tekno Business: WOW… Ternyata Medali Olimpiade Tokyo Terbuat Dari Daur Ulang 47 Ton Sampah Elektronik

Apakah kamu tahu jumlah sampah elektronik (e-waste) yang dihasilkan secara global setiap tahunnya? ya, 53 juta ton dan kamu harus tahun bahwa Medali Olimpiade Tokyo dibuat dari sampah elektronik (e-waste).

Sebuah perusahaan di Inggris menugaskan “Mount Recyclmore” yang seluruhnya terbuat dari limbah elektronik untuk menarik perhatian kepala negara yang menghadiri pertemuan G7. Jepang, tuan rumah Olimpiade tahun ini, memutuskan tidak hanya menggunakan podium untuk menyoroti masalah ini, tetapi juga melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Untuk meraih medali Olimpiade tahun ini, mereka menggunakan berton-ton e-waste.

Inisiatif ini disebut Proyek Medali Tokyo 2020, dan dimulai pada tahun 2017. Selama dua tahun, Komite Penyelenggara Olimpiade di Jepang melakukan kampanye untuk mengumpulkan limbah elektronik seperti telepon dari seluruh negeri. Hal ini membuat para atlet dan mahasiswa di universitas-universitas tidak nyaman bahkan telah menjangkau masyarakat umum untuk menyumbangkan perangkat elektronik kecil dan tidak lagi digunakan. Perusahaan swasta juga berpartisipasi dalam kampanye dan mendirikan pusat pengumpulan untuk memungkinkan semua yang tertarik melakukan penyetoran dengan mudah.

Kampanye pengumpulan secara resmi ditutup pada Maret 2019. Setoran diterima dari 1.621 kotamadya yang membentuk 90 persen desa, lingkungan, kota kecil dan kota besar di Jepang. Sebanyak 78.985 ton e-waste terkumpul berisi 6,21 juta ponsel bekas. Limbah elektronik kemudian disortir dan dibongkar oleh kontraktor yang disetujui pemerintah, sesuai dengan undang-undang daur ulang peralatan listrik dan elektronik setempat.

Elemen logam dilebur dan kemudian dipoles. Di akhir proses, 70 pon (32 kg) emas, 7.716 pon (3.500 kg) perak, dan 4.850 pon (2250 kg) perunggu berhasil dikumpulkan dari limbah yang akan digunakan untuk membuat 2.500 Olimpiade dan Paralimpiade. medali.

Selain medali, Jepang juga mendaur ulang berton-ton sampah plastik untuk membangun podium upacara Olimpiade. Dari serutan kayu tua yang bagus hingga daur ulang limbah elektronik, Jepang terus menjadi sarang inovasi. sumber: https://interestingengineering.com/tokyos-olympic-medals-are-made-of-47-tons-of-recycled-e-waste